Paste your Google Webmaster Tools verification code here

10 Fakta Unik Seputar Menara Eiffel

Advertisement

10 Fakta Unik Seputar Menara Eiffel-Bungkusdah.comSelasa 31 Maret 2015 ternyata adalah hari ulang tahun menara Eiffel, Paris, Perancis yang ke  126. Menara Eiffel  merupakan bangunan yang sangat terkenal, bahkan jika dihitung setiap tahun rata rata 7 juta orang  yang berkunjung dan menaiki menara Eiffel. Bangunan ini sunggguh mengagumkan sehingga banyak orang penasaran dan berbondong ingin melihat menara Eiffel. Menara Eiffel menjadi kebanggaan warga Perancis.

10-Fakta-Unik-Seputar-Menara-Eiffel

Namun  tahukah anda bahwa dalam masa pembangunan menara Eiffel yang megah, banyak sekali yang menolak dan menentang pembangunan menara Eiffel termasuk yang terjadi pada tahun 1887 hampir 300 orang seniman, arsitek dan juga pematung mengirimkan petisi kepada komisaris pameran Paris yang menuntut penghentian pembangunan menara Eiffel karena menurut mereka pembangunan menara Eiffel adalah merupakan tindakan yang konyol.

Namun tuntutan penghentian dan penolakan terhadap pembangunan menara Eiffel diabaikan hingga akhirnya berdirilah menara Eiffel hingga sekarang dan menjadi salah satu hasil karya tangan manusia yang sangat terkenal di dunia. Akan tetapi selain itu masih ada lagi beberapa fakta unik tentang menara Eiffel yang mungkin selama ini tidak banyak diketahui.

Berikut ini fakta unik dan menarik seputar menara Eiffel perlu anda ketahui:

  1. Pembangunan menara Eiffel dimulai pada tahun 1887 dan membutuhkan waktu dua tahun, dua bulan lebih lima hari.
  2. Biaya yang dihabiskan untuk membangun menara Eiffel adalah 7.799.401.31 Franc mata uang Perancis pada tahun itu.
  3. Tinggi menara Eiffel 324 meter termasuk antena pada bagian atas atau puncak menara Eiffel. Tinggi antena 24 meter dan jika tidak termasuk dengan antena maka tinggi menara Eiffel 300 meter.
  4. Menara Eiffel memiliki berat total 10 ribu ton.
  5. Menara Eiffel dibangun oleh Gustave Eiffel dengan maksud dan tujuan untuk memperingati Revolusi Perancis dan juga untuk memamerkan kekuatan dan kehebatan industri Perancis. Dan lama perancangan menara Eiffel selama 20 tahun dan 20 tahun itu rupanya telah merubah niat orang-orang yang semula ingin meruntuhkan menara Eiffel.
  6. Menara Eiffel selama bertahun-tahun dicat sebanyak 18 kali dan untuk membuat lapisan cat dibutuhkan 60 ton cat ukuran rakasasa.
  7. Tahun 1944 Hitler telah memerintahkan Gubernur Militer Jerman di Perancis untuk merobohkan menara Eiffel, namun perintah Hitler ditolak sehingga menara Eiffel masih berdiri kokoh hingga sekarang.
  8. Jarak perjalanan satu lift menara Eiffel setiap tahunnya sama dengan 103 ribu kilometer.
  9. Selama 41 tahun menara Eiffel menjadi bangunan paling tinggi di dunia sebelum muncul bangunan Chrysler Building yang berada di New York yang mengungguli menara Eiffel.
  10. Bagi yang sudah pernah naik ke atas menara Eiffel, mungkin bisa mengetahui arti angka 6 sampai 7 meter yaitu jumlah menara Eiffel yang bisa bergoyang saat tertiup angin.

Nah itu baru 10 fakta unik seputar menara Eiffel, mungkin akan masih ada lagi fakta-fakta unik lain dari menara Eiffel yang akan membuat kita tercengang dan kagum dengan menara Eiffel. Kita  tunggu saja penemuan fakta-fakta unik itu.10 Fakta Unik Seputar Menara Eiffel

Advertisement
10 Fakta Unik Seputar Menara Eiffel | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami