Paste your Google Webmaster Tools verification code here

10 Hal Yang Mempengaruhi Proses Metabolisme

Advertisement

Bungkusdah – 10 Hal Yang Mempengaruhi Proses Metabolisme – Untuk tetap hidup tubuh membutuhkan energi yang dihasilkan dari proses metabolisme atau pembakaran kalori. Namun selain itu proses metabolisme juga bisa mempengaruhi terhadap berat badan karena pengaruh jumlah energi yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu bagi proses metabolisme yang lancar sangat dibutuhkan sekali untuk mendapatkan bentuk tubuh langsing ideal.

10-Hal-Yang-Mempengaruhi-Proses-Metabolisme

10-Hal-Yang-Mempengaruhi-Proses-Metabolisme

Untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh bisa dengan mengkonsumsi suplemen,pil dan makanan-makanan yang mampu meningkatkan metabolisme. Akan tetapi sistem metabolisme tubuh juga bisa terhambat oleh banyaka hal atau faktor. Berikut ini 10 Hal Yang Mempengaruhi Proses Metabolisme .

1. Usia

Usia semakin bertambah makan metabolisme akan semakin menurun ini disebabkan karena sebagian jaringan otot ada yang hilang, perubahan hormolnal dan neurologis. Berbeda dengan pada masa usia pertumbuhan, proses metabolisme berjalan dengan sangat cepat.

2. Jenis Kelamin

Proses metabolisme pada pria dan wanita berbeda. Pria memiliki postur tutbuh yang lebih besar dengan wanita, oleh karena itu pria memiliki proses metabolisme yang lebih cepat daripada wanita.

3. Ukuran Tubuh

Orang yang memiliki tubuh besar juga memiliki BMR (Basal Metabolisme Rate) yang besar pula. Ini karena organ internal yang lebih besar juga memerlukan volume cairan yang lebih  besar menyesuaikan dengan kondisi tubuh.

4. Masa Otot

Jumlah jaringan otot dalam tubuh sangat berpengaaruh terhadap proses metabolisme tubuh. Semakin banyak jaringan otot maka energi yang dibutuhkan oleh tubuh juga  semakin banyak.  Bentuk bentuk olah raga yang bisa untuk meningkatkan masa otot adalah olah raga angkat beban.

5. Hormon

Kondisi hormonal seseorang bisa tidak seimbang yang disebabkan oleh  kondisi tertentu juga bisa mempengaruhi metabolisme tubuh. Seperti hipotiroid yaitu dimana kelenjar tiroid yang berada di rongga leher tidak bisa memproduksi hormon tiroid dengan baik. Jika hormon tiroid yang diproduksi oleh kelenjar tiroid berlebihan,maka metabolisme tubuh juga akan terhambat.

6. Keturunan atau Gen

Keturunan atau genetik juga menjadi faktor yang sangat mempengaruhi terhadap proses metabolisme tubuh. Dan kelainan genetik juga sangat berpengaruh terhadap proses metabolisme tubuh.

7. Diet

Diet juga bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi proses metabolisme tubuh. Ketika seseorang mengurangi frekuensi makan, maka akan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi dan akhirnya akan mengambil dari otot dan ini mengabikatkan kerja otot menjadi tidak bisa maksimal sehingga akhirnya akan memperlambat proses metabolisme tubuh.

10-Hal-Yang-Mempengaruhi-Proses-Metabolisme

10-Hal-Yang-Mempengaruhi-Proses-Metabolisme

8. Olah Raga

Olah raga yang dilakukan secara rutin dan teratur akan meningkatkan metabolisme lebih cepat. Karena olah raga ruitn akan meningkatkan masa otot yang sangat mendorong metabolisme atau pembakaran lemak lebih cepat. Bahkan walaupun saat sedang istirahat. Oleh karena itu olah raga menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga berat badan tetap ideal dan proporsional.

9. Obat Obatan

Obat-obat anti depresi, anabolik streoid dan jenis obat kuat untuk membangun jaringan otot bisa mempengaruhi metabolisme dan meningkatkan berat badan. Sementara kopi dan kafein bisa meningkatkan metabolisme.

10. Cuaca atau Lingkungan

Cuaca atau lingkungan yang panas atau dingin juga akan mempengaruhi metabolisme. Cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin akan membuat tubuh lebih kerja lebih keras untuk mempertahankan suhu normal, sehingga metabolisme juga akan meningkat.

Itu tadi 10 Hal Yang Mempengaruhi Proses Metabolisme tubuh kita, yang juga sangat berpengaruh dengan kesehatan tubuh serta berat badan kita.

Advertisement
10 Hal Yang Mempengaruhi Proses Metabolisme | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami