Paste your Google Webmaster Tools verification code here

4 Hal Seputar Kamera Belakang Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Advertisement

Bungkusdah – 4 Hal Seputar Kamera Belakang Mobil Yang Perlu Anda Ketahui Kamera belakang mobil merupakan salah satu fitur yang diciptakan dalam mobil untuk menunjang keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Mungkin mayoritas pemilik mobil yang dilengkapi dengan kamera belakang mobil menganggap bahwa kamera belakang mobil berfungsi untuk membantu pengemudi memarkirkan mobil dengan cara  mundur.

4-Hal-Seputar-Kamera-Belakang-Mobil-Yang-Perlu-Anda-Ketahui

4-Hal-Seputar-Kamera-Belakang-Mobil-Yang-Perlu-Anda-Ketahui

Memang fungsi kamera belakang mobil untuk membantu pengemudi mengetahui situasi belakang mobil. Tapi tahukah anda mengenai sejarah munculnya kamera belakang mobil? Sejarah munculnya kamera belakang mobil diawali sejak 19 Oktober 2012. Waktu itu seorang pediatric asal Amerika yang bernama Greg Gulbransen sedang memarkirkan mundur mobilnya di rumah. Namun Greg Gulbransen tidak melihat dan tidak menyadari bahawa anakanya yang baru berusia dua tahun yang bernama Cameron mengikuti Gren dari dalam rumah dan berada di belakanng mobil.

Greg tidak melihat dan tidak menyadari kalau anaknya berada dibelakang mobil. Greg memundurkan mobilnya dan kelecakaanpun tak bisa dielakkan. Mobil Greg Gulbransen telah melindas anaknya. Sejak peristiwa inilah akhirnya pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan Undang Undang Cameron Gulbransen Kids Tranportation of 2007, yang salah satu isi dari undang-undang tersebut adalah bahwa mobil-mobil yang dipasarkan di Amerika Serikat harus dilengkapi dengan kamera belakang mobil.

Peristiwa yang menimpa Greg Gulbransen bukanlah kasu yang pertama kali dan satu-satunya kasus yang terjadi di Amerika Serikat. Setiap tahun di Amerika Serikat terjadi kurang lebih 15.000 peristiwa kecelakaan yang  serupa dengan 200 diantaranya langsung tewas dan 30 persen dari korbannya adalah balita. Oleh karena itulah muncul peraturan di Amerika Serikat mobil harus dilengkapi dengan kamera belakang.

Naah berikut ini 4 Hal Seputar Kamera Belakang Mobil Yang Perlu Anda Ketahui.

1. Ragam Jenis Kamera

Ternyata kamera belakang mobil memiliki ragam jenis yang berbeda-beda setiap jenis mobil. Namun tujuanya sama yaitu untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Untuk perbedaan biasanya pada sudut pandang dari kamera. Dan seharusnya kamera belakang mobil harus bisa menyajikan gambar antara 3 sampai 6 meter dari belakang mobil. Selain itu monitor dalam mobil harus langsung menampilkan gambar situasi belakang mobil tidak lebih dari 2 detik setelah gigi mundur dimasukkan. Dan teknologi terbaru dari kamera belakang tidak hanya mampu menampilkan gambar, akan tetapi dilengkapi dengan sensor suara. Apabila mobil semakin  dekat dengan objek, maka akan muncul bunyi peringatan yang semakin cepat.

4-Hal-Seputar-Kamera-Belakang-Mobil-Yang-Perlu-Anda-Ketahui

4-Hal-Seputar-Kamera-Belakang-Mobil-Yang-Perlu-Anda-Ketahui

2. Perawatan Mudah

Kamera belakang mobil yang terkesan canggih tapi sebenarnya untuk perawatannya sangat mudah. Untuk perawatan cukup dengan membersihkan lensa kamera secara rutin agar kotoran yang menumpuk pada lensa kamera tidak mengganggu pandangan. Terutama jika musim hujan atau mobil anda sering melewati jalan-jalan yang kotor dan berdebu.

3. Fungsi Kamera

Walaupun pada awalnya kamera belakang mobil dipasang untuk mencegah kecelakaan atau menabrak anak kecil atau objek yang ada dibelakang mobil karena tidak terlihat dari kaca spion, fungsi kamera belakang mobil mengalami perkembangan yaitu menjadi alat bantu pengemudi saat memundurkan mobil. Dan tentunya akan menambah kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

4. Kamera Bisa Ditambahkan

Kamera belakang mobil ada yang dijual tidak sepaket dengan mobil sebagaimana mobil-mobil terbaru sekarang. Jadi jika mobil anda belum dilengkapi dengan kamera belakang, anda bisa membelinya di toko-toko spare part dan aksesoris mobil. Hanya saja biasanya ada biaya pemasangannya. Dan bagian yang paling mahal dari perangkat kamera belakang adalah pada monitor yang akan diletakkan di dalam mobil.

Naah itu tadi menganai sejarah dan 4 Hal Seputar Kamera Belakang Mobil Yang Perlu Anda Ketahui. Dan sudahkan mobil anda terpasang kamera belakang? Namun walaupun mobil anda sudah terpasang  fitur kamera belakang, anda harus tetap hati-hati dan waspada ketika anda akan memarkirkan mobil anda secara mundur. Anda harus tetap melihat spion dan memperhatikan situasi dibelakang mobil anda sebelum anda memundurkannya.

Advertisement
4 Hal Seputar Kamera Belakang Mobil Yang Perlu Anda Ketahui | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami