Paste your Google Webmaster Tools verification code here

5 Cara Mengontrol Nafsu Makan Dengan Metode Mindful-Eating

Advertisement

Bungkusdah –¬†5 Cara Mengontrol Nafsu Makan Dengan Metode Mindful-EatingCara mengontrol nafsu makan untuk menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan mengontrol pikiran dan emosi untuk mengendalikan nafsu makan yang berlebihan. Cara mengontrol nafsu makan dengan menggunakan metode mengendalikan pikiran dan emosi ini disebut dengan metode mindful-eating. Cara menurunkan berat badan dengan metode mindful-eating ini mungkin tidak bisa instan akan tetapi setidaknya secara perlahan anda bisa mengendalikan nafsu makan anda ketika sedang menghadap makanan.

5-Cara-Mengontrol-Nafsu-Makan-Dengan-Metode-Mindful-Eating

Nah berikut ini bungkusdah akan berbagi informasi kepada anda mengenai 5 Cara Mengontrol Nafsu Makan Dengan Metode Mindful-Eating yang bisa anda lakukan untuk mengontrol nafsu makan anda dan membantu masalah anda dalam mendapatkan berat badan yang ideal.

1. Perhatikan Porsi Makan Anda

Cara mengontrol nafsu makan yang pertama adalah dengan memperhatikan porsi makan. Tidak memperhatikan porsi makan akan membuat seseorang bisa menjadi kalap saat menghadapi makanan dan akan berhenti makan setelah perut terasa sangat kenyang. Hindarilah makanan dalam wadah, kantong, plastik atau wadah kotak. Gantilah wadah dengan piring atau wadah yang datar atau mangkuk yang tidak terlalu cekung. Dengan cara ini anda bisa memperhatikan porsi makan anda yang sebenarnya dan akan mengontrol seberapa banyak makanan yang masuk ke dalam perut anda.

2. Menjadi Kritikus Makanan

Ketika sedang mengkonsumsi makanan,maka anda berperanlah atau anggap bahwa anda adalah kritikus makanan. Artinya rasakan dan nikmati setiap gigitan dan saat mengunyah makanan dan pikirkan rasa,tekstur dan sensasi dari makanan yang anda makan. Dengan cara anda bisa lebih merasakan rasa makanan yang akan memuaskan nafsu makan anda, akan tetapi jika anda tidak menikmati dan memikirkan rasa tiap gigitan dan kunyahan maka nafsu makan anda akan terus menggebu gebu untuk melahap makanan tersebut.

3. Kenali Tubuh Anda

Mengenali tubuh sendiri sangat penting dan berpengaruh dalam mengendalikan nafsu makan. Perhatikan kebiasaan dari tubuh anda seperti bagaimana tanda jika merasakan kenyang, membedakan rasa lapar karena haus dan rasa lapar yang sebenarnya. Kenali tubuh dan pola makan seperti apa sesuai dengan tubuh kita.

4. Makanlah Makanan Sesuai Kebutuhan Tubuh Anda

Pelajari sinyal atau tanda tubuh anda sehingga anda mengetahui kapan anda harus berhenti makan. Pada saat mengkonsumsi makanan jangan hanya karena menuruti keinginan nafsu saja. Jika tubuh anda sudah memberi sinyal untuk berhenti makan seperti perut sudah terasa penuh maka berhentilah makan karena itu tandanya bahwa kebutuhan makan tubuh anda sudah terpenuhi.

5. Sadari Kondisi Tubuh Anda

Cara mengontrol nafsu makan yang juga penting yaitu sebelum memilih dan mengambil makanan yang disajikan kepada anda cobalah untuk meditasi sebentar dengan cara menarik nafas pelan -pelan sambil anda perhatikan makanan yang ada di depan anda, dan tidak perlu anda menutup mata yang penting anda fokus dan bisa merasakan kondisi tubuh anda. Dan pikirkan seberapa banyak kebutuhan tubuh anda terhadap makanan tersebut. Dengan cara ini anda akan lebih sadar terhadap kondisi tubuh dan mengetahui seberapa banyak makanan yang akan anda konsumsi.

Demikianlah informasi dari bungkusdah mengenai 5 Cara Mengontrol Nafsu Makan Dengan Metode Mindful-Eating yang bisa anda coba terapkan dalam keseharian anda untuk mengontrol nafsu makan anda.

Advertisement
5 Cara Mengontrol Nafsu Makan Dengan Metode Mindful-Eating | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami