Paste your Google Webmaster Tools verification code here

5 Makanan Penting untuk Otak Cerdas Anak

Advertisement

Bungkusdah – 5 Makanan Penting untuk Otak Cerdas Anak– Kebutuhan terhadap makanan super untuk otak anak sangatlah penting, apalagi kemampuan otak orang dewasa sangat ditentukan oleh asupan gizi yang baik dari sejak bayi. Kekurangan nutrisi otak bukan saja akan menyebabkan otak tak berkembang optimal, namun juga akan mempengaruhi potensi anak secara keseluruhan.

5-Makanan-Penting-untuk-Otak-Anak-Cerdas

5-Makanan-Penting-Untuk-Otak-Anak-Cerdas

Meskipun demikian memilih makanan yang tepat untuk kebutuhan otak tidaklah mudah. Nah, berikut ini beberapa jenis makanan super untuk otak yang penting terutama untuk merangsang pertumbuhan sel otak dan mengoptimalkan perkembangan otak yang kami rangkum dalam 5 Makanan Penting untuk Otak Cerdas Anak.

  1. Ikan Salmon

Sumber makanan terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak adalah ikan salmon. Makanan ini mengandung banyak asam lemak omega 3, DHA, serta EPA yang sangat penting dalam merangsang pertumbuhan sel dalam otak serta mengembangkan berbagai potensi otak. Kandungan asam lemak omega 3 dalam setiap 100 gram ikan salmon tercatat sebanyak 2,2 gram, jauh melebihi kebutuhan harian anak terhadap omega 3 yang mencapai 1,2 gram.

5-Makanan-Penting-Untuk-Otak-Anak-Cerdas

5-Makanan-Penting-untuk-Otak-Anak-Cerdas

        2. Susu

Susu merupakan minuman yang sangat baik untuk pertumbuhan potensi anak maupun meningkatkan kecerdasan otaknya karena kandungan protein dan vitamin B yang tinggi. Namun susu yang baik untuk kecerdasan otak anak adalah susu cair sapid an bukan susu bubuk olahan pabrik. Buatkan susu segar murni yang dimasak sendiri agar memberikan manfaat optimal sebagai sumber energi otak anak.

       3. Sereal

Sereal merupakan salah satu makanan super untuk otak anak karena memiliki vitamin B, vitamin E, potasium, dan seng yang sangat penting dapat meningkatkan fungsi otak secara optimal. Kandungan serat tinggi dalam sereal sangat bermanfaat dalam menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya sepanjang pagi sekaligus sumber energi yang penting untuk otak anak.

5-Makanan-Penting-Untuk-Otak-Anak-Cerdas

5-Makanan-Penitng-untuk-Otak-Anak-Cerdas

      4. Sayuran dan Kacang-kacangan

Sayuran yang penting untuk pertumbuhan otak anak dan menguatkan sel-sel otak adalah jenis sayuran yang  berwarna, seperti wortel, tomat, labu, bayam, serta ubi jalar merah. Begitu juga kacang-kacangan, terutama kacang tanah mengandung vitamin E, protein, dan karbohidrat kompleks yang penting untuk energy otak anak. Khusus fungsi vitamin E, selain sebagai antioksidan yang melindungi membran sel saraf, vitamin ini bersama thiamin juga berfungsi membantu otak dan sistem saraf dalam memanfaatkan glukosa untuk memenuhi kebutuhan energi.

     5. Telur

Kandungan kolin yang sangat tinggi dalam kuning telur berguna untuk mengoptimalkan perkembangan memori atau daya ingat. Dalam sebutir telur terdapat kandungan kolin sebanyak 126 mg yang mampu memenuhi kebutuhan otak anak terhadap kolin sebesar 200-375 mg per hari. Kolin dalam telur jauh lebih banyak dibandingkan 300 gram daging sapi yang kandungan kolinnya hanya sebesar 66 mg dan merupakan salah satu sumber makanan super untuk otak anak cerdas.

Demikian artikel dari kami mengenai 5 Makanan Penting untuk Otak Cerdas Anak agar para ibu yang ingin memilki anak yang cerdas dapat memberikan makanan super untuk otak  yang tepat sehingga anak tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas. Dan semoga artikel bermanfaat bagi anda. Amin.

 

Advertisement
5 Makanan Penting untuk Otak Cerdas Anak | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami