Paste your Google Webmaster Tools verification code here

6 Makanan Yang Berkhasiat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Advertisement

Bungkusdah – 6 Makanan Yang Berkhasiat Menurunkan Kolesterol Tinggi Kadar kolesterol dalam darah yang tinggi bisa memicu serangan penyakit jantung yang berbahaya. Dan penyebab tingginya kadar kolesterol seseorang adalah pola makan yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengkonsumsi gula dan makanan yang berlemak.

Untuk menurnkan kadar kolesterol yang tinggi yaitu dengan cara merubah pola makan menuju pola makan yang sehat dengan memasukkan makanan-makanan yang bernutrisi. Lalu apa saja makanan yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi ? Berikut ini 6 Makanan Yang Berkhasiat Menurunkan Kolesterol Tinggi.

6-Makanan-Yang-berkhasiat-Menurunkan-Kolesterol-Tinggi

6-Makanan-Yang-Berkhasiat-Menurunkan-Kolesterol-Tinggi

1. Buah Apel

Buah apel kaya akan serat pectin yaitu merupakan jenis serat yang larut yang memiliki khasiat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. Buah apel sangat baik untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh anda dan juga bisa anda jadikan camilan sehat setiap hari. Pada bagian antara kulit dan daging buah apel terdapat zat polifenol yang sangat baik sekali sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel dalam tubuh dari serangan radikal bebas yang bisa menyebabkan serangan penyakit jantung.

2. Terong

Terong banyak mengandung vitamin, antioksidan, serat larut dan juga mineral yang sangat penting bagi tubuh. Oleh karena itu terong menjadi salah satu bahan makanan yang sangat baik untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap stabil. Untuk mengkonsumsi terong bisa dengan berbagai macam olahan masakan, bisa ditumis dan lain sebagainya.

3. Kacang – Kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang panjang, kacang polong dan juga buncis sangat kaya akan serat, protein dan nutrisi yang penting bagi tubuh. Selain itu kacang kacangan rendah lemak. Mengkonsumsi kacang-kacangan bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga bisa sangat membantu anda dalam menurunkan berat badan anda.

4. Kacang Almond

Kacang Almond ini memiliki rasa yang gurih ini sangat baik sekali untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah serta menyehatkan jantung anda. Kacang almond kaya akan phytosterol dan lemak tak jenuh dan rendah kolesterol. Selain itu kacang almond juga mengandung kalori yang cukup tinggi, oleh karena itu sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi kacang almond cukup satu genggam kacang almond saja dalam satu hari. Dan jangan dilapisi gula atau diberi garam.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon, mackeler danĀ  sarden banyak mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi yang sangat baik sekali untuk meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga kadar kolesterol dalam darah menjadi lebih sehat. Asam lemak omega 3 yang banyak terkandung dalam ikan salmon mampu untuk mengurangi lemak-lemak yang tidak sehat dan juga sangat baik untuk mengurangi resiko detak jantung yang tidak stabil. Untuk menurunkan kadar kolesterol dala darah anda sebaiknya konsumsilah ikan salmon 2 sampai 3 kali dalam satu minggu.

6. Oatmeal

Gantilah sarapan pagi anda yang biasanya sarapan dengan bubur ayam diganti dengan bubur oatmeal. Oatmeal sangat kaya akan serat larut sehingga sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Serat larut yang ada pada bubur oatmeal ketika dalam pencernaan akan berkerja sama dengan bile acid yaitu asam dari kolesterol yang ada dalam pencernaan dan serat larut akan keluar bersama dengan asam kolesterol.

Nah itu tadi 6 Makanan Yang Berkhasiat Menurunkan Kolesterol Tinggi yang bisa sangat baik kita konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. Ubahlah pola makan anda dengan pola makan yang lebih sehat agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari resiko serangan penyakit jantung dan penyakit-penyakit lain yang disebabkan kolesterol tinggi.

Advertisement
6 Makanan Yang Berkhasiat Menurunkan Kolesterol Tinggi | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami