Paste your Google Webmaster Tools verification code here

7 Bagian Mobil Yang Harus Diperiksa Sebelum Berangkat Mudik

Advertisement

Bungkusdah – 7 Bagian Mobil Yang Harus Diperiksa Sebelum Berangkat Mudik – Lebaran masih lama tapi tidak ada salahnya jika anda lebih awal dalam melakukan pemeriksaan dan service mobil anda untuk perjalanan mudik anda. Kalau jauh hari mobil anda sudah diservice anda masih bisa mengetest kembali mobil anda setelah service sehingga jika mobil masih belum dalam kondisi prima anda masih ada waktu untuk kembali memeriksakan mobil atau service kembali. Sehingga mobil anda betul-betul siap untuk diajak mudik lebaran nanti.

7-Bagian-Mobil-Yang-harus-Diperiksa-Sebeblum-Berangkat-Mudik

7-Bagian-Mobil-yang-Harus-Diperiksa-Sebelum-Berangkat-Mudik

Ada bagian-bagian mobil yang sangat  harus anda periksa betul-betul demi kelancaran perjalanan jauh anda nanti. Berikut ini 7 Bagian Mobil Yang Harus Diperiksa Sebelum Berangkat Mudik yang penting untuk anda ketahui agar tidak ada bagian mobil anda yang terlewatkan untuk anda periksa dalam melakukan service.

1. Mesin

7-Bagian-Mobil-yang-Harus-Diperiksa-Sebelum-Berangkat-Mudik

7-Bagian-Mobil-Yang-harus-Diperiksa-Sebelum-Berangkat-Mudik

Mesin merupakan bagian yang paling utama untuk diperiksa untuk kesiapan mobil melakukan perjalanan jauh ke luar kota. Lakukan selalu  pengecekan pada  oli mesin, oli transmisi, oli power steering, minyak rem, aki mobil, air radiator dan tali kipas. Pastikan semua komponen mesin mobil anda dalam kondisi prima, air radiator dan oli mesin terisi penuh. Air penyemprot kaca juga perlu harus di isi karena untuk membersihkan kaca depan mobil anda dari kotoran debu jalanan sehingga tidak mengganggu pandangan anda saat mengemudi.

2. Rem

7-Bagian-Mobil-Yang-harus-diperiksa-Sebelum-Berangkat-Mudik

7-Bagian-Mobil-Yang-Harus-Diperiksa-Sebelum-Bernahkat-Mudik

Bagian terpenting yang harus diperiksa setelah pemeriksaan mesin adalah rem. Rem harus anda periksa, mulai dari kondisi kampas rem, piringan dan juga minyak rem. Jika kondisi dirasa tidak baikdan ada komponen-komponen yang dalam kondisi dan fungsi yang tidak maksimal sebaiknya anda ganti dengan komponen yang baru. Periksa juga kondisi rem tangan mobil anda.

3. Lampu

7-Bagian-Mobil-Yang-harus-Diperiksa-Sebelum-Berangkat-Mudik

7-Bagian-Mobil-Yang-Harus-Diperiksa-Sebelum-Berangkat-Mudik

Lampu juga komponen yang penting untuk diperiksa terutama untuk perjalanan malam hari anda karena untuk melihat kondisi jalan pada malam hari. Pastikan kondisi lampu-lampu  dalam keadaan prima seperti head lamp (lampu utama), fog lamp, lampu belakang, lampun rem, lampu sein dan juga lampu bagian dalam mobil anda. Persipakan juga lampu cadangan untuk jaga-jaga jika terjadi darurat seperti lampu mati.

4. Kaki -Kaki

7-Bagian-mobil-Yang-Harus-Diperiksa-Sebelum-Berangkat-Mudik

7-Bagian-Mobil-Yang-harus-Diperiksa-Sebelum-Beranghkat-Mudik

Bagian kaki-kaki mobil juga perlu diperiksa karena berpengaruh pada kenyamanan anda saat melaju, apalagi kondisi jalan sepanjang perjalanan anda  tidak semuanya mulus. Untuk kaki-kaki periksa bagian tierod, balljoint, shockbreaker, rack streer jika ada komponen yang sudah tidak stabil sebaiknya anda ganti dengan komponen yang baru.

5. AC

7-Bagian-Mobil-Yang-Harus-Diperiksa-Sebelum-Berangkat-Mudik

7-Bagian-Mobil-Yang-harus-Diperiksa-Sebelum-Berangkat-Mudik

Sudah tidak asing lagi yaa, bahwa mudik lebaran sudah identik dengan kemacetan. Oleh karena itu AC juga sangat penting untuk diperhatikan. Anda bisa bayangkan seperti apa gerahnya jika terjebak macet, mobil tirisi penuh dengan penumpang sdangkan AC mobil anda tidak menyala atau tidak dingin. Terutama jika anda membawa anak kecil maka AC sangat penting agar anak kecil atau bayi tidak kepanasan. AC juga diperlukan jika dalam kondisi hujan, karena jika suhu didalam mobil anda panas sedangkan diluar hujan deras maka kaca mobil akan mengembun dan itu akan menghalangi pandangan mata anda dan sangat membayakan sekali.

6. Ban

7-Bagian-mobil-yang-harus-Diperiksa-Sebelum-berangkat-mudik

7-Bagian-Mobil-Yang-Hartus-Diperiksa-Sebelum-Berangkat-Mudik

Periksa juga kondisi ban mobil anda. Apakah masih tebal atau sudah tipis dan apakah masih layak dan aman  untuk perjalan jauh. Jika kondisi ban sudah tipis sebaiknya ganti dengan ban baru untuk mencegah kecelakaan di jalan akibat pecah ban. Periksa juga kondisi ban cadangan mobil anda.

7. Wiper

7-Bagian-Nobil-Yang-harus-Diperiksa-Sebeblum-Berangkat-Mudik

7-Bagian-Mobil-Yang-Harus-Diperiksa-Sebelum-Berangkat-Mudik

Wiper juga penting, perhatikan kondisi karet  jika sudah keras sebaiknya ganti karet wiper. Cek juga motor penggerak wiper apakah kondisi bemasalah atau tidak dan cek juga air pembersihnya.

Itu tadi para sahabat semuanya mengenai 7 Bagian Mobil Yang Harus Diperiksa Sebelum Berangkat Mudik. Jika anda ingin pulang mudik bersama dengan keluarga dengan menggunakan mobil, jangan lupa cek kondisi komponen-komponen mobil anda terutama 7 bagian komponen tersebut tadi agar perjalanan mudik lebaran anda nyaman dan aman.

 

 

 

Advertisement
7 Bagian Mobil Yang Harus Diperiksa Sebelum Berangkat Mudik | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami