Paste your Google Webmaster Tools verification code here

7 Bahan Bakar Alternatif Pengganti Bensin

Advertisement

Bungkusdah- 7 Bahan Bakar Alternatif Pengganti Bensin Ketersedian bahan bakar minyak di muka bumi ini semakin terbatas terutama bensin sebagai bahan bakar penggerak mobil. Oleh karena itu harga bahan bakar premium atau bensin semakin mahal. Sudah waktunya bagi para produsen otomotif kendaraan bermotor yang selama ini menggunakan bahan bakar bensin menciptkan bahan bakar alternatif yang memilikki ketersediaan yang tak terbatas, ramah lingkungan dan murah tentunya.

7-Bahan-Bakar-Alternatif-Pengganti-Bensin

7-Bahan-Bakar-Alternatif-Pengganti-Bensin

Berikut ini 7 Bahan Bakar Alternatif Pengganti Bensin yang bisa digunakan untuk bahan bakar penggerak mesin mobil.

1. Hidrogen

Kedengarannya berbahaya,namun sebenarnya penggunaan Hidrogen sebagai bahan bakar kendaraan sebenarnya cukup aman. Penggunaan Hidrogen bisa digunakan untuk dua jenis mobil yaitu mobil yang dengan mesin khusus menggunakan bahan bakar hidrogen dan mobil yang menggunakan bahan bakar sel atau aki. Mobil yang menggunakan bahan bakar sel atau aki, hidrogen mempunyai fungsi untuk menghasilkan listrik yang digunakan untuk menyalakan mobil. Sedangkan mobil yang sudah didesain khusus menggunakan bahan bakar hidrogen sudah langsung bisa menghasilkan listrik tanpa harus mengalirkan ke aki terlebih dulu.

7-Bahan-Bakar-Alternatif-Pengganti-Bensin

7-Bahan-Bakar-Alternatif-Pengganti-Bensin

2. Listrik

Sekarang sudah mulai banyak diproduksi mobil bertenaga listrik cuma saja mobil listrik belum diproduksi secara massal karena terkendala pada teknologi yang digunakan pada baterai. Untuk menggerakkan sebuah mobil membutuhkan sumber daya yang sangat besar dan jika sering digunakan dalam kecepatan tinggi baterei bisa mudah rusak. Selain itu untuk mengecarge atau mengisi baterai butuh waktu yang cukup lama.

3. Bio Diesel

Untuk bahan bakar bio diesel sekarang sudah banyak dijual dibeberapa SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum). Bio diesel bisa digunakan untuk semua jenis mobil yang menggunakan mesin diesel. Harga bio dieselpun lebih murah dan lebih bersih apabila dibandingkan dengan bahan bakar yang berasal dari fosil. Bio diesel merupakan bahan bakar alternatif yang dibuat dari minyak goreng dan pelumas distukan melalui proses kimiawi sehingga bisa digunakan sebagai bahan bakar penggerak mesin diesel.

4. Ethanol

Ethanol merupakan sejenis alkohol yang terbuat dari tanaman seperti tebu atau jabung.  Sekarang sudah mulai dikembangkan sebagai bahan bakar alternatif. Ethanol juga sudah sering dicampurkan dengan bensin untuk mengurangi emisi. Dan bahan pembuat ethanolpun yang berasal dari tebu atau jagung sangat mudah didapat dan tidak akan habis karena bisa ditanam atau dikembangkan dan dibudidayakan.

7-Bahan-Bakar-Alternatif-Pengganti-Bensin

7-Bahan-Bakar-Alternatif-Pengganti-Bensin

5. Gas

Bahan bakar alternatif gas memang didapat dari hasil mengebor perut bumi, namun ketersediaan gas lebih banyak daripada bahan  bakar minyak. Gas memiliki cadangan yang lebih banyak dan melimpah selain itu bahan bakar gas memiliki emisi yang lebih rendah daripada bensin. Pengguaan gas sebagai bahan bakar mesin mobil sudah banyak digunakan sebagai contoh bus angkutan Transjakarta.

6. Nitrogen Cair

Sebagaimana juga Hidrogen, nitrogen bisa dijadikan sebagai bahan bakar alternatif pengganti bensin. Nitrogen sangat banyak tersedia di atmosfer bumi. Selain itu nitrogen memiliki emisi yang lebih rendah dibandingkan dengan bensin. Namun nitrogen bisa menjadi bahan bakar alternatif pengganti bensin yang bersih namun sama halnya dengan bahan alternatif lain yaitu terkendala pada stasiun pengisian nitrogen yang masih sangat terbatas.

7-Bahan-Bakar-Alternatif-Pengganti-Bensin

7-Bahan-bakar-Alternatif-Pengganti-Bensin

7. Udara

Memang belum ada mobil yang menggunakan udara sebagai bahan bakar alternatif pengganti bensin, namun penelitian dan pengembangan teknologi mobil menggunakan bahan bakar udara masih terus dikembangkan. Mengingat ketersediaan udara sangat tidak terbatas. Pengembangan teknologinya dengan memanfaatkan udara yang dikompresi. Dan sistem kerjanya,udara dikompresi dan dialirkan melalui tabung yang bertekanan tinggi dan udara yang mengalir dengan cepat dan berkekuatan tinggi ini digunakan untuk menggerakkan piston.

Itu tadi 7 Bahan Bakar Alternatif Pengganti Bensin dan semoga pengembangan teknologi otomotif terus dilakukan sehingga menghasilkan kemanfaatan yang lebih bagi kehidupan manusia di masa depan.

Advertisement
7 Bahan Bakar Alternatif Pengganti Bensin | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami