Paste your Google Webmaster Tools verification code here

7 Persiapan Kesehatan Yang Penting Dilakukan Sebelum Berangkat Haji

Advertisement

Bungkusdah – 7 Persiapan Kesehatan Yang Penting Dilakukan Sebelum Berangkat Haji – Musim haji kembali tiba, untuk melaksanakan ibadah haji di tanah suci, persiapan kesehatan fisik sangat diperlukan agar pelaksanaan ibadah haji bisa lancar. Mengingat prosesi ibadah haji merupakan ibadah yang membutuhkan ketahanan fisik yang cukup kuat. Selain itu juga cuaca di tanah suci Makkah berbeda dengan Indonesia. Terutama bagi para calon jamaah haji yang sudah usia lanjut atau para jamaah haji yang memiliki keluhan kesehatan atau menderita penyakit tertentu.

7-Persiapan-Kesehatan-Yang-Penting-Dilakukan-Sebelum-Berangkat-Haji

7-Persiapan-Kesehatan-Yang-Penting-Dilakukan-Sebelum-Berangkat-Haji

Untuk itu sebelum berangkat haji segala sesuatu harus dipersiapkan dengan baik termasuk juga persiapan kesehatan agar pelaksaan ibadah haji bisa berjalan dengan baik dan lancar dan pulang menjadi haji yang mabrur. Berikut ini 7 Persiapan Kesehatan Yang Penting Dilakukan Sebelum Berangkat Haji :

1. Periksa Kesehatan

Agar aktivitas ibadah haji tidak terganggu, maka periksalah kesehatan anda secara rinci ke dokter. Agar dapat dideteksi kemungkinan-kemungkinan dalam tubuh anda dan anda msih ada waktu untuk mengobati atau mengatasinya.

2. Membawa Obat

Apabila anda memilki riwayat penyakit kronis sebaiknya membawa persediaan obat sehingga ketika berada di tanah suci anda bisa mengkonsumsi obat tersebut dengan teratur, dan kesehatan anda dapat terjaga dengan baik.

3. Bawa Surat Keterangan Dokter

Pada saat melakukan pemeriksaan, sebaiknya anda meminta surat keterangan dari dokter yang memeriksa kesehatan anda untuk anda serahkan ke dokter kloter (kelompok terbang) anda. Sehingga jika ada keluhan kesehatan anda tidak perlu repot-repot menjelaskan keluhan penyakit anda kepada dokter kloter.

7-Persiapan-Kesehatan-Yang-Penting-Dilakukan-Sebelum-Berangkat-Haji

7-Persiapan-kesehatan-Yang-Penting-Dilakukan-Sebelum-Berangkat-Haji

4. Kenali Fasilitas Layanan Kesehatan

Sebelum berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji, cari tahu dan kenalilah fasilitas dan layanan-layanan kesehatan yang anda pada musim haji yang ada di Arab Saudi, seperti petugas kesehatan kloter, Balai Pengobatab Haji Indonesia (BPHI), pelayanan kesehatan maupun rumah sakit yang ada di Arab Saudi.

5. Pelajari Situasi Kesehatan di Arab Saudi

Wabah penyakit bisa kapan saja muncul. Pada saat musim haji, umat muslim dari berbagai negara di seluruh dunia berkumpul di Arab Saudi untuk melaksanakan iabdah haji. Untuk mencegah kemungkinan adanya wabah penyakit yang menyebar pada musim haji, sebaiknya anda pelajari situasi kesehatan yang bisa anda dapatkan dari artikel-artikel yang membahas tentang wabah dan situasi kesehatan di Arab Saudi pada musim haji.

6. Menyewa Kursi Roda

Bagi anda para jamaah haji yang sudah tua atau anda yang berangkat haji bersama orang tua yang lanjut usia yang mudah sakit sebaiknya anda menyewa kursi roda selain itu juga mengikuti safari wukuf.

7. Olah Raga

Pelaksaan ibadah haji membutuhkan ketahanan fisik yang cukup, untuk itu alangkah baiknya jika sebelum berangkat haji anda melakukan olah raga rutin satu minggun 3 kali. Seperti olah raga jalan kaki sekalian anda melakukan latihan ibadah tawaf atau sa’i.

Demikian tadi 7 Persiapan Kesehatan Yang Penting Dilakukan Sebelum Berangkat Haji, yang perlu anda lakukan sebelum anda berangkat menunaikan rukun islam yang ke lima yaitu ibadah haji bagi yang sudah mampu. Persiapan kesehatan sangat penting dilakukan agar ibadah haji anda tidak terhambat oleh masalah kesehatan dan pulang dengan membawa predikat haji yang mabrur. Amin.

Advertisement
7 Persiapan Kesehatan Yang Penting Dilakukan Sebelum Berangkat Haji | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami