Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Aktivitas Gunung Slamet Masih Fluktuatif

Advertisement

Bungkusdah – Aktivitas Gunung Slamet Masih Fluktuatif – Gunung Slamet beberapa hari terakhir mengalami peningkatan aktivitas vulkanik dan membuat warga di sekitar Gunung Slamet merasa resah dan khawatir. Dan hingga saat ini status gunung tertinggi di Jawa Tengah ini masih pada level siaga. Beberapa hari terakhir ini Gunung Slamet sering sekali mengeluarkan letusan lava pijar yang disertai dengan suara dentuman yang sangat keras dan juga gempa tremor yang getaran bisa dirasakan hingga radius 10 km dari puncak Gunung Slamet.

Aktivitas-Gunung-Slamet-Masih-Fluktuatif

Aktivitas-Gunung-Slamet-Masih-Fluktuatif

Dan yang membuat warga semakin resah, dengan adanya kemunculan asap cincin dan awan yang menyerupai bentuk seekor bebek. fenomena unik ini muncul pada hari Kamis 11 September 2014 sekitar pukul 12.45 WIB. Dimana para warga sekitar Gunung Slamet mempercayai adanya mitos penguasa Gunung Slamet yang bernama “Romo Bebek”. Warga sangat khawatir kemunculan asap cincin dan asap menyerupai bebek ini akan menjadi tanda akan terjadi sesuatu terhadap Gunung Slamet. Baca juga http://bungkusdah.com/gunung-slamet-meletus-mengeluarkan-asap-unik-masyarakat-menyebutnya-romo-bebek/.

Menurut Surono (mbah Rono) Kepala Badan Geologi di Kementrian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Aktivitas Gunung Slamet Masih Fluktuatif dan cenderung menurun, namun status Gunung Slamet masih tetap pada level siaga. Kondisi ini berdasarkan dari hasil pengamatan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi di Pos Pengamatan Gunung Slamet yang berada di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Hasil pantauan dan pengamatan yang dilakukan pada hari Jum’at 12 September 2014 pukul 18.00 hingga pukul 00.00WIB terlihat asap tebal kecoklatan dengan ketinggina antara 500-700 meter condong ke arah barat. Terlihat juga sebanyak 32 kali sinar api dan lontaran lava pijar dengan jarak luncur sekitar 500 – 1.000 meter ke arah barat,  300 meter ke arah utara dan 300 meter ke arah timur. Dan tereka sebanyak 92 kali gempa hembusan, 34 kali gempa letusan dan 2 kali gempa tremor.

Aktivitas-Gunung-Slamet-Masih-Fluktuatif

Aktivitas-Gunung-Slamet-Masih-Fluktuatif

Sementara dari pantuan yang dilakukan hari ini Sabtu 13 September 2014 yang dilakukan pada pukul 00.00 hingga pukul 06.00 WIB kondisi Gunung Slamet masih tertutup kabut dan terekam terjadi 44 kali embusan gempa dan 6 kali gempa tremor. Hembusan asap tipis setinggi 50-100 meter yang condong ke barat dari puncak Gunung Slamet.

Aktivitas Gunung Slamet Masih Fluktuatif Aktivitas Gunung Slamet yang terjadi pada saat ini masih berupa letusan strombolian berupa lontaran lava pijar atau material dan letusan abu dan asap tebal kehitaman dengan tinggi maksimal mencapai 1.500 meter dari puncak Gunung Slamet. Lontaran material dan lava pijar ditandai dengan suara dentuman dan gemuruh dengan intesitas sedang hingga kuat.

Menurut Surono atau yang dikenal dengan Mbah Rono,  lontaran lava pijar yang tersebar di sekitar puncak Gunung Slamet masih berada dalam radius kurang dari 4 km dari puncak gunung. Sedangkan untuk abu vulkanik dan asap tebal penyebarannya tergantung dari kecepatan dan arah angin. Warga dilarang untuk mendekati puncak gunung dalam radius 4 kilometer dari puncak. dan warga dihimbau untuk tetap tenang dan tetap meningkatkan kewaspadaannya.

Advertisement
Aktivitas Gunung Slamet Masih Fluktuatif | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami