Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Artis Senior Mandra Ditetapkan Sebagai Tersangka Korupsi Senilai 40 Miliar Di TVRI

Advertisement

Bungkusdah РArtis Senior Mandra Ditetapkan  Sebagai Tersangka  Korupsi Senilai 40 Miliar Di TVRIBerita mengejutkan datang dari dunia entertainment, pelawak yang terkenal melalui sinetron Si Doel Anak Sekolahan ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung. Mandra Naih alias Mandra ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung terkait kasus dugaan korupsi senilai 40 milliar dalam pengadaan program siap siar di TVRI pada tahun 2012. Dan untuk saat ini kasus yang menimpa Mandra ini masih ditangani oleh Peninyidik Pidana Khusus Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

Artis-Senior-Mandra-Ditetapkan-Sebagai-Tersangka-Senilai-40-Miliar-Di-TVRI

Menurut Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) R. Widyo Pramono, posisi Mandra waktu menjabat sebagai DIrektur PT Viandra Production. Selain Mandra, Kejaksaan Agung juga menetapakan dua orang tersangka dalam kasus tersebut yakni Pejabat Pembuat Komitmen TVRI berinisial (YKM) dan Direktur PT Media Art Image berinisial IC. Baca Juga : Rinto Harahap Meninggal Dunia Di RS Mount Elizabeth Singapura

Penetapan sebagai tersangka terhadap ketiga orang tersebut tercantum dalam Surat Perintah Penyidikan yang dikeluarkan pada tanggal 11 Februari 2015 dan ketiga orang termasuk pelawak Mandra dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 Undang-Undang No.31/1999 juncto Undang-Undang No.20/2001.

Dalam kasus pengadaan program siap siar di stasiun televisi milik negara ini (TVRI) pada tahun 2012 diduga terjadi penggelembungan harga. Production House Viandra Production milik Mandra Naih yang memenangkan tender dalam pengadaan program siar di TVRI diduga tidak memenuhi kewajibannya dalam proyek pengadaan program siar TVRI. Dan akibatnya keuangan negara berpotensi dirugikan karena persoalan tersebut.Baca Juga : Banjir Jakarta, Kerugian Mencapai Triliunan Rupiah

Kisah berawal, setelah sukses di dunia sinetron, Mandra mendirikan bisnis Production House dengan nama Viandra Production dan kemudian pada tahun 2012 Viandra Production memenangkan tender pengadaan program siar di TVRI dengan nilai proyek sebesar 16 miliar. Namun setelah dilakukan audit pada tahun 2013 ditemukan keanehan yaitu ditemukan adanya tanda tangan yang berbeda dan kemudian diduga ada pemalsuan. Dan setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, persoalan menjadi semakin berkembang yang melibatkan production house yang lain dan diduga terjadi penyelewengan tender sehingga mengakibatkan kerugian negara yang ditaksir mencapai 40 miliar.

Mandra sebelumnya pernah diperiksa oleh penyidik Kejaksaab Agung dalam kasus ini, namun waktu itu komedian Betawi ini diperiksa sebagai saksi. Sementara itu Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Tony Trybagus membenarkan adanya pemeriksaan terhadap komedian Mandra terkait dengan kasus korupsi di TVRI pada tahun 2012. Mandra menjalani pemeriksaan mulai pukul 10.00 WIB dan baru selesai pukul 17.00 WIB.

Advertisement
Artis Senior Mandra Ditetapkan Sebagai Tersangka Korupsi Senilai 40 Miliar Di TVRI | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami