Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Bartolomeo Cristofori Sang Penemu Piano

Advertisement

Bartolomeo Cristofori Sang Penemu Piano-Bungkusdah.comBagi Anda para pianis dan pecinta piano tentu tak asing dengan Bartolomeo Cristofori sang penemu piano. Hari ini 4 Mei 2015 merupakan hari ulang tahun Bartolomeo Cristofori yang ke 360. Google Doodle juga turut merayakan hari lahirnya seorang seniman kelas dunia yang bernama Bartolomeo Cristofori sang penemu alat musik yang hingga saat ini banyak disukai dan dimainkan oleh masyarakat di seluruh dunia ini dengan memasang gambar kartun seseorang sedang bermain piano. Piano merupakan alat musik yang menghasilkan nada yang indah.

Bartolomoeo-Cristofori-Sang-Penemu-Piano

Bartolomeo Cristofori lahir pada 4 Mei 1655 di Padua, Italia. Awal kisah penemuan piano oleh Bartolomeo Cristofori dimulai saat ia bekerja dengan seorang pecinta musik yang bernama Prince Ferdinando de Medici. Prince Ferdinando de Medici adalah  pewaris Cosmo III salah satu Grand Dukes of Tuscany. Bartolomeo Cristofori bekerja pada tahun 1688 pada waktu itu  Bartolomeo Cristofori berusia 33 tahun. Sebelum menciptakan piano, Bartolomeo Cristofori juga pernah belajar dengan Nicolo Amati yaitu seorang pembuat biola.

Dan pada tahun 1700 Bartolomeo Cristofori mulai membuat alat musik piano dengan suara empat oktaf dan alat tersebut dikenal dengan nama pianoforte namun akhirnya nama pianoforte berganti dengan nama piano. Jurnalis Scipione Maffei menggambarkan alat musik temuan Bartolomeo Cristofori sebagai gravecemabalo col piano e forte yang artinya adalah sebuah harpsichord dengan papan lembut tetapi memiliki suara keras.

Hingga saat ini alat musik hasil temuan Bartolomeo Cristofori  banyak digemari oleh masyarakat di dunia dan banyak bermunculan para pianis handal dan terkenal karena kepiawaiannya memainkan piano. Dan saat ini masih ada tiga piano hasil karya Bartolomeo Cristofori yang masih tersimpan di beberapa museum antara lain di Metropolitan Museum of Art, Amerika Serikat (piano yang dibuat pada tahun 1720) kemudian Museo Strumenti Musicali Roma di Italia (piano yang dibuat pada tahun 1722) dan satu lagi berada di Musikinstrument-Museum of Leipzig University di Jerman dengan piano yang dibuat pada tahun 1726).

Bartolomeo Crsitofori meninggal dunia pada tanggak 27 Januari 1731 dalam usia 76 tahun.  Kreatifitas dan kerja keras Bartolomeo Crisfori patut untuk ditiru karena mampu menghasilkan sebuah alat musik yang hingga saat ini masih banyak digunakan oleh para pecinta musik terutama piano. Hasil penemuan alat musik Bartolomeo Cristofori yang bernama piano menjadi kebanggaan bagi bangsa Italia khususnya dan dunia musik pada umumnya.Bartolomeo Cristofori Sang Penemu Piano

Advertisement
Bartolomeo Cristofori Sang Penemu Piano | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami