Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Batik Indonesia Dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia

Advertisement

Bungkusdah – Batik Indonesia Dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan ManusiaBatik Indonesia merupakan salah satu  warisan budaya yang harus tetap dilestarikan sekaligus menjadi ciri khas fashion Indonesia yang unik dan indah. Keindahan batik Indonesia sudah terkenal di seluruh dunia hingga tokoh-tokoh dunia terkenal seperti Barack Obama, Nielson Mandela dan Bill Gates juga pernah memakai batik dalam beberapa kesempatan.

Batik-Indonesia-Dalam-Daftar-Representatif-Budaya-Tak-Benda-Waridan-Manusia

Batik-Indonesia-Dalam-Daftar-Representatif-Budaya-Tak-Benda-Warisan-Manusia

Bahkan ketika disemayamakan, Nielson Mandela memakai salah satu pakaian batik dari Indonesia yang menjadi pakaian kesayangannya. Dan sekarang  Batik Indonesia sudah masuk dalam jajaran Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia sudah diakui oleh UNESCO. Namun perjalanan batik Indonesia hingga masuk dalam Representatif List of Intangible Cultural Heritage UNESCO tidak semudah yang kita bayangkan. Perjalanan batik Indonesia untuk diakui UNESCO melalui proses yang panjang.

Batik Indonesia pernah diklaim dan diakui menjadi milik negara tetangga yaitu Malaysia. Malaysia mengklaim bahwa batik adalah budaya milik Malaysia. Dengan adanya klaim bahwa batik merupakan milik Malaysia ini, pemerintah Indonesia tidak tinggal diam. Dan pada tahun 2008 Pemerintah Indonesia mendaftarkan Batik Indonesia Dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia UNESCO.

Diawali dengan proses nominasi Batik Indonesia ke UNESCO pada tanggal 3 September 2008. Dan baru pada tanggal 9 Januari 2009 Batik Indonesia diterima secara resmi oleh UNESCO untuk melanjutkan ke proses berikutnya. Dan pada akhirnya UNESCO mengukuhkan bahwa batik Indonesia dalam daftara representatif budaya tak waarisan manusia atau Representatif List of Intangible Culture Hertage pada tanggal 2 Oktober 2009 yang dilaksanakan di Abu Dabi, Uni Emirate Arab.

Batik-Indonesia-Dalam-Daftar-Budaya-Tak-Benda-Warisan-Manusia

Batik-Indonesia-Dalam-Daftar-Representatif-Budaya-Tak-Benda-Warisan-Manusia

Pada tanggal 2 Oktober  2009 UNESCO menetapkan bahwa batik menjadi warisan budaya dunia. Dan saat itulah Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mendeklarasikan bahwa tanggal 2 Oktober dijadikan sebagai Hari Batik Nasional.

Masuknya Batik Indonesia Dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia yang sudah dikukuhkan oleh UNESCO dan juga pendeklarasian Presiden Republik Indonesia, maka hapuslah pengakuan dan klaim dari negara Malaysia.

Kita patut berbangga dengan batik Indonesia yang telah menjadi salah satu warisan budaya dunia. Batik harus tetap kita lestarika dan kita kembangkan. Dan masyarakat hendaknya bangga dan mengapresiasi batik dengan memakai batik dalam kegiatan dan aktivitas sehari-hari dan mengembangkan terus kreasi-kreasi batik sehingga menjadi motif pakaian yang banyak diminati. Selamat Hari Batik Nasional..

Advertisement
Batik Indonesia Dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami