Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Beberapa Fakta Seputar HIV – AIDS Yang Perlu Anda Ketahui

Advertisement

Bungkusdah – Beberapa Fakta Seputar HIV – AIDS Yang Perlu Anda Ketahui Hingga saat ini, bisa dikatakan masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai fakta-fakta seputar penyakit  HIV – AIDS. Dan juga penanganan HIV -AIDS secara komprehensif serta pencegahannya dikarenakan sosialisasi pencegahan dan pemahaman terhadap penyakit AIDS masih kurang maksimal.  Kali ini Bungkusdah di hari HIV – AIDS Sedunia ini akan berbagi untuk anda mengenai fakta-fakta seputar HIV – AIDS yang perlu diketahui dalam rangka ikut berpartisipasi dalam sosialisasi bahaya penyakit HIV -AIDS.

Beberapa-Fakta-Seputar-HIV-AIDS-Yang-Perlu-Anda-Ketahui

HIV ( Human Immunodeviciency Virus) adalah sebuah virus yang berbahaya yang menyerang sel-sel kekebalan tubuh manusia dan merusak imunitas. Orang yang terkena virus HIV ini kekebalan tubuhnya akan semakin melemah dan mudah terkena infeksi sehingga pada akhirnya infeksi akan berkembang dan menjadi penyakit Immunodeviciency Syndrome atau disebut penyakit AIDS. Dan sampai saat ini belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan penyakit HIV – AIDS. Beberapa Fakta Seputar HIV – AIDS Yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini Beberapa Fakta Seputar HIV – AIDS Yang Perlu Anda Ketahui.

1. HIV Akan Terus Berada Di Dalam Tubuh

Virus HIV akan terus berada didalam tubuh orang yang terkena virus, dan virus ini akan terus merusak sistem kekebalan tubuh. Virus HIV membutuhkan waktu 2 hingga 15 tahun untuk merusak seluruh sistem imunitas atau kekebalan tubuh dan infeksi akan berkemabang menjadi AIDS. Orang yang terkena virus HIV akan mengalami gejala dalam minggu-minggu pertama seperti sakit kepala, demam, sakit tenggorokan, dan rawan diduga terserang penyakit influenza. Virus HIV paling menular pada beberapa bulan pertama dan ini sangat membahaykan karena banyak orang yang terkena virus HIV tidak menyadarinya.

2. HIV Menular Melalui Kontak Intim

Virus HIV menular dari pengidap virus HIV – AIDS melalui pertukaran berbabagai cairan tubuh seperti, darah, air susu, cairan vagina dan air mani. Dan virus HIV tidak bisa ditularkan melalui hubungan sehari-hari seperti berpelukan, berjabat tangan, berciuman,berbgai minuman atau makanan dan berbagi barang-barang pribadi lainnya. Untuk menghindari penularan HIV bisa menggunakan kondom saat berhubungan intim, dan gunakan jarum suntik steril.

3. Sub Sahara Afrika Pengidap HIV Tertinggi Di Dunia

Sub Sahara Afrika merupakan penyumbang terbesar kasus HIV ADS  yaitu 70% dari kasus HIV AIDS di seluruh dunia dengan jumlah pengidap HIV mencapai 24,7 juta jiwa di tahun 2013 sedangkan dari laporan WHO pada tahun 2013, diperkirakan pengidap HIV diseluruh dunia mancapai 35 juta jiwa dan 3,4 juta diantaranya adalah anak-anak.

4. HIV Adalah Penyakit Dengan Jumlah Korban Terbanyak

WHO atau Badan Kesehatan Dunia mencatat bahwa HIV AIDS adalah penyakit menulardi dunia yang paling banyak memakan korban. Sejauh ini menurut catatan WHO ada sekitar 39 juta orang meninggal dunia akibat penyakit HIV – AIDS. Jumlah ini jauh lebih banyak apabila dibandingkan dengan penyakit-penyakit menular di dunia yang lain seperti kasus Ebola kemarin yang cukup menggemaparkan dunia.

5. Sunat Bisa Mencegah HIV

Menurut hasil dari penelitian, bahwa sunat yang dilakukan secara profesional dapat menurunkan resiko terinfeksi HIV – AIDS hingga 60 persen. Menurut para ahli, bahwa kulit luar penis (foreskin) mempunyai banyak sel yang memiliki resiko tinggi terhadap HIV, dan dengan membuang kulit luar penis atau sunat, atau khitan akan mengurangi resiko infeksi HIV. Akan tetapi sunat tidak benar melindungi orang dari serangan virus HIV, menggunakan kondom saat berhubungan intim adalah langkah terbaik saat ini untuk mencegah penularan virus HIV AIDS.

Itu tadi informasi dari Bungkusdah tentang Beberapa Fakta Seputar HIV – AIDS Yang Perlu Anda Ketahui. Sosialisasi mengenai bahaya dan pencegahan penyakit HIV AIDS harus terus dilakukan agar penyakit HIV-AIDS tidak terus menyebar ke seluruh dunia.

Advertisement
Beberapa Fakta Seputar HIV – AIDS Yang Perlu Anda Ketahui | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami