Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Berita Tentang Kesehatan

Advertisement

Bungkusdah – Berita Tentang Kesehatan – Kesehatan merupakan faktor yang penting bagi kita sebagai masyarakat Indonesia agar dapat menjadi bangsa yang produktif dan berkualitas. Dengan menjaga kesehatan, kita dapat mendukung pembangunan ekonomi serta turut serta dalam upaya penanggulangan kemiskinan karena dengan menjaga kesehatan kita dapat berperan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Komponen utama selain pendidikan, merupakan kesehatan. Seperti yang tertera dalam Undang-undang Nomor 23 tahun 1992 tentang kesehatan, bahwa kesehatan adalah “keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi.” Hal-hal tersebut merupakan masalah yang biasanya termasuk ke dalam berita tentang kesehatan.

Berita-Tentang-Kesehatan

Masalah kesehatan di Indonesia yang pertama dan tentunya biasa muncul di berita, dapat dilihat dari kondisi gizi di beberapa daerah. Kasus gizi buruk pada umumnya muncul di kalangan penduduk miskin/kurang mampu. Ada juga beberapa masalah gizi yang berlebihan adalah kegemukan, yang banyak muncul di wilayah perkotaan disebabkan oleh perubahan gaya hidup masyarakat. Kemudian juga terdapat beberapa penyakit yang umumnya menjangkit masyarakat Indonesia adalah penyakit gigi dan mulut, gangguan penglihatan, infeksi saluran pernafasan, anemia dan imunitas, hipertensi, gangguan saluran pencernaan, penyakit mata lainnya seperti katarak, penyakit kulit, sendi dan infeksi nafas kronik. Penyakit-penyakit kronis juga banyak menjangkit masyarakat Indonesia seperti demam berdarah, HIV/AIDS, Chikungunya, SARS, malaria, dan TBC. Masalah-masalah kesehatan di Indonesia tersebut banyak muncul akibat lingkungan, perilaku, dan pelayanan kesehatan yang kurang optimal. Masalah pada pelayanan kesehatan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kurangnya ketersediaan dan mutu fasilitas pelayanan kesehatan, masalah juga berada pada obat dan perbekalan kesehatan lainnya, tenaga kesehatan yang kurang, pembiayaan, dan manajemen kesehatan. Walaupun pada umumnya, Puskesmas sudah cukup menyebar dan didirikan di beberapa wilayah, pemerataan dan keterjangkauan layanan kesehatan tersebut masih menjadi kendala, terkait dengan biaya dan transportasi. Untuk beberapa kalangan masyarakat pun, biaya pengobatan di pelayanan kesehatan tidaklah murah. Tidak adanya biaya bagi masyarakat untuk melakukan pengobatan juga menjadi salah satu alasan mengapa masalah kesehatan di Indonesia sangat banyak. Selain itu pula, tingkat pendidikan merupakan salah satu faktor mengapa masyarakat tidak mempedulikan kesehatan. Proses terbentuknya pola hidup yang sehat pada dasarnya harus ditunjang dengan pengetahuan yang didapat.

Dengan masalah kesehatan di Indonesia yang ada, telah menunjukkan bahwa kurangnya kepedulian dan usaha, bukan hanya dari pemerintah, namun juga dari masyarakat Indonesia itu sendiri. Alangkah baiknya jika kita, sebagai rakyat Indonesia, sangat awas dengan kesehatan tubuh diri sendiri. Jika sulit berobat karena faktor keuangan, lebih baik mencegah sebelum penyakit datang menjangkit tubuh kita dengan meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan, dan selalu mengonsumsi makanan yang bergizi sesuai dengan porsi tubuh kita. Tidak ada salahnya berusaha sendiri lebih dulu untuk menjaga kesehatan, demi meningkatkan kualitas bangsa Indonesia, daripada harus mengeluh nantinya karena menderita penyakit tetapi tidak mampu untuk berobat.

Advertisement
Berita Tentang Kesehatan | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami