Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Cara Membedakan Batu Akik Asli dan Palsu

Advertisement

Cara Membedakan Batu Akik Asli dan Palsu-Bungkusdah.comFenomena demam batu akik saat ini sedang booming di masyarakat Indonesia, banyak orang  ramai membicarakan dan berburu batu akik untuk dijadikan perhiasan di jari manisnya. Fenomena batu akik ini memang bisa membuat orang tertarik  dan jatuh cinta pada batu akik. Fenomena batu akik juga membuat orang rela beralih profesi menjadi pencari batu, pengrajin maupun penjual batu akik. Fenomena batu akik ini membuat nilai batu akik menjadi tinggi, harga satu batu akik bisa mencapai jutaan rupiah. Fenomena inipun banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin meraup keuntungan lebih dengan mencetak atau menjual batu akik palsu atau masakan.Oleh karena itu penting sekali mengetahui cara membedakan batu akik yang asli dengan batu akik yang palsu atau masakan.Baca Juga: Demam Batu Akik,Akankah Batu Akik Dikenai Pajak?

Cara-Membedakan-Batu-Akik-Asli-dan-Palsu

Jika anda sedang terkena demam batu akik dan ingin membeli batu akik ketahui dulu spesifikasi batu akik yang anda beli. Yakinkan bahwa batu akik yang anda beli adalah asli batu alam dan harganyapun reaslistis agar anda tidak menyesal. Untuk mengetahui batu akik yang anda beli itu asli atau palsu, berikut ini cara membedakan batu akik asli dan palsu dengan memperhatikan ciri-ciri dari batu asli dan sinteis yang harus anda simak baik-baik.

Ciri-Ciri Batu Asli :

  1. Batu akik asli dari alam jika ditempelka pada pipi akan terasa dingin. Setiap benda yang kita pegang akan menjadi hangat karena ada hantaran suhu, sedangkan batu akik asli jika dipegang lama masih terasa dingin dan lama hangatnya dan juga cepat kembali dingin.
  2. Jika dibakar atau disulut dengan korek api atau puntung rokok tidak ada perubahan warna atau titik yang meleleh. Namun hal ini tidak berlaku pada batu fosil atau batu kapur karena batuan ini termasuk jenis batuan lunak sehingga mudah hancur dan usang jika dibakar. Catatan pengujian batu dengan menggunakan korek api, mancis atau puntung rokok.
  3. Dan setelah dibakar lama akan muncul minyak berwarna kecoklatan dan batu yang asli jika minyak ini diusap maka minyak akan langsung hilang dan tidak akan meninggalkan bekas atau menempel kuat pada batu akik. Sedangkan yang palsu untuk menghilangkan bekas bakaran harus menggunakan air atau menyak karena sulit untuk dihilangkan.
  4. Lihat serat pada batu dengan diterawang menggunakan senter hp, atau alat untuk menerawang batu. Batu yang asli akan terlihat serat seperti retak-retak dan motif alami. Karena jarang sekali batu alami yang mulus tanpa ada serat. Dalam hal ini anda juga harus teliti karena serat bisa dibuat pada batu masakan atau imitasi buatan manusia.
  5. Untuk lebih meyakinkan tidak ada salahnya anda cek di laboratorium untuk menguji kandungan batu atau anda tanyakan pada ahlinya. Baca Juga: Cara Membedakan Batu Bacan

Ciri-Ciri Batu Akik Palsu (Sentetic/masakan):

Cara-Membedakan-Batu-Akik-Asli-dan-Palsu

  1. Batu sintetis akan mudah tergores atau lecet jika bergesekan dengan benda keras lainnya.
  2. Batu sintetis terasa lebih ringan jika dibandingkan dengan batu yang asli ( kecuali jenis batu fosil kayu dan batu kapur)
  3. Tidak ada serat di dalamnya terlihat bening seperti kaca dan ada gelembung udara.
  4. Jika digesekkan pada kaca akan terasa kurang keset.
  5. Batu sintetis akan ada peruabahan jika dibakar (kecuali batu jenis fosil dan batu kapur)
  6. Kekuatan batu sintetis lebih keras jika dibandingkan denga batu asli (tergantung jenis siliki)

Demikian ulasan mengenai cara membedakan batu akik asli dan palsu dari bungkusdah.com yang basi kami informasikan untuk anda. Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Dan ketikan anda akan membeli batu pastikan anda mengetahui benar spesifikasinya, jangan membeli batu hanya karena ikut ikutan agar anda tidak menyesal di kemudian hari.Cara Membedakan Batu Akik Asli dan Palsu

Topik yang dicari:

batu akik masakan
Advertisement
Cara Membedakan Batu Akik Asli dan Palsu | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami