Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Cara Membedakan Batu Bacan

Advertisement

Cara Membedakan Batu Bacan-Bungkusdah.com-  Demam batu akik semakin meluas di kalangan masyarakat. Batu akik memiliki arti tersendiri bagi para penggemarnya. Sehingga tidak heran jika mereka mau merogoh kocek yang cukup dalam demi mendapatkan batu yang menjadi  incarannya. Salah satu jenis batu akik yang naik daun dan masih banyak dicari adalah batu bacan karena batu ini memiliki keistimewaan dari corak dan warna yang sangat menawan. Harga batu bacan ini bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Cara-Membedakan-Batu-Bacan

Batu bacan merupakan jenis batu mulia yang serasal dari Indonesia yang banyak ditemukan di Pulau Bacan, Halmahera, Selatan Maluku Utara. Batu ini memiliki tingkat kekerasan standar batu mulia international yaitu 7 skala mohs sama dengan batu giok. Batu bacan rata-rata berwarna hijau dan jenis batu bacan yang paling banyak dicari dan populer dikalangan para penggemar batu akik adalah batu bacan doko dan batu bacan palamea. Dan masih ada lagi batu bacan jenis obi. Pemberian nama batu bacan ini berasal dari nama desa  tempat batu bacan ditemukan. Batu bacan doko ditemukan di Desa Doko, Pulau Kasiruta, Kecamatan Bacan Barat, Halmahera, Maluku Utara. Sedangkan batu bacan palamea ditemukan di  Desa Palamea, Kecamatan Bacat Barat, Halmahera,Maluku Utara. Sedangkan batu bacan Obi ditemukan di Pulau Obi, Maluku Utara. Simak Juga Berita : Ditemukan Batu Giok Aceh Seberat 20 Ton Di Nagan Raya!

Keunikan dan keistimewaan batu bacan doko dan palamea adalah mampu mengkristal secara alami walaupun batu sudah diambil dari bumi dan sudah diproses dan diolah menjadi batu perhiasan namun batu bacan ini bisa dikatakan masih hidup. Walaupun ketiga jenis batu bacan ini berasal dari wilayah yang sama yakani Halmahera namun masing-masing jenis batu ini memiliki karakteristik yang berbeda dan yang paling mudah untuk membedakannya bisa dilihat dari warna.

Batu bacan doko berwarna hijau bening dan warna hijau tua agak gelap, para penggemar atau pedagang batu bacan menyebutnya warna hijau cincau. Dan apabila disorot dengan lampu akan muncul dari batu warna hijau cerah. Dan jenis inilah yang paling banyak dicari para penggemar bacan. Batu bacan doko lebih cepat mengalami perubahan warna. Dalam jangka waktu 3-4 bulan batu baca doko warnanya sudah mulai berubah dari hijau yang semula gelap akan berubah menjadi agak cerah. Semakin cerah warnanya maka akan semakin mahal harganya.

Sedangkan batu bacan palamea memiliki warna hiaju kebiru-biruan. Jika dibandingkan dengan bacan doko, proses krsitalisasi atau perubahan warnanya bacan palamea lebih lama dari bacan doko. Namun kedua jenis batu ini tetap menjadi buruan para kolektor dan pecinta batu permata. Demikian cara membedakan batu bacan dari dilihat dari asalnya, jenis, warna dan proses kristalisasinya yang mungkin bisa menambah pengetahuan anda tentang bacan. Semoga bermanfaat.Cara Membedakan Batu Bacan

Topik yang dicari:

batu bacan
Advertisement
Cara Membedakan Batu Bacan | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami