Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Cara Membedakan Beras Plastik dan Beras Asli

Advertisement

Cara Membedakan Beras Plastik dan Beras Asli-Bungkusdah.comBerita ditemukannya beras plastik di pasaran membuat warga resah dan harus ektra hati-hati dan waspada dalam membeli beras. Menyikapi kabar beredarnya beras plastik di pasaran, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel meminta masyarakat untuk waspada dan turun tangan langsung melakukan pengasan terhadap peredaran beras plastik. Masyarakat dihimbau untuk segera melapor jika menemukan beras yang memiliki tampilan yang aneh. Himbauan tersebut merupakan langkah untuk mempersempit ruang gerak pengedar beras palsu atau beras plastik. Selain itu para pedagang beras juga harus berhati-hati dalam menerima pasokan.

Selain itu Mentei Perdagangan juga memberikan tips cara menguji beras tersebut asli atau beras plastik yaitu dengan cara membakar sampel beras. Jika beras tersebut meleleh setelah dibakar maka dipastikan beras tersebut adalah beras plastik.

Cara-Membedakan-Beras-Plastik-dan-Beras-Asli

Diduga beredarnya beras plastik ini berasal dari China yang didistribusikan Taiyuan, Shanxi, China dan terindikasi juga bahwa beras-beras plastik tersebut akan di ekspor ke Indonesia. Ini sungguh sangat meresahkan masyarakat. Untuk itu masyarakan harus bisa membedakan antara beras asli dengan beras sintetis atau yang lebih dikenal dengan beras plastik.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Ibu Dewi Seftiani pemilik warung nasi uduk yang berlokasi di ruko Granade, Mustikajaya, Bekasi yang telah menemukan beras sintesis atau beras plastik. Ibu Dewi Seftiani menuturkan bahwa untuk membedakan antara beras asli dengan beras plastik ada 3 hal yang perlu diperhatikan.

1. Warna

Dilihat dari warnanya antara beras asli dan beras plastik sekilas terlihat sama, namun jika diperhatikan akan terlihat perbedaannya. Beras asli memiliki warna putih tetapi  agak keruh sedangkan beras plastik memiliki warna putih bening dan warnanya juga mencolok.

2.  Wujud Beras

Dari wujud atau bentuknya, beras asli jika dipegang atau terasa kasar sedangkan beras plastik jika dipegang terasa licin.

3. Beras Plastik Menggumpal Ketika Dimasak

Ibu Dewi Seftiani juga mengatakan bahwa beras plastik ketika dimasak dan setelah menjadi nasi bentuknya berbeda dengan nasi beras asli. Nasi beras plastik  akan menggumpal  dan jika dipegang akan terasa lembek dan tapi kenyal.

Sementara itu Dokter Specialis Gizi Dr Verawati Sudarma,Mgizi,Sp,GK menuturkan juga mengenai perbedaan beras asli dan beras plastik. Dari tekstur beras plastik akan lebih lembut dan licin dan memiliki warna putih seluruhnya sedangkan beras asli memiliki tekstru kasar dengan warna putih dan bening tapi tidak keseluruhan. Selain itu aroma beras asli dengan beras plastik berbeda karena beras asli mengandung glukosa dan karbohidrat sehingga memiliki rasa manis sedangkan beras plastik rasanya tawar atau hambar dan justru beras platik memiliki aroma sangit dan ada aroma bahan kimia.

Itulah cara membedakan beras plastik dan beras palsu. Masyarakat harus pandai dan berhati-hati ketika membeli beras agar tidak menjadi korban peredaran beras palsu atau beras platik yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sebelum membeli perhatikan betul warna dan tekstur beras dan kemudian perhatikan juga bentuk dan juga rasa atau aroma nasi dari beras yang Anda beli.Cara Membedakan Beras Plastik dan Beras Asli

Advertisement
Cara Membedakan Beras Plastik dan Beras Asli | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami