Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Cara Mencegah Komplikasi Pada Penderita Diabetes

Advertisement

Diabetes bisa menyebabkan komplikasi penyakit lain. Pada penderita Diabetes kadang terjadi komplikasi seperti serangan jantung, gagal ginjal dan stroke. Cara apa yang harus dilakukan ketika seorang menderita diabetes untuk menghindari dari komplikasi ini. Pada penderita diabetes sangat dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat,kebutuhan terhadap lemak tercukupi,karbohidrat tidak boleh terlalu tinggi, harus menjaga keseimbang zat-zat dalam tubuh dengan banyak minum air putih. Ada 12 bagaimana mencegah agar tidak muncul kompliksai pada penderita diabetes.

Cara Mencegah Komplikasi Pada Penderita Diabetes

Cara Mencegah Komplikasi Pada Penderita Diabetes

1. Jaga Karbohidrat Dengan Baik

Karbohidrat memberikan energi pada tubuh,penderita diabetes boleh konsumsi karbohidrat tapi namun kalori harus disesuaikan dengan aktivitas. Ini berkaitan dengan pola makan sehat dengan pengaturan jumlah kalori yang tepat. Ahli diet sangat membantu anda dalam masalah pola makan yang sehat ini.

2. Turunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan dapat mengurangi resiko terjadinya komplikasi pada diabetes karena membantu penurunan gula darah dan tekanan darah. Kurangi makan makanan yang mengandung lemak tinggi seperti keripik dan kentang goreng.

3. Tidur Yang Cukup

Memperbaiki pola tidur yang cukup dapat membantu mengurangi kadar gula darah.  Tidurlah 7 sampai 8 jam setiap malam. Kurang tidur menyebabkan untuk makan karbohidrat lebih banyak yang tentunya berat badan akan naik. Ini sangat beresiko sekali terhadap komplikasi seperti gagal ginjal dan serangan jantung.

4. Latihan Olah Raga

Latihan olah raga sangat membantu penurunan resiko penyakit jantung,kolesterol,tekanan darah. Aktivitas olah raga juga bisa menjaga berat badan sekaligus mengurangi stres. Lakukan olah raga yang ringan ringan seperti jalan-jalan,bersepeda,menari dan olah raga apapun yang anda senangi.

5. Cek Gula Darah Setiap Hari

Cek kadar gula darah ini akan membantu anda mengetahui bagaimana aktivitas dan asupan makanan mempengaruhi kesehatan anda.

6. Manajemen Stres

Penderita diabetes tidak boleh terlalu stres karena akan meningkatkan kadar gula naik. Lakukan latihan pernafasan,yoga,meditasi sehingga tubuh baik fisik maupun mental kembali relaks.

7. Kurangi Garam Dalam Makanan Anda

Ganti garam dengan bumbu rempah rempah  dalam masakan anda. Mengurangi garam akan membantu menurunkan kadar gula sekaligus melindungi ginjal.

8. Awasi Resiko Komplikasi Jantung Dengan Sistem A.B.C

-A. 1 C (Kadar Hemoglobin) pemeriksaan ini bisa dilakukan 1 tahun 2 kali atau lebih.

-B. Blood Pressure. Target dibawah 130/80 mm Hg.

-C. Cholesterol. Target LDL dibawah 100mg/dl. HDL diatas 40mg/dl. Trigliserida dibawah 150mg/dl.

9. Rawat Luka

Diabetes menghambat penyembuhan dan meningkatkan resiko infeksi. Segera obati dan rawat dengan baik luka dengan antibiotik dan perban steril. Bila luka tidak segera membaik segera periksa ke dokter.

10. Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok beresiko terhadap serangan jantung dan paru-paru. Berhenti merokok akan menurunkan resiko penyakit jantung,paru-paru,tekanan darah,ginjal dan kerusakan saraf.

11. Hindari Makanan Yang Lemak Jenuh

Makan sayuran warna hjau tua,ikan yang kaya omega 3,buah beri. Pilih makan yang mengandung lemak tak  jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Ahli diet akan sangat membantu anda dalam hal ini.

12. Atur Jadwal Konsultasi Dengan Dokter.

Jika membutuhkan bantuan untuk menurunkan kadar gula konsultasikan dengan dokter sesering mungkin. Kunjungi pula dokter gigi 2 tahun sekali. Periksa fisik dan mata 1 tahun sekali.

Itulah tadi 12 hal yang harus diperhatikan bagi penderita diabetes tidak terjadi komplikasi.

Terima Kasih dan semoga bermanfaat.

 

Advertisement
Cara Mencegah Komplikasi Pada Penderita Diabetes | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami