Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Cara Mengatasi Marah, Agar Perasaan Lebih Tenang

Advertisement

Bungkusdah – Cara Mengatasi Marah, Agar Perasaan Lebih Tenang – Semua orang pasti pernah marah. Dan untuk mengatasi marah yang meluap-luap kadang sangat sulit bagi bagian sebagian orang. Marah adalah salah satu dari bentuk emosi yang muncul ketika ada suatu rangsangan dari pihak luar yang tidak sesuia dengan harapan atau rangsangan itu bisa berupa ancaman.

Cara-Mengatasi-Marah-Agar-menjadi-Lebih-Tenang

Cara-Mengatasi-Marah-Agar-Menjadi-Lebih-Tenag

Dalam mengatasi marah, setiap orang mempunyai toleransi yang berbeda-beda. Ada yang mampu memendam rasa amarahny dan ada pula yang sulit mengendalikan amarah dan mengeluarkan amarahnya secara meledak-ledak tanpa mengenal waktu dan tempat. Marah memang diperlukan, akan tetapi marah yang sulit dikendalikan dan mengarah ke sebuah tindakan yang bersifat destruktif atau merusak, maka amarah harus segera diatasi. Karena marah yang meledak-ledak dan bersifat destruktif biasanya akan lebih banyak menimbulkan dampak yang negatif.

Jika anda termasuk orang yang mudah marah dan sulit untuk mengontrol emosi, tepat sekali anda simak artikel mengenai Cara Mengatasi Marah, Agar Perasaan Lebih Tenang berikut ini agar anda bisa mengatasi marah anda dengan lebih baik dan kehidupan anda bisa menjadi lebih tenang dan damai.

1. Atur Pernafasan

Jika anda mulai emosi, cara yang cepat dan tepat untuk mengatasi marah anda dengan  cara tarik nafas dalam-dalam dan kemudian keluarkan nafas anda pelan-pelan bersama dengan emosi yang sedang anda rasakan. Terus atur nafas anda sambil memikirkan dan mengatakan hal-hal yang menyenangkan. Cara ini cukup efektif karena dengan mengambil nafas dalam-dalam akan mengalirkan oksigen ke otak dan akan mengendurkan otot dan saraf yang tegang. Akan lebih baik lagi jika anda seorang muslim, ketika anda mengatur nafas anda, anda bisa mengucapkan  lafal-lafal  dzikir seperti istighafar dan hati anda mengingat Allah SWT.

Cara-Mengatasi-Marah-Agar-Perasaan-Lebih-Tenang

Cara-Mengatasi-Marah-Agar-Perasaan-Lebih-Tenag

2. Tinggalkan Suasana Yang Memicu Marah

Jika situasi dan suasana sekitar anda sulit membuat anda tenang, tinggalkan suasan dan tempat yang memicu rasa marah anda. Pergi dan carilah tempat yang lebih tenang dengan udara yang lebih segar dan sepi untuk menghindari orang-orang yang terlibat dalam masalah anda. Sehingga anda memiliki waktu yang cukup untuk berpikir jernih dan menenangkan diri untuk mengambil sebuah keputusan.

3. Renungi Diri

Perlu diketahui bahwa emosi tidak hanya berasal dari faktor luar, akan tetapi juga bisa berasal dari diri sendiri yaitu pikiran negatif. Ubahlah pikiran negatif anda menjadi pikirang yang positif dan ubahlah cara pandang anda terhadap suasana dan situasi yang membuat anda marah. Ambil hikmah dan jangan pernah berpikir anda selalu gagal, tetapi rubahlah dengan berpikir mencari cara untuk berhasil dan yakinkan diri anda bahwa anda pasti akan berhasil. Ini akan membuat anda lebih bijaksana.

4. Luapkan Kemarahan dengan Cara Tepat dan Pada Tempatnya

Ekpresikan emosi dengan jelas dan tegas namun tidak terlalu agresif. Jelaskan apa yang anda inginkan dan apa yang membuat anda marah. Jika emosi anda sudah terlalu meluap-luap dan anda sulit untuk melakukan hal ini, anda bisa berbicara dengan baik kepada orang terdekat anda. Atau anda bisa melampiaskan kemarahan anda dengan menulis di buku harian anda mengenai apa yang sedang anda rasakan.

Cara-Mengatasi-Marah-Agar-Perasaan-Lebih-Tenang

Cara-Mengatasi-Marah-Agar-Perasaan-Lebih-Tenang

5. Aktifitas Fisik

Buatlah tubuh anda lebih banyak bergerak, seperti berolah raga dan aktifitas lain yang membuat tubuh lebih banyak bergerak. Aktifitas fisik akan membantu anda melepaskan ketegangan emosi dan memfokuskan energi anda. Aerobik bisa melepaskan hormon pereda nyeri yaitu hormon endorphin yang  akan mengembalikan mood anda. Santai dan tenangkan diri anda.

6. Cari Hiburan

Lepaskan semua ketegangan pikiran dan emosi anda dengan mencari hiburan untuk mengembalikan mood anda. Anda bisa menonton hiburan komedi yang bisa membuat anda tertawa, atau anda bisa menemui teman dan sahabat anda yang memilki selera humor. Cara ini untuk membantu anda dari perasaan stres.

7. Konsultasi ke Psikolog

Jika kemarahan, emosi dan permasalahan anda sudah sangat mengganggu kualitas hidup anda, anda bisa meminta bantuan psikolog atau profesional untuk berkonsultasi dan membantu mengatasi marah dan mengatur emosi anda dengan baik.

Itu tadi, beberapa Cara Mengatasi Marah, Agar Perasaan Lebih Tenangdan semoga artikel ini bisa membantu anda menemukan solusi dalam mengatasi marah dan emosi anda yang sulit bagi anda untuk mengendalikannya. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Cara Mengatasi Marah, Agar Perasaan Lebih Tenang | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami