Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Cara Mengecek Kendaraan Sebelum Mudik

Advertisement

Cara Mengecek Kendaraan  Sebelum Mudik-Bungkusdah.com Sudah menjadi budaya di Indonesia bahwa setiap menjelang hari raya Idul Fitri masyarakat Indonesia yang tinggal di kota-kota besar pulang kampung, atau yang dikenal dengan istila mudik lebaran. Tujuan pulang ke kampung halaman tentu karena  ingin bertemu dengan sanak saudara untuk saling bermaaaf-maafan dan melepas rindu. Untuk melakukan mudik lebaran banyak sekali yang memilih menggunakan mobil pribadi untuk menuju ke kampung halaman. Perjalanan jauh menuju  kampung halaman tentu memerlukan persiapan fisik dan termasuk mempersiapkan kendaraan yang akan digunakan untuk mudik.Dan untuk mengetahui apakah mobil Anda benar –benar siap untuk diajak mudik lebaran tentu Anda harus mengecek kendaraan Anda.

Dan untuk mengecek kendaraan ada beberapa cara dan tips yang perlu Anda ketahui sebelum Anda langsung menuju ke bengkel langganan Anda.

Cara-Mengecek-Kendaraan-Sebelum-Mudik

Berikut ini beberapa langkah cara mengecek kendaraan apakah kendaraan Anda dalam kondisi yang prima atau tidak.

1.       1. Mengecek Mesin Kendaraan

Hal yang penting dalam mengecek kendaraan adalah mengecek bagian mesin. Dan untuk mengecek kondisi mesin dilakukan dengan menghidupkan  mesin dan kemudian mendengarkan dengan seksama suara mesin. Perhatikan suara mesin mobil Anda apakah muncul suara suara aneh yang mencurigakan seperti ada suara seperti ketukan, mengeliti atau suara mendengung. Dan jika ternyata muncul suara-suara tersebut segera lakukan pengecekan dan jika perlu bawa ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan.

2.      2.  Perhatikan Asap Knalpot

Dalam mengecek kendaraan pada saat mesin dalam kondisi hidup perhatikan juga asapyang keluar dari  knalpot apakah terasa pedih dimata (untuk mobil bensin) dan apakah keluar asap yang sangat tebal dari knalpot pada saat akselerasi atau deselerasi (untuk mobi disel). Jika ini terjadi maka sebaiknya mobil jangan diajak perjalanan jauh terlebih dahulu sebelum Anda periksa dan perbaiki di bengkel.

3.       3. Lakukan Test Drive

Untuk mengecek kendaraan Anda benar benar aman dan siap untuk luar kota lakukan test drive dan rasakan betul-betul apakah pada saat Anda menyetir ada tarikan ke kiri atau ke kanan atau tidak. Dan rasakan juga pada saat Anda menginjak pedal rem apakah bergetar atau tidak pada saat pedal rem Anda injak.    

4.       4. Perhatikan Temperatur Mesin

Ketika mengecek kendaraan dengan melakukan test drive perhatikan juga temperature mesin mobil Anda.Mengecek temperature mesin yaitu dengan melihat indikator temperature mesin yang terdapat pada cluster meter mobil . Jika temperature mesin terlalu panas maka cek kondisi radiator atau bawa ke bengkel karena temperature mesin yang terlalu panas tidak aman untuk dikendarai.

Itulah beberapa langkah mudah mengecek kendaraan untuk memastikan kondisi kendaraan dalam kondisi prima atau tidak. Mengecek kendaraan seharusnya tidak hanya ketika akan melakukan perjalanan jauh saja, namun alangkah baiknya jika Anda selalu rutin mengecek kendaraan Anda setiap seminggu sekali atau sebulan sekali. Cara Mengecek Kendaraan  Sebelum Mudik

Advertisement
Cara Mengecek Kendaraan Sebelum Mudik | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami