Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Cara Menghitung Kenaikan Gaji Buruh Setiap Tahun Dalam Paket Kebijakan Ekonomi Jilid IV

Advertisement

Cara Menghitung Kenaikan Gaji Buruh Setiap Tahun Dalam Paket Kebijakan Ekonomi Jilid IV-Bungkusdah.comPemerintah kembali mengeluarkan kebijakan baru dibidang ekonomi yang diberi nama paket kebijakan ekonomi jilid IV pemerintahan Jokowi. Maksud dan tujuan dikeluarkannya paket kebijakan ekonomi IV ini untuk menggenjot perekonomian Indonesia dan tentunya untuk mensejahterakan rakyat. Dalam paket kebijakan ekonomi jilid IV ini juga  ada ketentuan cara menghitung kenaikan gaji buruh atau upah minimum propinsi ( UMP). Tujuan utama adanya penetapan formula cara menghitung kenaikan gaji buruh ini adalah untuk memperluas lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan karyawan atau buruh.

Cara-Mengitung-Kenaikan-Gaji-Buruh-Setiap-Tahun-Dalam-Paket-Kebijakan-Ekonomi-JIlid-IV

Cara menghitung kenaikan gaji buruh atau UMP ini menurut Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia Darmin Nasution caranya adalah Upah Minimum Propinsi (UMP) tahun ini ditambah dengan kenaikan inflasi kemudian ditambah dengan pertumbuhan ekonomi. Jadi Upah Minimum Propinsi tahun ini menjadi dasar perhitungan kenaikan upah buruh untuk tahun depan. Jadi misalnya kenaikan pertumbuhan ekonomi tahun ini naik 5% kemudian inflasi tahun ini sebesar 5 %. Maka kenaikan Upah Minimum Propinsi (UMP) tahun 2016 adalah Upah Minimum Propinsi (UMP) 2015 ditambah 10%. (kenaikan inflasi 5% + pertumbuhan ekonomi 5%).

Dan cara menghitung kenaikan gaji buruh untuk tahun berikutnya juga sama. UMP 2016 ditambah kenaikan inflasi, ditambah dengan pertumbuhan ekonomi. Darmin Nasution menambahkan bahwa formula perhitungan kenaikan upah buruh ini berlaku untuk di seluruh Indonesia kecuali 8 daerah yang mendapatkan pengecualian dari pemerintah. Baca Juga: Program Bela Negara Menuai Kontroversi

Mekanisme kenaikan UMP setiap tahunnya akan diumumkan setiap bulan November dan komponen-komponen mekanisme perhitungan kenaikan upah buruh juga akan mengikuti periode pengumuman. Untuk inflasi akan dihitung pada bulan Januari hingga September sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi akan dihitung dari periode kuartal I hingga kuartal II pada tahun berjalan dan ditambah dengan pertumbuhan ekonomi kuartal III dan IV pada tahun sebelumnya. Dan komponen kenaikan inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang akan digunakan adalah perhitungan secara nasional.

Jadi dengan adanya formula baru cara menghitung kenaikan gaji buruh ini gaji atau upah buruh akan naik setiap tahunnya dengan besaran kenaikan merujuk pada tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Dengan adanya rumus perhitungan kenaikan upah buruh ini diharapkan tercipta sebuah iklim usaha yang kondusif sehingga invetasi makin meningkat, dunia usaha semakin tumbuh serta lapangan-lapangan pekerjaan akan semakin bertambah. Sehingga pekerja akan memiliki banyak pilihan dan jumlah pengangguran di Indonesia akan menurun.Cara Menghitung Kenaikan Gaji Buruh Setiap Tahun Dalam Paket Kebijakan Ekonomi Jilid IV

Advertisement
Cara Menghitung Kenaikan Gaji Buruh Setiap Tahun Dalam Paket Kebijakan Ekonomi Jilid IV | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami