Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Cara Mengurus Hak Cipta Gratis dan Cepat

Advertisement

Cara Mengurus Hak Cipta Gratis dan Cepat-Bungkusdah.comPemerintah Indonesia berkomitmen untuk memajukan serta mengembangkan dan melindungi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) guna mempercepat pertumbuhan ekonomi. Salah satunya dengan memberikan layanan gratis dan cepat dalam mengurus hak cipta. Bagi para pemilik usaha kecil dan menengah  yang mempunyai produk hasil karya dan kreasi sendiri  dan belum mempunyai sertifikat hak cipta sekarang bisa megurus hak cipta sendiri. Dan sekarang tidak perlu lagi harus menunggu hingga berbulan-bulan dan membayar biaya Rp 300.000,- untuk mendapatkan satu sertifikat hak cipta.

Cara-Mengurus-Hak-Cipta-Gratis-dan-Cepat

Sekarang dalam mengurus hak cipta sekarang bisa lebih cepat dari sebelumnya yang bisa mencapai 3 hingga 4 bulan. Sekarang dalam pembuatan sertifikat hak cipta dengan sistem online, pembuatan sertifikat hak cipta bisa hanya dalam waktu 1 jam. Dan para pemilik UKM yang akan mengurus hak cipta tidak akan dikenai biaya alias gratis. Baca Juga: Cara Mudah Menjual Produk Secara On Line Bagi Pemula

Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspa Yoga menyatakan syaratnya harus datang dan membawa barangnya ke Kementrian Koperasi dan UKM bagian Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha.

Sementara itu Braman Setyo, Deputi Bagian Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha, Kementrian Koperasi dan UKM menyatakan sistem on line antara Kementrian Koperasi dan UKM dengan Kementrian Hukum dan HAM membuat proses pembuatan sertifikat hak cipta bisa dilakukan hanya dalam waktu 1 jam. Proses sekarang lebih singkat dari sebelumnya yang bisa mencapai hingga 3 sampai 4 bulan. Dan pemilik UKM tidak lagi dikenai biaya Rp 300.000,- karena pembutan sertifikat hak cipta sekarang gratis.

Cara mengurus hak cipta di Kementrian Koperasi dan UKM, para pemohon harus datang sendiri dengan membawa contoh barang yang akan disertifikasi serta membawa kartu identitas pribadi seperti KTP dan surat pernyataan bahwa produk yang akan disertifkasi bukan hasil menjiplak dari kreasi atau karya orang lain.Baca juga: 4 Cara Kaya Melalui Marketing Ala Tung Desem Waringin

Pemohon datang langsung ke Kantor Kementrian Koperasi dan UKM yang berlokasi di JL. H.R. Rasuna Said Kav 3-4 Kuningan, Jakarta. 12940 pada waktu jam kerja kantor. Dan lokasi pembuatan sertifikat hak cipta berda di lantai 5 bagian Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha, Kementrian Koperasi dan UKM. Dengan nomor telepon 021-520 4366-72. Dan kemudian mengisi formulir pendaftaran yang sudah disediakan.

Dan setelah dibawa ke Kementrian Koperasi dan UKM, barang kemudian akan dicek karakteristiknya yang didampingi oleh konsultan dari Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Mengurus hak cipta tidak bisa dilakukan secara online atau via e mail karena pemohon harus membawa fisik barang atau produk yang akan dibuatkan sertifikat hak cipta.

Nah itu tadi cara mengurus hak cipta secara gratis dan sekarang bisa dilakukan dengan lebih cepat tidak perlu waktu yang lama. Jika anda para pelaku usaha kecil dan menengah yang memiliki produk atau hasil yang karya dan kreasi anda sendiri, anda bisa datang langsung ke Kantor Kementrian Koperasi dan UKM untuk dibuatkan sertifikat hak cipta.Cara Mengurus Hak Cipta Gratis dan Cepat

Advertisement
Cara Mengurus Hak Cipta Gratis dan Cepat | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami