Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Advertisement

 Bungkusdah – Cara Menjaga Kesehatan Ginjal – Ginjal yang merupakan salah satu organ vital, memiliki kegunaan untuk menyaring kotoran pada tubuh kita dan membuangnya dalam bentuk urin. Organ tubuh ini memiliki bentuk seperti kacang. Pada manusia normal, sepasang ginjal terletak di bagian belakang perut di sebelah kanan dan kiri tulang belakang, di bawah limpa dan hati. Pada orang dewasa, ginjal memiliki ukuran 11 cm dengan ketebalan 5 cm serta berat sekitar 150 gram. Darah manusia setiap harinya melewati ginjal dengan laju 1,2 per menit sebanyak 350 kali, menghasilkan 125 cc fitrat glomerular per menit. Apabila tidak menjaga kesehatan ginjal, kita akan mendapatkan penyakit yang fatal, salah satunya adalah gagal ginjal. Berikut cara-cara untuk menjaganya:

Cara-Menjaga-Kesehatan-Ginjal

  1. Mengatur pola makan

Pilihlah buah-buahan, sayur-sayuran yang di tanam tanpa zat zat kimia atau yang disebut juga organik. Dan juga kurangilah konsumsi makanan dengan garam berlebih, hindari makanan olahan, serta konsumsilah ikan atau daging putih tanpa lemak. Baca Juga : Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Tanpa Menggunakan Krim Anti Aging

  1. Olahraga

Dengan olahraga teratur kita bisa menjaga ginjal kita. Olahraga yang dimaksud bukanlah olahraga yang berat. Namun dengan teraturnya kita berolahraga tubuh kitapun akan menjadi sehat.

  1. Menjaga Berat Badan

Memiliki berat badan yang berlebih apalagi obesitas sangatlah tidak baik untuk kesehatan. Organ tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengikis tumpukan lemak yang berlebih, termasuk ginjal yang lama kelamaan akan melemah kinerjanya. Baaca Juga : Menjaga Kulit Wajah Bebas Jerawat dan Tetap Kencang Dengan Es Batu

  1. Menjauhi Alkohol dan Rokok

Tembakau yang biasa dihisap sehari-hari akan merusak paru-paru dan juga ginjal. Selain itu rokok dan juga alkohol juga menjadi penyebab utama tubuh kita terserang berbagai penyakit mengerikan, salah satunya ginjal. Karena ginjal akan menyaring zat zat beracun tersebut.

  1. Kontrol Tekanan Darah

Penyakit ginjal dipicu dari tekanan darah yang tinggi. Selama lima tahun terakhir di peroleh data dari IRR bahwa sebanyak 35% penyakit ginjal disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi. Baca Juga : 6 Makanan Yang Berkhasiat Menururnkan Kolesterol Tinggi

  1. Minumlah Air Putih

Minumlah air putih 6-8 gelas sehari. Ini sangat baik untuk merawat dan menjaga kesehatan ginjal. Karena air putih akan membantu penyaringan oleh ginjal yang dibuang melalui urin.

Cara-Menjaga-Kesehatan-Ginjal

  1. Hindari Stres

Stres yang menyerang merupakan salah satu penyebab darah tinggi, dan jika tekanan darah tinggi sudah menjangkit, maka akan menjadi semakin besar resiko terserang penyakit ginjal.Baca Juga : 6 Cara Menghindari Stres Paling Ampuh

  1. Menghindari Beberapa Obat Antibiotik dan Anti Nyeri

Usahakan tidak mengkonsumsi atau bahkan menghindari beberapa obat antibiotik dan anti nyeri, karena beberapa hal tersebut dapat merusak ginjal. Akan lebih baik lagi jika mengonsultasikan tentang penggunaan obat tersebut kepada dokter spesialis terlebih dahulu.

Itulah cara-cara yang bisa kita lakukan agar terhindar dari penyakit yang disebabkan bila kita tidak menjaga kesehatan ginjal kita. Bukanlah sesuatu yang sulit, bila dibayangkan dengan penyakit yang ditimbulkan apabila kita tidak menjaga ginjal kita. Ubahlah pola hidup kita menjadi sehat, karena kesehatan sangat berharga.

Advertisement
Cara Menjaga Kesehatan Ginjal | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami