Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Metode High Intensity Interval Training (HIIT)

Advertisement

Ada banyak cara menurunkan berat badan dan membakar lemak yang bisa anda lakukan. Selain dengan menerapkan pola makan yang tinggi protein dan yang rendah lemak, lakukanlah latihan kardio, latihan kardio merupakan pilihan yang tepat. Ada berbagai macam alat yang bisa anda gunakan untuk latihan kardio seperti treadmill, sepeda stasioner dan lain-lain.Bahkan jika anda merasa bosan latihan di dalam ruangan, anda bisa mencoba olahraga lari di alam terbuka bersama teman-teman anda. Lantas bagaimana bila anda tidak mempunyai alat kardio dan pada saat yang sama cuaca justru tidak mendukung untuk anda latihan di luar ruangan? Berarti inilah saatnya anda mencoba latihan kardio dengan cara yang paling sederhana, yaitu lari di tempat.

Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Berikut adalah cara Melakukan Lari di Tempat yang benar

Lari di tempat bisa anda lakukan dengan dua variasi gerakan.

Versi yang pertama adalah gerakan butt kick caranya adalah:

–   Posisi anda berdiri tegak dengan kedua tangan menggenggam lalu diangkat ke atas

–   Gerakkanlah  kaki kanan anda ke belakang hingga tumit anda hampir menyentuh pantat

–   Turunkan kaki kanan anda kemudian ulangi gerakan yang sama dengan menggunakan yang kaki kiri

Dan versi yang kedua adalah dengan gerakan High Knee yaitu:

–   Awali dari posisi berdiri tegak

–   Punggung harus tetap lurus dan rileks

–   Lakukanlah gerakan lari di tempat tapi dengan mengangkat lutut setinggi perut

Apakah Lari di Tempat bisa menurunkan berat badan dan Membakar Lemak? Memang pada dasarnya semua latihan kardio bisa digunakan untuk membakar lemak dalam tubuh, termasuk lari di tempat.Anda pasti sudah akrab dengan istilah HIIT (High Intensity Interval Training). HIIT merupakan sebuah metode latihan kardio yang menggunakan kombinasi latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu. HIIT itu sendiri terdiri dari latihan yang singkat namun sering atau intens, dan diikuti oleh periode pemulihan di sela latihan. Latihan HIIT biasanya hanya berlangsung dalam waktu 10 sampai 20 menit. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari latihan HIIT antara lain anda dapat meningkatkan kemampuan dan kondisi atletik tubuh, juga dapat memperbaiki metabolisme glukosa dalam darah, berarti tubuh anda mengubah makanan menjadi energi yang lebih efisien, sekaligus melakukan pembakaran lemak tubuh. Jadi HIIT adalah salah satu cara menurunkan berat badan.

Silahkan baca juga cara mengecilkan perut gendut.

Lalu apa hubungannya lari di tempat dengan HIIT? Nah, metode HIIT ini tentu bisa diterapkan dalam semua jenis latihan kardio termasuk lari di tempat. Contohnya, jika anda mengawali lari di tempat dengan intensitas yang sedang untuk pemanasan 1 sampai 3 menit. Lalu pacu kecepatan lari di tempat Anda dengan tenaga yang maksimal selama 30-40 detik, setelah itu turunkan kecepatan dengan lari santai selama 60-90 detik, kemudian pacu lagi dan lambatkan lagi, begitu seterusnya lakukanlah secara berulang-ulang selama 10-20 menit. Agar menghindari kebosanan, cobalah untuk anda bergerak sedikit maju atau mundur untuk mengubah pola lari anda. Banyak manfaat lari di tempat selain sebagai cara menurunkan berat badan dan tidak hanya efektif untuk memaksimalkan pembakaran lemak dalam tubuh, latihan sederhana ini juga bisa memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, seperti menguatkan otor jantung. Jogging sering juga disebut olahraga kardiovaskular karena dapat meningkatkan detak jantung dan mendorong paru-paru untuk bekerja dengan kapasitas tertingginya. Dengan begitu jantung akan memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh dan menjaga peredaran darah tetap lancar.

Advertisement
Cara Menurunkan Berat Badan dengan Metode High Intensity Interval Training (HIIT) | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami