Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Dampak Buruk Gadget : Menggunakan Gadget Sebelum Tidur Membuat Sulit Tidur

Advertisement

Bungkusdah – Dampak Buruk Gadget : Menggunakan Gadget Sebelum Tidur Membuat Sulit TidurPerkembangan teknologi gadget yang semakin canggih membuat manusia tidak bisa lepas dari gadget bahkan menjelang tidurpun gadget kadang masih digunakan. Berbagai fitur-fitur yang tersedia di ponsel-ponsel canggih memang membantu manusia dalam berbagai urusan baik kominukasi dan juga hiburan. Namun  tahukah anda mengenai dampak buruk gadget  terhadap kesehatan anda?

Dampak-Buruk-Gadget: Menggunakan-Gadget-Sebleum-Tidur-Membuat-Sulit-Tidur

Berbagai penelitian telah dilakukan terhadap dampak buruk gadget menunjukkan bahwa pemakaian gadget atau perangkat elektronik yang berlebihan akan mengganggu dan merusak waktu istirahat. Menggunakan gadget sebelum tidur bisa memberikan efek sulit tidur bagi penggunanya. Baca Juga ; Cara Mengurangi Stres Dengan Cara Unik

Team medis dari Yayasan Kesehatan BMJ Open dari Norwegia telah melakukan penelitian terhadap 9.846 remaja pada usia 16 – 19 tahun dalam dua tahun terakhir. Dari hasil survei menunjukkan bahwa rata-rata remaja menggubakan gadget atau perangkat elektronik minimal dua jenis satu jam sebelum mereka tidur. Dan dari hasil penelitian ditemukan penggunaan gadget atau perangakat elektronik dengan layar yang memancarkan cahaya akan mempengaruhi sleep onset latency (SOL) atau lama waktu untuk merasakan kantuk dan tertidur. Dan inilah dampak buruk gadget yang anda gunakan sebelum anda tidur.

Sama dengan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa gelombang cahaya  pendek – panjang yang memancar dari layar gadget akan mengganggu ritme sirkadian sehingga mengakibatkan tubuh sulit untuk tidur dan juga akan menekan produksi hormon yang menghasilkan rasa kantuk yaitu hormon melatonin. Sehingga menatap layar gadget sebelum tidur akan membuat penggunanya merasa kurang lelah dan butuh waktu lama untuk tertidur. Semakin lama menatap layar maka akan semakin sulit untuk tertidur.Baca Juga ; Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

Dampak buruk gadget selain dari cahaya yang keluar dari layar menurut BMJ Open menggunakan gadget di tempat tidur akan berpengaruh terhadap kesehatan tulang punggung dan juga leher. Sehingga akan memicu munculnya sakit kepala pada saat bangun tidur. Sementara itu team peneliti dari National Academy of Science  menyarankan untuk mengganti menggunakan gadget sebelum tidur dengan membaca buku atau menggunakan tablet kidle yang sudah dirancang untuk kegiatan membaca. Akan lebih bijaksana kiranya jika anda menjauhkan gadget dari diri anda ketika anda mulai merasa ngantuk dan mau tidur.

Advertisement
Dampak Buruk Gadget : Menggunakan Gadget Sebelum Tidur Membuat Sulit Tidur | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami