Dampak dan Pengertian Hujan Asam

Advertisement

Bungkusdah.com – Dampak dan Pengertian Hujan Asam. Fenomena cuaca beberapa bulan terakhir sungguh tidak wajar karena seharusnya saat ini kita sudah memasuki musim kemarau namun hujan masih sering mengguyur hampir semua daerah di tanah air. Menurut BMKG hal ini dinamakan kemarau basah, fenomena dimana hujan turun disaat seharusnya musim kemarau. Boleh jadi ini adalah akibat pemanasan global. Kali ini kita akan membahas tentang fenomena alam yang dinamakan hujan asam.

Apa yang dimaksud dengan hujan asam? Yaitu hujan dimana air yang turun mempunyai kadar keasaman dengan pH di bawah 5,6. Pada lazimnya, air hujan memang bersifat asam dengan pH sedikit di bawah 6. Hal ini dikarenakan CO2 dalam udara larut dengan air hujan sehingga membentuk asam lemah. Sedangkan hujan asam, memiliki pH yang lebih kecil.

Proses Terbentuknya Hujan Asam

Hujan asam terjadi karena polusi udara dimana kandungan belerang atau sulfur yang terkandung dalam bahan bakar fosil seperti minyak bumi bereaksi dengan nitrogen dan oksigen di udara sehingga membentuk senyawa sulfur dioksida dan nitrogen oksida. Zat-zat ini lalu berdifusi dengan air hujan sehingga membentuk senyawa kimia yang bersifat asam kuat yaiut asam sulfat dan asam nitrat.

Dampak Hujan Asam Terhadap Lingkungan
Sudah jelas bahwa timbulnya hujan asam adalah karena pencemaran udara yang dilakukan oleh manusia. Dibawah ini adalah dampak hujan asam terhadap alam.

Air hujan dengan kadar keasaman tinggi akan membuat pH sungai dan danau juga turun. Air dengan keasaman tinggi tidak cocok untuk tumbuh kembang ikan, sehingga populasi ikan akan berkurang. Selain itu pertumbuhan Phytoplankton yang menjadi sumber makanan ikan juga dihambat oleh tingginya kadar pH.

Hujan asam juga mempengaruhi pertumbuhan tanaman dimana, air dengan kadar asam tinggi akan merusak lapisan lilin pada daun sehingga nutrisi menghilang sehingga tanaman tidak tahan terhadap keadaan dingin, jamur dan serangga. Selain itu,m pertumbuhan akar menjadi lambat sehingga lebih sedikit nutrisi yang bisa diambil, dan mineral-mineral penting menjadi hilang.
hujan asam
Sedangkan dampak langsung hujan asam pada manusia yaitu air minum akan tercemar oleh logam berat seperti alumunium yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

Semoga informasi tentang dampak dan pengertian hujan asam dapat memberi kesadaran untuk menjaga alam. Karena manusia sendirilah yang akan mengalami kerugian bila manusia terus merusak alam dengan berbagai pencemaran.

Topik yang dicari:

pengertian hujan asam,hujan asam,gambar hujan asam,pengertian hujan asam dan dampaknya,apa yang dimaksud hujan asam,Apa yang dimaksud dengan hujan asam,artikel hujan asam,hujan asam adalah,Pengertian dan dampak hujan asam,Definisi Hujan asam
Advertisement
Dampak dan Pengertian Hujan Asam | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami