Dampak Pencemaran Air Sungai, Tanah dan Laut

Advertisement

Akhir-akhir ini penulis banyak menulis tentang pencemaran alam, meliputi pencemaran tanah dan pencemaran suara. Kali ini kami akan mengupas tuntas tentang pencemaran sungai yang akhir-akhir ini sudah sangat memprihatinkan.
Pencemaran Air
Pencemaran air dapat terjadi pada semua penampungan air yang terdapat di alam seperti sungai, air tanah, danau maupun laut. Seringkali pencemaran terjadi karena aktivitas manusia baik itu disengaja maupun karena kecelakaan. Pemahamam akan pentingnya sumber daya perairan masing sangat kurang di tengah-tengah masyarakat kita. Padahal sungai, danau, laut adalah penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Adanya pencemaran air dapat merugikan manusia itu sendiri. Bahkan polusi air adalah salah satu penyebab kematian dan penyakit. Tidak kurang 14.000 orang meninggal setiap harinya karena pencemaran air. Salah satu negara yang menderita karena pencemaran air adalah India, dimana hampir 700 juta orang India tidak mempunyai akses ke toilet yang layak. Selain itu, China juga mengalami masalah pencemaran air yang serius, saat ini 90% dari kota-kota di Cina menderita polusi air.

Tidak hanya di Indonesia saja yang sedang mengalami masalah pencemaran air. Problem ini merupakan masalah global utama yang membutuhkan perhatian dari semua pihak untuk mengevaluasi dan merevisi kebijakan sumber daya air.

Penyebab Pencemaran Air

Pencemaran air disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari pencemaran karena limbah domestik sampai limbah pabrik. Tiap penyebab memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Misalnya pencemaran pada tingkat rumah tangga, dimana sampah organik seperti selokan menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen didalam air yang pada akhirnya menyebabkan berkurangnya oksigen sehingga membuat ekosistem didalam air kekurangan oksigen yang menyebabkan kematian organisme-organisme didalam ekosistem tersebut.

Sedangkan limbah industri sebagian besar mengandung logam berat, toksin organik, minyak, nutrien dan padatan. Zat-zat berbahaya tersebut dapat menyebabkan pula matinya organisme dalam ekosistem air.

Beberapa akibat pencemaran air diantaranya adalah:
- Tersumbatnya saluran air yang dapat menyebabkan banjir
- Tercemarnya sumber air mengakibatkan sulitnya pasokan air bersih
- Mudahnya tersebar banyak penyakit
- Rusaknya ekosistem perairan yang dapat merugikan nelayan

Topik yang dicari:

dampak pencemaran air,penyebab pencemaran air,Pencemaran air sungai,dampak pencemaran laut,Gambar Pencemaran Air,penyebab pencemaran sungai,dampak pencemaran sungai dan laut,sumber pencemaran sungai dan danau,dampak pencemaran sungai,berita pencemaran udara yang sedand tren saat ini
Advertisement
Dampak Pencemaran Air Sungai, Tanah dan Laut | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami