Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Eksekusi Mati Enam Terpidana Mati Akan Dilaksanakan Pukul 00.00

Advertisement

Bungkusdah – Eksekusi  Mati  Enam Terpidana Mati Akan Dilaksanakan Pukul 00.00 Eksekusi mati terhadap enam terpidana mati penyalahgunaan narkoba akan dilaksanakan pada Minggu 18 Januari 2015 pukul 00.00 di Nusakambangan, Jawa Tengah. Jaksa Agung HM Prasetyo memastikan pelaksanaan eksekusi  hukuman mati terhadap enam orang terpidana mati yang empat orang diantaranya adalah warga negara asing (WNA) akan dilakukan secara serentak nanti malam pada pukul 00.00. Para perwakilan dari Kedutaan Besar dari negara para terpidana warga negara asing  juga sudah datang untuk melihat eksekusi hukuman mati terhadap warga negaranya.

Eksekusi-Mati-Enam-Terpidana-Mati-Akan-Dilaksanakan-Pukul-00.00

Pelaksanaan eksekusi mati akan dilakukan oleh tim dari kejaksaan dan dibantu oleh regu penembak jitu dari kepolisian daerah Jawa Tengah. Mengenai tata cara pelaksanaan hukuman mati terhdapa enam terpidana kasus narkoba ini mengacu pada Pasal 11 jo  Pasal 10 Kitab Undang-Undang Hukum Pidan (KUHP) dan Undang-Undang No 2/Pnps/1964. Dan untuk mengeksekusi ke enam terpidana mati ini dikerahkan sebanyak 6 regu tembak tipa regu ada 12 orang. Jadi total penembak yang diterjunkan adalah 72 orang.

Masing –masing terpidana akan menghadapi satu regu penembak yang terdiri 12 orang penembak yang menggunakan senjata laras panjang. Dan ke 12 orang penembak ini, hanya ada tiga senjata yang berisi peluru tajam. Dan anggota regu  tidak mengetahui  apakah senjata yang mereka gunakan berisi peluru hampa atau berisi peluru tajam. Namun anggota regu akan menembakkan senjatanya  secara serentak tepat ke arah sasaran.

Para narapidana hukuman mati akan disejajarkan bisa dalam posisi, duduk, berlutut atau berdiri dengan kedua mata ditutup dengan sehelai kain namun jika terpidana menolak untuk ditutup matanya bisa saja tidak dipasang kain penutup mata. Dan jika dipandang perlu, tangan dan kaki terpidana mati akan diikat. Jarak para terpidana hukuman mati dengan regu penembak paling dekat berjarak 5 meter dan paling jauh berjarak 10 meter. Para penembak harus menembakkan senjata tepat saran pada bagian jantung para terpidana mati.

Dalam eksekusi mati terhadap enam terpidana hukuman mati ini diupayakan para terpidana akan mati dalam tembakan pertama. Dan setelah tembakan pertama, dokter akan memeriksa dan memastikan apakah para terpidana tersebut sudah benar-benar mati. Karena undang-undang eksekusi hukuman mati dilakukan dengan cara ditembak hingga mati, bukan hanya ditembak saja. Jadi didatangkan dokter untuk memastikan bahwa terpidana mati sudah benar-benar mati.

Advertisement
Eksekusi Mati Enam Terpidana Mati Akan Dilaksanakan Pukul 00.00 | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami