Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Fungsi Kulit

Advertisement

Bungkusdah – Fungsi KulitKulit manusia terlihat lebih mudah pecah atau rusak bila di bandingkan dengan kulit hewan , namun kulit manusia memiliki sifat sebagai pertahanan  yang sangat efektif terhadap infeksi. Dalam kenyatannya ,tidak ada contoh bakteri yang telah di temukan yang dapat menembus kulit utuh yang ” telanjang”tanpa pelindung. Fungsi kulit kita banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita, namun mungkin selama ini kita kurang menyadari dan betapa besar fungsi kulit tubuh kita. Yang banyak   diperhatikan dari kulit kebanyakan dari segi kecantikan yang kadang-kadang kurang memperhatikan kesehatannya.

Fungsi-Kulit

Kulit adalah indra peraba  yang mempunyai reseptor khusus untuk sentuhan , panas, dingin, sakit,dan tekanan. Kulit merupakan salah satu bagian penting pada tubuh manusia. Kulit termasuk indra peraba yang berfungsi sebagai penerima, rangsang atau penerima informasi dari luar. Kulit dapat merasakan sentuhan , gerakan, tekanan, rasa sakit, suhu ( panas dan dingin  ).

Kulit mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita . Disini akan disebutkan beberapa fungsi kulit sebagai berikut:

1.      Sebagai Pelindung

 Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh dan alat pelindung bagian tubuh manusia, misalnya daging, otot,tulang. Fungsi kulit sebagai pelindung.

2.       Sebagai Alat  Peraba

Kulit juga mempunyai fungsi sebagai alat peraba. Untuk fungsi tersebut , kulit di lengkapi dengan reseptor-reseptor khusus. Reseptor untuk rasa sakit , ujung nya menjorok masuk ke daerah epiodermis. Reseptor untuk tekanan ujungnya berada di dermis yang jauh dari epidermis. Reseptor untuk tekanan, ujungnya berada di dermis yang jauh dari epidermis.. Adapun reseptor untuk rangsang, sentuhan, dan panas, ujung reseptornya terletak di dekat epidermis.

3.      Sebagai Alat Ekskresi

Kulit juga mempunyai fungsi sebagai alat ekskresi atau pengeluaran, yaitu sebagi tempat keluarnya keringat manusia.

4.      Mencegah Dehidrasi

Kulit berfungsi mencegah tubuh dari kekurangan air sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi.

5.      Menyimpan Lemak

Fungsi kulit kita yang lain yaitu pada lapisan paling bawah pada kulit merupakan lapisan lemak subkulit . Lapisan ini merupakan tempat tersimpannya lemak.

Itulah beberapa fungsi kulit pada tubuh kita. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan tentang kulit kita, sehingga kita bisa menyadari betapa besar manfaat kulit tubuh kita.

 

Advertisement
Fungsi Kulit | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami