Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Gejala Penyakit Sinusitis dan Pengobatannya

Advertisement

Bungkusdah.com-Gejala Penyakit Sinusitis dan Pengobatannya. Penyakit Sinusitis adalah salah satu penyakit pernafasan yang cukup berbahaya bila tidak ditangani secara serius. Untuk itu perlu penanganan secara tepat dan cepat sehingga sangat penting untuk dapat mendeteksi gejala penyakit sinusitis sesegera mungkin. Sebagai orang awam berikut adalah gejala sinusitis yang harus diwaspadai:

 pengobatan sinusitis

pengobatan sinusitis


– Bau nafas tidak sedap
– Keluar ingus dari hidung berwarna hijau
– Batuk yang tidak kunjung sembuh dan menjadi parah pada cuaca dingin atau malam hari
– Kemampuan indra perasa berkurang
– Hidung tersumbat
– Nyeri pada daerah wajah sekitar hidung dan mata
– Sakit kepala menahun dan demam
– Nyeri saat menelan

Penyakit sinusitis terjadi bila terjadi penumpukan cairan pada rongga sinus. Secara alamiah, cairan ini dikeluarkan oleh mekanisme rambut halus (silia) yang mendorong cairan mukus keluar dari rongga sinus. Bila terjadi kerusakan pada rambut halus ini maka timbullah penyakit sinusitis. Salah satu penyebab rusaknya rambut halus silia ini adalah menghisap asap rokok yang berkepanjangan.

Selain penyebab sinusitis diatas, penyebab lain dari penyakit ini adalah dikarenakan oleh alergi. Untuk membedakannya, penderita akan mengalami gejala lain seperti misalnya gatal pada mata, dan bersin-bersin.

Bila anda mengalami gejala penyakit sinusitis seperti diatas, sebaiknya segera menghubungi dokter THT untuk hasil diagnosis yang lebih akurat dengan melakukan pemeriksaan fisik yang dilakukan dokter. Biasanya, untuk analisis lebih lanjut, pasien diminta untuk pemeriksaan menggunakan CT Scan dan MRI. Selain itu bisa juga dilakukan metode Rhinoskopi, yaitu pemeriksaan rongga hidung dengan menggunakan suatu alat yang dimasukkan untuk melihat lokasi sumbatan ostia. Hal lain yang sering dilakukan adalah analisa laboratorium terhadap cairan ingus untuk mengetahui jenis infeksi yang diderita.

Silahkan berlanjut ke artikel kami yang lain yaitu penyakit sinusitis dan pengobatannya. Mudah-mudahan informasi mengenai gejala sinusitis diatas bisa membantu anda untuk diagnosa lebih awal.

Advertisement
Gejala Penyakit Sinusitis dan Pengobatannya | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami