Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Gunung Slamet Meletus Mengeluarkan Asap Unik, Masyarakat Menyebutnya “Romo Bebek”

Advertisement

Bungkusdah – Gunung Slamet Meletus Mengeluarkan Asap Unik, Masyarakat Menyebutnya “Romo Bebek – Aktrivitas Gunung Slamet yang ada di Jawa Tengah beberapa hari terakhir mengalami peningkatan. Gunung Slamet kembali menggeliat dengan mengeluarkan letusan debu vulkanik yang disertai suara dentuman, kepulan asap dan berkali kali melontarkan lava pijar. Warga disekitar Gunung Slamet diminta untyuk tetap waspada terhadap aktivitas Gunung Slamet. Status Gunung Slamet kini masih berada dalam status siaga.

Gunung-Slamet-Meletus-Mengeluarkan-Asap-Uni-Masyarakat-Menyebutynya-Romo-Bebek

Gunung-Slamet-Meletus-Mengeluarkan-Asap-Unik,Masyarakar-Menyebutnya-Romo-Bebek

Fenomena yang unik terjadi disela-sela meningkatnya aktivitas magma di Gunung Slamet, yaitu dengan munculnya kepulan asap menggumpal yang  melingkar membentuk cincin dan penampakan awan yang  unik yang menyerupai seekor bebek. Fenomena aneh ini terjadi pada hari Kamis 11 September 2014 sekitar pukul 12.445 WIB setelah terdengar suara dentuman dan lontaran lava pijar dari kawah Gunung Slamet. Fenomena unik itu dilihat oleh banyak warga, pengamat dan juga pengunjung di Pos Pengamatan Gunung Slamet yang ada di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Pemalang. Gunung Slamet Meletus Mengeluarkan Asap Unik, Masyarakat Menyebutnya “Romo Bebek

Fenomena ini cukup menghebohkan masyarakat sekitar Gunung Slamet. Masyarakat mengelus dada sambil melafalkan” astaghfirullah dan subhanallah, masyarakat yang menyaksikan fenomena aneh ini sangat terkejut,terkesima, takjub sekaligus memunculkan tanda tanya tersendiri. Kemunculan asap putih tebal berbentuk bulat (cincin asap) yang  cukup besar dan dibawah cincin asap ada asap yang berbentuk menyerupai bebek sehingga disebut dengan “angel of duck”.

Kemunculan asap berbentuk menyerupai bebek juga pernah terjadi pada 15 Maret 2014, namun bedanya tidak terdapat asap cincin diatasnya. Masyarakat mengaitkan dengan cerita rakyat dan mitos mengenai penguasa Gunung Slamet. Masyarakat mempercayai kemunculan asap yang membentuk bebek merupakan sebuah gambaran dan tanda-tanda akan terjadi sesuatu dengan Gunung Slamet.

Gunung-Slamet-Meletus-Mengeluarkan-Asap-Unik-Masyarakat-Menyebutnya-Romo-Bebek

Gunung-Slamet-Meletus-Mengeluarkan-Asap-Unik-Masyarakat-Menyebutnya-Romo-Bebek

Gunung Slamet Meletus Mengeluarkan Asap Unik, Masyarakat Menyebutnya “Romo Bebek Kalau di Gunung Merapi sangat terkenal dengan mitos “mbah petruk” yang waktu sebelum meletus sempat mengeluarkan asap berbentuk tokoh punokawan dalam pewayangan yang bernama petruk. Petruk dianggap sebagai penguasa Gunung Merapi. Begitu juga dengan Gunung Slamet.

Masyarakat sekitar Gunung Slamet mempercayai adanya “Romo Bebek” yang menjadi penguasa di Gunung Slamet. Menurut mitos yang beredar di masyarakat Gunung Slamet, Romo Bebek ini merupakan anak asuh  kalau dalam bahasa Jawa “angonan’ atau asuhan dari Kyai Slamet yaitu yang menjadi nama Gunung Slamet itu sendiri. Menurut mitos, Kyai Slamet diibaratkan sebagai Tumenggung dari penguasa pantai selatan yaitu Ibu Ratu Kidul.

Menurut Sukedi pengamat dari Pos pengamatan Gunung Slamet, dirinya juga melihat fenomena asap menyerupai bebek. Dan dari hasil pengamatannya, Gunung Slamet memang sedang mengalami peningkatan aktivitas magma dan terjadi letusan laya pijar dan abu vulkanik, dentuman yang terdengar keras hingga radius 17 km bahkan kaca-kaca rumah bisa bergetar karena sura dentuman dari aktivitas Gunung Slamet.

Advertisement
Gunung Slamet Meletus Mengeluarkan Asap Unik, Masyarakat Menyebutnya “Romo Bebek” | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami