Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Gunung Slamet : Status Waspada

Advertisement

Gunung Slamet : Status Waspada – Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dan tertinggi nomor  dua di Pulau Jawa. Gunung Salmet mempunyai ketinggian 3.428 meter diatas permukaan laut. Gunung Slamet terletak di perbatasan dar beberapa kabupaten antara lain, Kabupaten Brebes, Tegal, Pemalang, Purbalingga dan Banyumas, Jawa Tengah.

Gunung Slamet : Status Waspada

Gunung Salmet : Status Waspada

Gunung Slamet seperti gunung-gunung  lain di pulau, terbentuk akibat subduksi Lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia. Gunung Slamet di Jawa Tengah tercatat masih aktif dan masih mengalami erupsi-erupsi dalam skala kecil. Aktivitas terakhir Gunung Slamet yaitu pada Mei-Juni 2009.

Gunung Slamet : Status Waspada

Gunung Slamet : Status Waspada

Nama Gunung Slamet sangat populer dikalangan pendaki gunung karena medan yang sangat sulit dan kondisi kabut yang sangat mudah berubah-ubah. Selain itu sepanjang rute pendakian tidak ditemukan air, jadi para pendaki disarankan untuk membawa persediaan air sendiri dari bawah.Gunung Slamet : Status Waspada

Gunung Slamet : Stastus Waspada

Gunung Slamet : Status Waspada

Gunung Slamet kembali mengalami peningkatan aktivitas vulaknik sejak Selasa 11 Maret 2014 . Sejak malam hingga pagi tercatat ada 244 hembusan asap dan terjadi 10 kali gempa vulkanik. Dan pada hari Rabu 12 Maret 2014 pada pagi sekitar pukul 07.00 kawah Gunung Slamet kembali melontarkan letusan abu vulakni setinggi 1 kilometer yang mengarah ke Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes.

Gunung Slamet : Status Waspada

Gunung Slamete : Status Waspada

Sementara para pendaki yang berangkat pada Senin petang berhasil di evakuasi oleh tim gabungan SAR dan TNI. Para pendaki Gunung Slamet yang berjumlah 19 orang berasal dari Jakarta saat ditemukan sedang berada di radius 2 kilometer dari kawah Gunung Slamet.

Gunung Slamet : Satatus Waspada

Gunung Slamet : Status Waspada

Menurut penuturan Sureto Sekretaris  Desa Kotayasa, Kecamatan Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah bahwa pada Minggu (09 Maret 2014)  sekitar pukul 22.00 sempat terdengar suara dentuman yang sangat keras. Namun para warga mengira bahwa itu adalah suara halilintar karena sat itu sedang turun hujan.

Gunung Salamet : Status Waspada

Gunung Slamet : Staus Waspada

Gunung Slamet : Status Waspada . Hujan abu terjadi pada Senin 10 Maret 2014 sekitar pukul 18.00 namun tidak tebal. Untuk mengantisipasi kemungkinan naiknya starus aktivitas Gunung Slamet, pemerintah Kabupaten Purbalingga,Jawa Tengah Sudah menyiapkan jalur evakuasi dan posko pengungsian. Meskipun aktivitas menurun namun pantauan dan pengamatan masih terus dilakukan melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG ). dan masyarakat sekitar Gunung Slamet dihimbau untuk tetap waspada jika sewaktu-waktu terjadi kenaikan status Gunung Slamet.

Topik yang dicari:

status gunung slamet
Advertisement
Gunung Slamet : Status Waspada | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami