Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Ingin Investasi Emas Dengan Sistem Beli – Gadai? Baca Dulu Ini

Advertisement

Ingin Investasi Emas Dengan Sistem Beli – Gadai? Baca Dulu Ini-Bungkusdah.comMungkin anda tertarik dengan investasi emas dengan cara cicil pada salah satu bank dan kemudian menyimpannya di bank dengan sistem gadai. Akan tetapi anda ragu dengan invetasi emas dengan cara beli- gadai tersebut dan anda takut emas anda justru akan hilang. Masih banyak orang yang belum memahami tujuan investasi dan membeli sesuatu yang katanya untuk investasi. Kebanyakan orang masih berorientasi pada keuntungan jangka pendek dan sering membeli sesuatu dengan tujuan investasi hanya karena iming-iming yang ditawarkan. Sedangkan kadang-kadang iming-iming yang ditawarkan tidak sesuai dengan profil keuangan dan juga resiko yang mungkin akan dihadapi.

Ingin-Investasi-Emas-Dengan-Sistem-Beli-Gadai?-Baca-Dulu-Ini

Perlu anda ketahui sebelum anda memutuskan untuk melakukan invetasi menas dengan sistem beli gadai ini bahwa investasi emas dengan cara beli dan kemudian anda digadaikan di suatu bank, sistem investasi ini adalah sistem investasai yang tergolong investasi non konvensional.Baca Juga: Tips Investasi Saham Bagi Pemula

Sebagai gambaran misalnya anda membeli emas seberat 10 gram dengan asumsi harga emas per gram Rp 500.000,- berarti modal anda adalah Rp 5 juta. Kemudian emas tersebut anda gadaikan dan mendapat uang Rp 4 juta dengan asumsi 80-% dari jaminan (5.000.000×80%=4.000.000). Dengan uang sebesar Rp 4juta ini kemudian anda belikan lagi emas dengan menambahkan uang Rp 1 juta maka anda akan mendapatkan lagi emas seberat 10 gram. Kemudian anda gadaikan lagi Rp 4 juta dan anda beli lagi begitu seterusnya hingga misal emas anda sudah mencapai 50 gram.

Dengan sistem investasi emas dengan cara beli-gadai ini berarti anda hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 9 juta untuk emas seberat 50gram yang sedangkan dalam sistem konvensional untuk membeli emas seberat 50 gram anda harus mengeluarkan uang Rp 25 juta.

Saat ini banyak bank-bank termasuk juga bank syariah yang menawarkan sistem investasi emas seperti ini.Yang menjadi pertanyaan yang harus anda jawab sendiri adalah sudahkan anda memperhitungkan dengan seksama berapa besar biaya gadai yang dibebankan kepada anda selama emas tersebut anda gadaikan dan berapa lama waktu anda untuk bisa melunasi emas yang anda gadaikan tersebut. Pertanyaan seperti kadang tidak terpikirkan oleh masyarakat karena sudah tergiur dengan gambaran keuntungan dalam jangka pendek.

Memang dalam jangka yang sangat pendek harga emas bisa meningkat hingga 30 % dan keuntungan akan terrealisasi. Akan tetapi jika melihat dari tren harga emas dalam beberapa tahun ini kenaikan harga emas hingga 30% sangata jarang terjadi apalagi dalam waktu yang singkat. Dan apabila kenaikan harga emas dalam waktu singkat tidak sesuai dengan harapan maka investasi emas dengan sistem beli – gadai ini maka biaya rutin penggadaian ini akan membebadi cas flow bulanan anda.Baca juga : Tips Siap Menghadapi Resiko Investasi

Dan jika beban cas flow bulanan anda terlalu berat dan biaya gadai tidak bisa anda bayarkan maka keuntungan yang selama ini anda harapkan hanya akan menjadi angan-angan saja. Yang perlu diperhatikan dan dikhawatirkan terhadap sistem beli – gadai emas ini adalah pola pikir masyarakat itu sendiri terhadap investasi emas. Sistem investasi emas dengan segala macam modelnya saat ini menjadi primadona saat ini hanya didasarkan pada keuntungan dalam jangka pendek jadi anda harus benar-benar memperhitungkan dengan seksama sebelum anda mengikuti investasi emas dengan sistem non konvensional tadi.

Sebagaimana kita ketahui bahwa orang membeli emas untuk disimpan secara konvensional (investasi emas secara konvensional)dan salah satu tujuannya adalah untuk diversifikasi aset masih menjadi cara yang ideal. Emas bisa berfungsi hedging yaitu menjadi pelindung dari aset investasi yang sudah ada.Ingin Investasi Emas Dengan Sistem Beli – Gadai? Baca Dulu Ini

Advertisement
Ingin Investasi Emas Dengan Sistem Beli – Gadai? Baca Dulu Ini | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami