Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Ingin Sehat? Atur Menu Makanan Sehat Anda!

Advertisement

Bungkusdah – Ingin Sehat? Atur Menu Makanan Sehat Anda! – Membuat menu makanan sehat merupakan cara terbaik menjalani gaya hidup sehat. Makan bukanlah sekedar memasukkan makanan ke dalam perut hanya untuk memenuhi tuntutan perut yang sedang keroncongan. Makanan yang baik juga bukan sekedar memenuhi kebutuhan selera lidah, sehingga makan akan makin lahap dengan cita rasa yang lezat.

Ingin-sehat?-Atur-Menu-Makanan-Sehat-Anda!

Ingin-Sehat?-Atur-Menu-Makanan-Sehat-Anda!

Jika anda menginginkan tubuh yang sehat, maka sudah saatnya anda benar-benar memperhatikan ragam makanan yang masuk ke dalam perut anda. Pengenalan terhadap makanan maupun kandungan nutrisinya merupakan langkah untuk menyusun menu makanan sehat yang anda butuhkan. Lantas bagaimana kita menyusun menu makanan sesuai kebutuhan kesehatan, berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Ingin Sehat? Atur Menu Makanan Sehat Anda!

  1. Pola Menu Sehat

Kita mungkin pernah mendengar konsep makanan 4 sehat dan 5 sempurna. Konsep ini sebenarnya merupakan prinsip dasar dalam membuat menu makanan sehat yang paling mudah. Anda tak perlu bingung lagi dalam membangun gaya hidup sehat melalui pembuatan menu makanan sesuai dengan konsep dan prinsip tersebut.

Ingin-Sehat?-Atur-Menu-Makanan-Sehat-Anda!

Ingin-Sehat?-Atur-Menu-Makanan-Sehat-Anda!

        2. Perhatikan Fungsi Makanan

Setiap makanan memiliki fungsi yang berbeda-beda, hal ini terutama berhubungan dengan kebutuhan tubuh. Karena itu menyusun menu makanan sehat setidaknya juga harus memperhatikan 3 fungsinya untuk memenuhi kebutuhan tubuh, yaitu fungsi makanan sebagai sumber zat tenaga, sumber zat pembangun, dan sebagai sumber zat pengatur.  Makanan sebagai sumber zat tenaga antara lain padi-padian, umbi-umbian, atau tepung; makanan sumber zat pembangunan diantaranya makanan jenis kacang-kacangan, daging, telur, makanan hewani maupun produk olahan lainnya; sedangkan makanan sumber zat pengatur diperoleh dari sayuran dan buah-buahan yang kaya dengan mineral dan vitamin.

Ingin-Sehat?-Atur-Menu-Makanan-Sehat-Anda!

Ingin-Sehat?-Atur-Menu-Makanan-Sehat-Anda!

        3. Jumlah dan Frekuensi Makan

Tahukah anda bahwa pola makan 3 kali sehari bukanlah sebuah konsep pola makan yang sehat. Waktu makan yang hanya dibatasi oleh frekuensi sebanyak tiga kali justru tidak memperhatikan kebutuhan tubuh terhadap makan. Padahal kita sudah diberikan alat deteksi terhadap kebutuhan tubuh terhadap makan dengan rasa lapar. Rasa lapar terjadi akibat gesekan dalam lambung yang tak terisi makanan padahal sudah saatnya ada makanan yang mesti digerus. Karena itu, untuk memenuhi kebutuhan makan yang sehat, makanlah saat perut terasa lapar dan berhenti makan sebelum perut terasa kenyang. Pola makan 3 kali sehari lebih merupakan tuntutan industri guna mengatur pembagian jam kerja secara tegas, dan sama sekali tidak berhubungan dengan menu makanan sehat maupun gaya hidup sehat.

Oleh karena itu jika anda Ingin Sehat? Atur Menu Makanan Sehat Anda! dengan memperhatikan hal -hal yang telah disebutkan tadi dalam mengatur menu makanan sehat anda sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda terutama dalam mengatur menu makanan yang sehat bagi anda dan keluarga anda.

Advertisement
Ingin Sehat? Atur Menu Makanan Sehat Anda! | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami