Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Ini Dia! Bedanya Premium, Pertamax dan Pertamax Plus

Advertisement

Bungkusdah – Ini Dia! Bedanya Premium, Pertamax dan Pertamax Plus – Semenjak pemerintah menetapkan kenaikan harga premium dan solar dengan kenaikan sebesar Rp.2000/liter pada 18 November 2014 yang lalu banyak menimbulkan polemik. Masyarakat pemiliki kendaraan baik roda dua maupun roda empat berbondong-bondong dan rela mengantre di SPBU  hingga malam guna mendapatkan harga premium atau solar dengan harga lama.

Kenaikan harga BBM hanya terjadi pada premium dan solar, sedangkan pada pertamax dan pertamax plus tidak mengalami kenaikan. Harga premium dari Rp 6.500,- menjadi Rp. 8.500,- per liter dan harga solar dari Rp 5.500,- menjadiRp 7.500,- per liter. Kenaikan harga premium sebesar Rp 2.000,- membuat selidih  harga antara premium dan pertamax tidak terlalu jauh.

Ini-Dia!-Bedanya-Premium-Pertamax-Dan-Pertamax-Plus

Selidih harga yang tidak terlalu jauh antara premium dan pertamax ini membuat ada beberapa masyarakat yang lebih memilih beralih menggunakan pertamax dengan alasan lebih hemat. Lalu seperti apa sebenarnya perbedaan antara premium, pertamax dan pertamax plus? Ini Dia! Bedanya Premium, Pertamax dan Pertamax Plus yang akan kita kupas satu per satu. Simak baik-baik informasinya yang mungkin bisa sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan bahan bakar apa yang akan anda pakai untuk kendaraan kesayangan anda.

1. Premium

Premium selama ini merupakan bahan bakar minyak yang paling populer karena harga premium yang paling murah daripada pertamax atau pertamax plus dan paling banyak digunakan oleh para pemilik kendaraan bermotor sepeda motor maupun mobil. Premium adalah bahan bakar minyak yang masuk dalam jenis distilat dengan warna agak kekuning kuningan dan jernih. Premium memiliki oktan atau Reseacrh Oktan Number ( RON) yang paling rendah yaitu 88. Dan sejak tahun 2006 premium sudah tanpa timbal sehingga tidak banyak menimbulkan polusi untuk gas buangnya.

Kelemahan Premium

– Penggunaan premium pada mesin yang memiliki kompresi tinggi bisa menyebabkan mesin mengalami knocking an knocking ini mengakibatkan berkurangnya tenaga mesin sehingga menyebabkan inefisiensi atau ketidak efisiennya bahan bakar.

– Jika terjadi knocking yang berkepanjangan maka akan mengakibtkan kerusakan pada piston sehingga kendaraan harus ganti piston yang baru.

– Premium menghasilkan Cox dan Nox yang lebih banyak.

– Prmium menggunakan perwarna tambahan dey.

– Premium memiliki oktan yang paling rendah yaitu 88.

Baca juga http://bungkusdah.com/7-bahan-bakar-alternatif-pengganti-bensin/

2. Pertamax

Pertamax sama halnya denga premium yaitu merupakan bahan bakar minyak yang berasal dari pengolahan minyak bumi. Pertamax dihasilkan dengan menambahkan zat aditif dalam pengolahan di kilang minyak. Pertama kali diluncurkannya pertamax yaitu pada tahun 1999 yaitu sebagai pengganti bahan bakar Premik 98 karena mengandung unsur MTBE yang berbahaya.

Penggunaan bahan pertamax ini direkomendasikan pada pad kendaraan-kendaraan yang diproduksi diatas tahun 1990, terutama bagi kendaraan atau mobil yang sudah menggunakan teknologi injection (EFI) Electronic Fuel Injection. dan catalic converter. Untuk harga pertamax memang lebih mahal daripada harga premium namun tentunya pertamax memiliki kelebihan atau keunggulan daripada premium.

Kelebihan Pertamax

– Pertamax mamapu menerima tekanan pada mesin kendaraan yang memiliki kompresi tinggi sehingga mesin bisa bekerja optimal pada gerakan piston.  Sehingga tenaga yang dihasilkan mesin juga lebih maksimal dan bahan bakar yang digunakan lebih optimal dan lebih efisien.

– Pertamax ditujukan untuk kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak tanpa timbal dan memiliki oktan yang tinggi.

– Pertamax memiliki nilai oktan lebih tinggi daripada premium yaitu dengan bilai oktan 92.

– Menghasilkan Cox dan Nox yang lebih kecil daripada premium.

– Pertamax mengandung ethanol sebagai peningkat nilai oktan.

3. Pertamax Plus

Pertamax Plus merupakan bahan bakar minyak yang lebih baik daripada premium dan pertamax. Pertamax Plus sudah memenuhi strandar International IWWEC ( International World Wide Fuel Charter). Pertmax Plus adalah bahan bakar yang ditujukan untuk kendaraan dengan rasio kompresi minimal 10,5 , menggunakan tekonologi EFI (Elektronic Fuel Injection), VTI, VVTI (Variable Valve Timming Intelligent, Catalic Converter dan Turbo Charger.

Kelebihan atau Keunggulan Pertamax Plus

– Pertamax Plus mampu menerima tekanan mesin dengan kompresi tinggi sehingga bisa berkerja secara maksimal pada piston dan tenaga juga lebih maksimal. Pemakaian bahan bakar pertamax plus juga lebih optimal daripada pertamax.

– Penggunaan bahan bakar pertamax plus juga mampu membersihkan timbunan deposit pada ruang bakar, inlet valve dan  fuel injection yang bisa menyebabkan turunnya performa mesin.

– Pertamax plus juga bisa melarutkan air yang ada dalam tangki bahan bakar sehingga mencegah munculnya karat dan korosi pada sakuran bahan bakar dan juga tangki bahan bakar.

– Pertamax plus ditujukan untuk kendaraan memiliki performa dan teknologi tinggi serta ramah lingkungan.

– Pertamax plus memiliki nilai oktan yang lebih tinggi daripada pertamax yaitu 95.

– Pertamax Plus menghasilkan Cox dan Nox yang palinmg sedikit daripada premium dan pertamax.

– Mengunakan Toluene sebagai peningkat nilai oktan.

Ini Dia! Bedanya Premium, Pertamax dan Pertamax Plus Dan sekarang sudah tahuh kan ada perbedaan premium,pertamax dan pertamamax plus sehingga anda bisa menyesuaikan penggunakan bahan bakar untuk kendaraan atau mobil anda.

Advertisement
Ini Dia! Bedanya Premium, Pertamax dan Pertamax Plus | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami