Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Inilah 100 Manfaat Kacang Hijau

Advertisement

Bungkusdah.com – Manfaat Kacang Hijau. Alam memberikan banyak manfaat bagi kita. Bila kia kaji lebih dalam, banyak sekali khasiat bahan-bahan alami bagi tubuh. Bila sebelumnya kita membahas tentang manfaat madu, kali ini kita menguak manfaat kacang hijau. Kacang hijau merupakan bahan yang mudah kita peroleh baik di pasar tradisional maupun swalayan. Kacang hijau merupakan termasuk dalam klasifikasi polong polongan(fabaceae) yang banyak tumbuh didaerah tropis. Biasanya, kacang hijau diolah menjadi penganan bubur atau lainnya. Ternyata menurut penelitian, kacang hijau banyak mengandung nutrisi terutama vitamin dan protein. Dibawah ini adalah kandungan nutrisi dan manfaat kacang hijau.
manfaat kacang hijau
Kandungan Kacang Hijau

– Protein
Kacang hijau mengandung protein nabati sebanyak 7 gr/100 gr dimana banyak mengandung asam amino lengkap yang baik untuk perkembangan syaraf dan otak.

– Serat
Serat didalam kacang hijau sebanyak 7,6 gr/100 gr. Seperti kita ketahui bahwa serat dibutuhkan tubuh untuk melancarkan sistem pencernaaan dan mencegah konstipasi.

– Karbohidrat
Kacang hijau mengandung hanya sedikit karbohidrat yaitu sebanyak 19 gr/100 gr. Hal ini membuat kacang hijau cocok untuk penderita diabetes dan diet karbohidrat.

– Asam lemak esensial
Asam lemak yang terkandung dalam kacang hijau adalah omega-3 (0,9 mg/100 gr) dan omega-6 (119 mg/100 gr) dimana asam lemak ini sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

– Vitamin dan Mineral
Sungguh luar biasa kandungan vitamin dalam kacang hijau seperti vitamin B1 (thiamin), riboflavin, B6, asam pantothenat, serta niasin. Selain itu kandungan mineralnya juga sangat tinggi seperti potassium, phosphorus (99 mg), manganese (48 mg), kalsium (27 mg), magnesium (0,3 mg), besi (1,4 mg), zinc (0,8 mg), selenium (2,5 µg). Vitamin dan mineral ini membantu meningkatkan energi dan metabolisme serta bagus untuk pertumbuhan anak-anak.

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

– Menurunkan Kolesterol
Kandungan kacang hijau yang kaya akan omega 3 dan serat sangat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan mengkonsumsi kacang hijau secara rutin tiap hari, maka dapat digunakan sebagai terapi alami dalam menurunk kolesterol.

– Anti Kanker
Kacang hijau yang kaya akan antioksidan merupakan obat alami untuk mencegah pertumbuhan kanker dan membantu memnghambat sel-sel kanker tertentu termasuk yang ditemukan pada kanker payudara.

– Pasca Menopause
Kandungan Isoflavon dalam kacang hijau yang bersifat estrogenik alami sangat baik untuk perempuan yang sedang mengalami masa menopause.

– Diabetes
Kandungan karbohidrat yang rendah membuat kacang hijau tergolong sebagai makanan dengan indeks glikemik rendah, berarti ia makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

– Ibu Hamil dan Menyusui
Ibu hami dan menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau karena kaya akan nutrisi terutama asam folat yang membantu perkembangan sistem syaraf serta membantu proses tumbuh kembang janin secara sempurna.

Demikianlah informasi mengenai manfaat kacang hijau, jadi mari kita rame-rame makan kacang hijau biar sehat.

Advertisement
Inilah 100 Manfaat Kacang Hijau | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami