Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Inilah 5 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Mempunyai Mitos Menarik enarik

Advertisement

Indonesia adalah negara yang terdiri dari banyak pulau dan masing mempunyai  kebudayaan dan adat yang beragam. Selain budaya dan adat Indonesia juga memiliki tempat-tempat yang indah yang menjadi faforit para wisatan baik domestic maupun mancanegara. Tempat tempat wisata di Indonesia banyak yang memiliki cerita-cerita menarik atau mitos-mitos yang masing dipercaya oleh masyarakat. Berikut 5 tempat wisata yang mempunyai mitos yang menarik.

1. Pohon Beringin Kembar Yogyakarta

Inilah 5 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Mempunyai Mitos Menarik

Inilah 5 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Mempunyai Mitos Menarik

Daerah Istimewa Yogyakarta selain terkenal sebagai kota budaya,kota pendidikan,kota gudeg, Yogyakarta juga mempunyai 2 pohon beringin yang mempunyai mitos yang cukup terrkenal.

Inilah 5 Tempat Wisata Di Indonesia yang Mempunyai Mitos Menarik

Inilah 5 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Mempunyai Mitos Menarik

Pohon beringi kembar ini terletak di tengah tengah Alun-Alun Selatan tidak jauh dari Keraton Yogyakarta. Disana anda akan melihat banyak orang yang berjalan di antara pohon kedua pohon beringin dengan mata tertutup. Mitos yang berkembang bahwa siap yang berjalan diantara kedua pohon beringin tersebut dengan mata tertutup maka permintaanya akan dikabulkan.

Pohon ini sudah ada sejak zaman Sri Sultan Hamengkubuwono I,dikabarkan bahwa pohon beringin kembar ini bertuah, barang siapa yang hatinya bersih maka dia akan mampu berjalan diantara kedua pohon beringin tersebut. Bagi yang tidak jujur atau curang maka orang tersebut akan dihantui oleh hal-hal gaib. Saat malam Alun Alun Selatan ramai dengan pengunjung dan pedagang jajanan.

2. Tanjakan Cinta Gunung Semeru, Ponorogo

Inilah 5 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Mempunyai Mitos Yang Menarik

Inilah 5 Temapt Wisata Di Indonesia Yang Mempunyai Mitos Menarik

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa. Gunung Semeru mempunyai pemandangan yang sangat indah. Salah satu mitos yang menarik dari Gunung Semeru adala tanjakan cinta. Yaitu sebuah jalur pendakiansetealh Pos Ranu Kumbolo menuju Oro-Oro Ombo. Mitos tanjakan cinta muncul dari sebuah cerita, pernah ada sepasang kekasih yang akan mendaki bukit tersebut, sang lelaki berhasil melewati tanjakan tersebut sedangkan sang wanita tidak kuat mendaki tanjakan tersebut kemudian sang wanita pingsan dan akhirnya meninggal.

Mitos yang berkembang dimasyarakat, siapa saja yang memikirkan kekasihnya yang melewati tanjakan cinta tersebut tanpa menoleh ke belakang maka dia akan berjodoh dan cintanya akan abadi.

3. Mitos Memakai Baju Hiaju Di Pantai Selatan

Inilah 5 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Mempunyai Mitos Yang Menarik

Inilah 5 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Mempunyai Mitos Yang Menarik

Pantai selatan terbentang sangat luas sepanjang pulau Jawa mulai dari Pelabuhan Ratu Jawa Barat,Pantai Selatan Yogyakarta hingga Semenanjung Purwa ujung timur Pulau Jawa.

Mitos yang beredar seputar larangan untuk memakai baju hijau dipercaya oleh orang Sunda,Jawa Barat hingga orang Bali ujung timur Jawa. Siapa saja yang berkunjung ke Pantai Selatan dan memakai baju warna hijau maka dia kan terseret oleh ombak Pantai Selatan. Larangan memakai warna hijau karena Ratu Pantai Selatan  Nyai Roro Kidul menyukai warna hijau yang melambangkan kehidupan.

4. Tetesan Air Mutiara Gua Pindul.Gunung Kidul.Yogyakarta

Inilah 5 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Mempyuyai Mitos Yang Menarik

Inilah 5 Tempat Wisata Di Indonesia yang Mempunyai Mitos Yang Menarik

Kabupaten Gunung Kidul.Yogyakarta banyak mempunyai tempat wasata gua dan pantai yang indah. Salah satu mitos yang terkenal adalah Air Muitara Gua Pindul. Gua Pindul terletak di desa wisata Bejiharjo. Gua Pindul adalah tempat wisata bawah tanah.

Inilah 5 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Mempunyai Mitos Yang Menarik

Inilah 5 Tempat Wisata di Indonesia Yang mempunyai Mitos Yang Menarik

Di Gua Pindul terdapat tetesan air yang disebut oleh banyak orang dengan air mutiara. Air mutiara berasal dari embun yang menggantung di atap gua. Embun yang alami sesekali menetes dan dipercaya berkhasiat membuat awet muda bagi siapa saja yang menangkap tetesan air mutiara.

5. Candi Prambanan

Inilah 5 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Mempunyai Mitos Yang Menarik

Inilah 5 Tempat Wisata di Indonesia Yang Mempunyai Mitos Yang Menarik

Candi Prambanan terletak di pinggir Yogyakarta. Candi Prambanan adalah komplek  candi Hindu yang menjadi situs peninggalan dunia.

Mitos yang berkembang seputar Candi Prambanan berasal dari legenda Roro Jonggrang yang meminta syarat pinangan Bandung Bondowoso unutk membuatkan seribu candi hanya dalam waktu satu malam saja. Karena Roro Jonggrang tidak mencintai Bandung Bondowoso maka Roro Jonggrang menyiasati agar pembuatan seribu candi tidak berhasil. Dan akhirnya Bandung Bondowoso marah dan mengutuk Roro Jonggrang.

Kutukan Bandung Bondowoso ini akhirnya dipercaya menjadi mitos bahwa siapa saja yang datang ke Candi Prambanan bersama kekasihnya maka hubungany akan putus di tengah jalan.

Itulah tadi 5 tempat wisata di Indonesia yang mempunyai mitos yang menarik dan masih berkembang di masyarakat.

Topik yang dicari:

tanjakan tertinggi di indonesia,jalan tanjakan tertinggi di indonesia,tanjakan tertinggi di jawa,jalan tanjakan tertinggi di pulau jawa,JalanTanjakan tertinggi di jatim
Advertisement
Inilah 5 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Mempunyai Mitos Menarik enarik | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami