Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Inilah Fakta Seputar Virus Ebola

Advertisement

Bungkusdah – Inilah Fakta Seputar Virus Ebola – Kabar adanya pasien di Rumah Sakit Umum Daerah dr Soedono, Madiun, Jawa Timur yang diduga terjangkit virus ebola cukup membuat heboh. Pasien yang berinisial M yang baru pulang dari Liberia masuk rumah sakit karena mengalami demam tinggi, penuruna trombosit dan gangguan pada ginjal. Dugaan sementara pasien menderita malaria. Dan sekarang sampel uji laboratorium pasien dibawa ke Jakarta untuk di teliti lebih lanjut.

Inilah-Fakata-Seputar-Virus-Ebola

Inilah-Fakta-Seputar-Virus-Ebola

Penyakit demam berdarah ebola atau ebola hemorrhagic fever adalah penyakit yang disebabkan serangan virus ebola. Gejala yang muncul dalam 2 hari hingga 3 minggu setelah terjangkit virus ebola adalah sakit pada tenggorokan, demam yang tinggi dan disertai dengan mual dan muntah,sakit kepala, nyeri otot,diare dan menurunnya fungsi ginjal dan lever.

Virus ebola awalnya muncul dan mewabah di Afrika Barat, Sierra Leone,Guinea dan Liberia. Menurut catatan dan WHO ada 13.703 orang yang terjangkit ebola, kecuali 27 kasus, dan kurang lebih 5.000 pasien yang terjangkit virus ebola meninggal dunia. Virus ebola ini cukup mengkhawatirkan karena penyebarannya yang sangat cepat. Tercatat 2 warga Spanyol dan 1 warga Amerika Serikat meninggal dunia akibat terjangkit virus ebola. Dan  Inilah Fakta Seputar Virus Ebola yang perlu anda ketahui.

Virus ebola sangat berbahaya karena 50% hingga 90% pasien yang terjangkit virus ebola nyawanya tidak tertolong dan penyebarannyapun terhitung sangat cepat.

Inilah-Fakta-Seputar-Virus-Ebola

Inilah-Fakta-Seputar-virus-Ebola

Penyebaran Virus Ebola

Metode penyebaran virus ebola ada kemungkinan berasal dari daging binatang liar atau buah yang sudah terinfeksi virus ebola. Penyebaran atau penularan virus ebola melaui kontak atau sentuhan dengan manusia atau binatang yang terinfeksi ebola, ebola juga bisa ditularkan melalui darah yang terinfeksi,hubungan seksual,tinja dan urine, kontak dengan peralatan yang terkontaminasi virus ebola, kontak dengan jenazah pengidap ebola. Dan bahkan seorang laki-laki yang sudah sembuh dari penyakit ebola masih bisa menularkan virus ebola hingga 7 pekan dari setelah dia sembuh melalui air mani atau sperma. Akan tetapi virus ebola tidak bisa menular atau menyebar melalui udara, air atau makanan.

Penular Virus Ebola

Dari hasil penyelidikan dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa inang virus ebola adalah kelelawar atau codot pemakan buah-buahan. Selain itu virus ebola bisa ditularkan atau disebarkan oleh manusia, antelope hutang,primata seperti monyet, kera dan primata lainnya.

Gejala Penyakit Ebola

Gejala-gejala yang bisa dilihat dari orang yang sudah terjangkit virus ebola antara lain : pendarahan, demam tinggi, muntah yang kadang disertai darah, diare yang kadang diserai darah, nyeri sendi dan ruam kulit. Dan hampir 50 persen kasus penyakit ebola, pendarahan juga melibatkan pada organ dalam dan lapisan kulit dalam  seperti hidung,vagina,saluran pencernaan dan juga gusi.

Pencegahan Virus Ebola

Untuk mencegah dan menghindari virus ebola dengan membiasakan hidup bersih, dari menjaga kebersihan tubuh,rumah dan lingkungan sekitar. Memakan makanan yang sudah dimasak dengan baik. Dan jika virus ebola sudah mewabah gunakanlah pakaian pelindung khusus.

Itulah tadi beberapa informasi  Inilah Fakta Seputar Virus Ebola yang dapat bungkusdah bagikan kepada anda. Semoga virus ebola bisa segera diatasi dan tidak menyebar ke berbagai negara di dunia. Dan semoga pasien Rumah Sakit Umum Daerah dr Soedono, Madium,Jawa Timur yang berinisial M tidak menderita penyakit ebola.

Advertisement
Inilah Fakta Seputar Virus Ebola | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami