Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Isu Akan Ada Gempa 8 SR Di Kawasan Gunung Slamet

Advertisement

Bungkusdah – Isu Akan Ada Gempa 8 SR Di Kawasan Gunung Slamet – Beredarnya kabar akan terjadi gempa  dahsyat dengan kekuatan sebesar 8 skala richter di kawasan Gunung Slamet membuat warga resah. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geosfisika (BMKG) menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik. BMKG meminta masyarakat untuk tidak mempercayai adanya isu-isu yang tidak jelas asal usul dan kebenarannya tersebut.

Isu-Akan-Ada-Gempa-8-SK-Di-Kawasan-Gunung-Slamet

Isu-Akan-Ada-Gempa-8-SK-Di-Kawasan-Gunung-Slamet

Adanya isu yang beredar melalui layanan broadcast melalui jaringan blackberry messenger yang mengabarkan akan terjadi gempa besar yang akan mengguncang kabupaten Pemalang, Brebes, Tegal,Purbalingga dan Banyumas terkait dengan aktivitas vulkanik Gunung Slamet yang masih berada dalam status siaga. Kabar ini membuat beberapa warga yang mendengar kabar tersebut menjadi takut dan panik.

Masyarakat diharapkan tetap tenang dan tetap waspada dan jangan mudah percaya dengan isu-isu yang belum pasti kebenarannya. Teguh Wardoyo Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap menyatakan, bahwa gempa tidak bisa diprediksi kapan terjadinya dan seberapa besar kekuatannya, Oleh karena itu masyarakat jangan percaya dengan adanya kabar akan terjadi gempa hebat berkekuatan 8 skala richter. Itu adalah isu atau kabar bohong (hoax).  Teguh Wardoyo jugan menegaskan bahwa BMKG tidak pernah menyebarkan kabar atau isu tersebut.Isu Akan Ada Gempa 8 SR Di Kawasan Gunung Slamet

Isu-Akan-Ada-Gempa-8-SK-Di-Kawasan-Gunung-Slamet

Isu-Akan-Ada-Gempa-8-SK-Di-Kawasan-Gunung-Slamet

Rudi Setiawan Koordinator Wilayah III Seacrh adn Rescue Daerah Jawa Tengah, menghimbau kepada masyrakat agar tetap tenang dan tidak mudah terpancing terhadap berbagai isu mengenai Gunung Slamet. Rudi Setiawan meminta kepada masyarakat kalau membutuhkan informasi yang benar dan resmi, masyarakat silahkan menghubungi posko.

Mengenai kabar terjadinya kebakaran hutan, Rudi Setiawan menyatakan bahwa kebakaran yang terjadi hanya berupa spot-spot kecil dan masih berada dalam batas padang savana dan tidak menjangkau hingga batas vegetasi.

Isu Akan Ada Gempa 8 SR Di Kawasan Gunung Slamet Sementara itu warga Kota Purwokerto dikejutkan dengan adanya hujan pasir yang terjadi hanya beberapa menit setelah terdengar suara dentuman yang cukup kuat dari Gunung Slamet sekitar pukul 20.05 WIB. Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM Surono, menyatakan berdasrkan data yang didapatkan dari PVMBG dari Pos Pengamatan Gunung Slamet di Desa Gambuhan, Pemalang pada hari Rabu 17 September 2014 dari pukul 06.00 hingga 12.00 WIB Gunung Slamet mengeluarkan letusan abu tebal berwarna abu kehitaman sebanyak delapan kali dengan ketinggian 500-1.000 meter dari puncak Gunung Slamet. Dan terekan 8 kali gempa letusan, 51 kali gempa hembusan dan 2 kali gempa tremor harmonik.

Pada pukul 12.00 -18.00 WIB terjadi 11 kali letusan abu tebal kehitaman dengan ketinggian 700 meter-1.200 meter dan condong ke arah selatan. Letusan disertai pula dengan lontaran lava pijar setinggi 300 – 500 meter. Dan terekam terjadi 29 kali gempa hembusan, 11 kali gempa letusan dan 2 kali gempa tremor garmonik. Dan terdengar  enam kali Gunung Slamet suara mengeluarkan dentuman  dengan intensitas sedang hingga kuat.

Advertisement
Isu Akan Ada Gempa 8 SR Di Kawasan Gunung Slamet | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami