Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Jonas Salk Sang Penemu Vaksin Polio

Advertisement

Bungkusdah – Jonas Salk Sang Penemu Vaksin Polio – Dr. Jonas Salk pada tahun 1955 telah berhasil menemukan vaksin pencegah virus polio yang mewabah di Amerika hingga 58 ribu kasus yang terjadi pada tahun 1952. Dan dari 58 ribu kasus polio, kebanyakan yang terkena polio adalah usia anak-anak. Vaksin yang ditemukan oleh dr. Jonas Salk berhasil mencegah penyebaran virus polio yang mengerikan. Jasa Jonas Salk yang sangat luar biasa diperingati oleh Google dengan tampilan gambar yang menarik di halaman utama sebagai tanda untuk memperingati hari kelahiran Dr. Jonas Salk.

JOnas-Salk-Sang-Penemu-Vaksin-Polio

Jonas-Salk-Sang-Penemu-Vaksin-Polio

Hingga saat ini vaksin hasil temuan virolog dr Jonas Salk masih digunakan untuk melakukan pencegahab terhadap virus polio. Dr Jonas Salk lahir di New york, Amerika Serikat pada tanggal 28 Oktober 1914 dengan nama Jonas Edward Salk. Jonas Edward Salk tumbuh dan berkembang dalam didikan budaya Yahudi karena ayahnya adalah seorang imigran Yahudi yang berasal dari Rusia yang disebut dengan nama Ashkenazi Jewish.

Jonas Salk adalah anak yang memiliki tingkat kecerdasan diatas rata-rata dan pada usia 12 tahun, Jonas dimasukkan ke sekolah khusus anak-anak yang cerdas di Townsend Harris High School dan kemudian melanjtukan ke jenjang kuliah di City College New York dan berhasil memperoleh gelar Bachelor of Science.Jonas Salk Sang Penemu Vaksin Polio

Jonas Salk yang memiliki keunggulan lebih dibidang akademik memilih keluar dari perkumpulan teman-teman sebayanya karena Jonas SalkĀ  ingin melakukan eksperimen medis lebih mendalam lagi. Dan Jonas pun tidak tertarik dengan cita-cita menjadi seorang dokter seperti cita-cita teman-temannya.

Hingga akhirnya Jonas Salk memutuskan untuk menjalankan laboratorium sumbangan dari Dekan University of Pittsburg School of Medicine yang bernama William Mc Ellory pada tahun 1947. Pada awalnya Jonas Salk meneliti virus influenza yang menyerang pada perang dunia pertama. Dan sambil bekerja di laboratorium, Jonas Salk berusah mengembangkan vaksin untuk melawan virus polio. Berbagai pengujian kerap dilakukan hingga melibatkan 20.000 dokter praktisi dan ahli kesehatan masyarakat,220.000 relawan dan 64.000 pegawai sekolah.

Jonas-Salk-Sang-Penemu-Vaksin-Polio

Jonas-Salk-Sang-Penemu-Vaksin-Polio

Jonas Salk akhirnya berhasil menemukan vaksin anti virus polio dengan menggunakan virus polio itu sendiri untuk melawan virus polio. Bahan antigenik dari hasil penemuan Jonas Salk ini mampu menghasilkan sistem kekebalan yang aktif untuk melawan penyakit dan mampu mengurangi dan mencegah infeksi organisme. Dan vaksin ini dengan vaksin polio.

Sebagai bahan uji coba pertama, Jonas Salk menggunakan hewan di laboratoriumnya dan berhasil. Uji coba yang ke dua, Jonas Salk melakukan test uji coba kepada anak dan istrinya. Dan kemudian di uji cobakanĀ  kepada para relawan.

Dan akhirnya pada tanggal 22 April 1955 vaksin polio temuan Jonas Salk dinyatakan aman dan sangat efektif oleh Dr. Thomas Francis dari University Michigan. Dan pada tahun 1963 dr. Jonas Salk mendirikan The Jonas Salk Institute for Biological Studies yang berlokasi di La Jolla, California dan hingga saat ini berkembang menjadi sebuah pusat penelitian medis dan juga sains.

Jonas Salk Sang Penemu Vaksin Polio – Hasil karya Jonas Salk kemudian ditulis sendir oleh Jonas Salk dalam beberapa buku yang berjudul Man Unfolding, The Survival of The Wisest,A New Reality dan Anatomy of Reality. Dan Jonas Salk pun tidak pernah mematenkan hasil penemuannya karena Jonas Salk menggangap bahwa vaksin polio itu seperti matahari menjadi milik semua orang.

Dr. Jonas Salk tutup usia pada tanggal 23 Juni 1995 pada usia 80 tahun. Meninggal dunia di La Jolla, California dan di makamkan di El Camino Memorial Park di San Diego.

Advertisement
Jonas Salk Sang Penemu Vaksin Polio | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami