Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Kanker Serviks, Gejala Dan Pencegahannya

Advertisement

Bungkusdah РKanker Serviks, Gejala Dan PencegahannyaKanker serviks atau kanker leher rahim merupakan sejenis kanker yang 99,7 persen disebabkan virus HPV (human papilloma virus) yang menyerang  leher rahim. Kanker serviks merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan sangat membunuh. Kanker serviks ini bermula dari infeksi namun sering tidak disadari oleh penderitanya karena perkembangan dari infeksi HPV (human papilloma virus) hingga menjadi kanker serviks membutuhkan waktu yang cukup lama antara 10 hingga 20 tahun.

Kanker-Serviks-Gejala-Dan-Pencegahanya

Kanker-Serviks-Gejala-Dan-Pencegahannya

Kanker serviks pada stadium awal sulit untuk dideteksi dan bahkan bisa juga pada stadium awal kanker serviks ini tanpa gejala apapun dan sering dianggap oleh masyarakat sebagai kondisi tubuh yang kurang fit saja. Dan pada umumnya gejala-gejala kanker serviks atau kanker leher rahim terjadi sudah pada stadium lanjut. Berikut ini ciri-ciri Kanker Serviks, Gejala Dan Pencegahannya :

1. Pendarahan yang Tidak Normal Pada Vagina

Pendarahan yang terjadi ini muncul dengan tiba-tiba dan tanpa alasan. Jika anda mengalami pendarahan yang abnormal segeralah anda periksakan ke dokter agar bisa segera tertangani dengan baik sebelum terjadi kanker pada leher rahim atau kanker serviks.

2. Keputihan

Keputihan bisa saja menjadi gejala umum kanker serviks. Jika sering terjadi keputihan dan tidak biasa itu bisa merupakan gejala kanker serviks. Segera periksa ke dokter agar keputihan tidak menjalar menjadi kanker serviks.

3. Nyeri atau Sakit Saat Berhubungan Seksual

Anda harus waspada jika terjadi rasa nyeri dan sakit yang tidak biasa atau tidak diinginkan pada saat berhubungan seksual. Karena itu bisa merupakan gejala kanker serviks.

4. Nyeri Panggul

Nyeri yang terjadi pada panggul yang tidak berhubungan dengan aktifitas fisik atau menstruasi bisa menjadi gejala kanker serviks.

5. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Peningkatan frekuensi buang air kecil diluar kehamilan bisa kemungkinan merupakan gejala kanker serviks.

6. Sakit Saat Buang Air Kecil

Kanker-Serviks-Gejala-Dan-Pencegahannya

Kanker-Serviks-Gejala-Dan-Pencegahannya

Jika pada saat buang air kecil terasa sakit dan kesulitan, segera periksa ke dokter dan chek up. Sakit pada saat buang air kecil bisa juga merupakan gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK) bisa juga infeksi pada leher rahim atau kanker serviks.

7. Nafsu Makan Menurun

Penurunan nafsu makan yang terjadi mendadak bisa juga menjdai gejala kanker serviks.

8. Kelelahan

Kelelahan sepanjang waktu dan mudah capek dan stres bahkan ketika beristirahat bisa juga menjadi tanda adanya kanker serviks.

9. Gangguan Pencernaan

Ketika terjadi gangguan pencernaan sembelit yang kronis, sakit saat buang air besar dan bahkan merasa ada benjolan segera periksaka ke dokter. Gangguan pencernaan yang kronis bisa merupakan gejala kanker serviks.

Untuk melakukan pencegahan terhadap kanker serviks bisa dilakukan dengan pemberian vaksninasi dan program skrinning. Vaksin yang diberikan adalah vaksin HPV. Vaksin ini diberikan pada wanita usia 10 – 55 tahun dengan cara disuntikkan sebanyak 3 kali. Cuma sayangnya vaksin HPV ini untuk negara berkembang masih terbilang cukup mahal. Demikian tadi artikel kami mengenai Kanker Serviks, Gejala Dan Pencegahannya yang semoga bisa menambah pengetahuan kepada masyarakat. Dan diharapkan masyarakat bisa lebih waspada terhadap bahaya kanker serviks dan lebih peduli terhadap kesehatan.

Topik yang dicari:

gejala awal kanker serviks,gejala gejala kanker rahim,obat kanker,Tanda tanda kanker mulut rahim,Tanda tanda kanker serviks,tanda turun peranakan,tanda-tanda kanker rahim,tanda-tanda kanker serviks
Advertisement
Kanker Serviks, Gejala Dan Pencegahannya | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami