Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Kapan Harga BBM Naik?

Advertisement

Bungkusdah – Kapan Harga BBM Naik? – Kapan harga BBM naik? Ini pertanyaan yang ada dalam benak warga negara Indonesia yang baru saja memiliki pemerintahan yang baru Presiden Joko Widodo. Isu akan adanya kenaikan harga BBM sudah terdengar lama bahkan sebelum pemilihan presiden.

Apalagi beberapa waktu yang lalu sempat terjadi pembatasan pasokan BBM akibat stock subsidi BBM yang di khawatirkan tidak akan mencukupi hingga akhir tahun 2014. Kebijakan pemerintah baru Presiden Jokowi untuk menaikkan harga bahan bakar minyak sepertinya akan segera direalisasikan mengingat susbidi untuk bahan bakar minyak sudah lima tahun mencapai 1.300 triliun.

Kapan-Harga-BBM-Naik?

Kapan-Harga-BBM-Naik?

Mengenai Kapan Harga BBM Naik? Pemerintahan baru Jokowi akan merealisasikan kebijakan menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan bahwa pemerintah masih mencari waktu yang tetap dan masih mematangkan rencana untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Menurut Menteri ESDM Sudirman Said,jika subsidi BBM tidak dicabut maka negara akan mengalami defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Dan akan terjadi pembengkakan APBN. Oleh karena itu mau tidak mau pemerintah harus berani mengambil kebijakan pahit dengan menaikkan harga BBM. Kebijakan ini juga dirasa berat bagi masyarakat.

Menurut Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia Mohammad Ichsan, menyatakan bahwa masalah kebijakan harga BBM naik memang dibutuhkan, akan tetapi harus mempertimbangkan kondisi politik. Apabila situasi perkembangan politik mendukung,pemerintahan Presiden Jokowi bisa menaikkan harga BBM sebesara Rp 2.000 per liter, dan bisa menaikkan lagi harga BBM pada tahun depan.

Akan tetapi jika situasi dan kondisi politik kurang kondusif, pemerintah bisa menaikkan harga bahan bakar minyak cukup satu kali saja dengan besar kenaikan misalnya Rp 3.000 per liter.

Kapan Harga BBM Naik?  Pemerintah harus mempertimbangkan betul-betul dan harus belajar dari pemerintahan sebelumnya. Dimana pemerintahan sebelumnya pernah merencakan untuk menaikkan harga BBM secara bertahap hingga mendekati harga keekonomian, namun rencana tersebut tidak bisa direalisasikan.

Mengenai kebijakan harga BBM naik, efek atau dampak inflasi sudaj diketahui dari beberapa kajian bahwa dampak inflasi yang terasa berat hanya dalam jangka pendek dan diproyeksikan dalam jangka panjagnya akan lebih stabil.

Advertisement
Kapan Harga BBM Naik? | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami