Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Kapan Seleksi Penerimaan CPNS 2013?

Advertisement

Bungkusdah.com – Kapan Penerimaan CPNS 2013? Seleksi penerimaan CPNS merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh para pencari kerja. Karena mereka berkesempatan untuk mengubah nasib mereka dari seorang penggangguran menjadi PNS. Atau mungkin dari pegawai swasta dengan penghasilan pas-pasan dan kerja ngos-ngosan menjadi pejabat pemerintah yang gajinya sudah dijamin. Untuk tahun 2013, pemerintah berencana untuk melakukan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil untuk jalur pelamar umum pada bulan September. Ada yang berbeda dengan tes penerimaan CPNS tahun ini yaitu diterapkannya Computer Assisted Test (CAT).

Untuk itu saat ini, pemerintah menunggu proses instalasi program CAT di seluruh kantor regionalnya. Setelah proses tersebut dan diuji coba, maka proses tes CPNS bisa dilaksanakan. Untuk keperluan ini, KemenPAN-RB telah memanggil seluruh Sekretaris Daerah (Sekda) dan kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ke Jakarta pada 18 Juli lalu.

Sedangkan penerimaan untuk jalus honorer kategori dua (K2) atau yang pendapatannya tidak diperoleh melalui APBN/APBD, akan dilaksanakan bulan depan atau Agustus tahun ini.

Tes dengan menggunakan sistem CAT dilakukan untuk menghindari penumpukan peserta tes pada satu tempat, karena dengan sistem ini tes dapat dilaksanakan di komputer milik peserta sendiri tentunya dengan koneksi internet. Walaupun diklaim akan sangat efektif namun metode Computer Assisted Test (CAT) ini memiliki keterbatasan. Asisten Deputi Perencanaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB), Arizal, menjelaskan karena keterbatasan sistem CAT, maka pelaksanaan tes CPNS untuk umum kali ini akan dilakukan per regional.”Untuk pusat, dalam sehari yang bisa ikut tes sistem CAT ada 700 orang. Sedangkan daerah hanya 150 orang per hari. Itu sebabnya, jika instansi pusat A dan B total jumlah pelamarnya 800, bisa dites di hari yang sama. Tapi kalau lebih, dites dua hari,” kata dia sebagaimana dikutip situs Kementerian PAN-RB, Senin (15/7/2013).

Dengan metoda CAT ini, peserta tes seleksi penerimaan CPNS akan segera tahu hasil tes mereka dan bisa mengetahui lulus atau tidak. Diharapkan, seleksi penerimaan CPNS dengan sistem baru ini akan didapat hasil yang murni, objektif, dan transparan.

Sistem CAT untuk tes CPNS akan diterapkan, sudah siapkah anda?
Kisi-kisi soal dengan sistem CAT;
– Tes wawasan kebangsaan (TWK)
– Tes intelegensi umum (TIU)
– Tes karakteristik pribadi (TKP)
– Tes kompetensi bidang
Pastikan diri anda siap untuk bersaing mengerjakan soal-soal tes dengan terlebih dulu berlatih. Kami menyediakan kumpulan soal cpns. Klik disini untuk info lebih lanjut.

Advertisement
Kapan Seleksi Penerimaan CPNS 2013? | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami