Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Kebakaran Wisma Kosgoro 38 Unit Mobil Pemadam Kebakaran Dikerahkan

Advertisement

Kebakaran Wisma Kosgoro 38 Unit Mobil Pemadam Kebakaran Dikerahkan-Bungkusdah.com–  Wisma Kosgoro yang berlokasi di Jl. MH.Thamrin, Jakarta Pusat terbakar pada hari Senin 9 Maret 2015 petang sekitar pukul 18.45. Kebakaran terjadi bersamaan dengan jam pulang kantor. Karyawan yang masih berada di kantor langsung segera di evakuasi. Mengenai penyebab kebakaran  yang terjadi di Wisma Kosgoro hingga berita ini ditulis belum bisa diketahui.

Kebakaran-Wisma-Kosgoro-38-Unit-Mobil-Pemadam-Kebakaran-Dikerahkan

Kobaran api pertama kali muncul dari lantai 16 dan kemudian menjalar ke dua lantai yang berada di atasnya hingga membakar lantai 20 yaitu puncak Wisma Kosgoro. Ada 5 lantai di gedung Wisma Kosgoro yang terbakar. Petugas mengerah sekitar 38 unit mobil pemadam kebakaran namun petugas pemadam kebakaran kesulitan dalam menjinakkan api yang membakar Wisma Kosgoro.

Petugas sempat menghentikan pemadaman karena angin berhembus kencang dan hujaj yang mengguyur di wilayah MH.Thamrin, Jakarta Pusat.Petugas menggunakan mobil Bronto Sky Lift untuk memadamkan api, namun mobil ini hanya bisa menyemprotkan air untuk memadamkan api hanya dari satu sisi dari gedung Wisma Kosgoro sedangkan api juga menjalar di sisi gedung yang lain.

Mobil pemadam kebakaran sulit menjangkau bagian belakang gedung Wisma Kosgoro karena lebar jalan yang sempit dan tidak memungkin mobil pemadam kebakaran untuk bisa masuk ke bagian belakang Wisma Kosgoro. Kondisi juga diperparah dengan banyaknya puing-puing kaca jendela gedung yang jatuh dan pecah  di sekitar gedung Wisma Kosgoro. Puing-puing dengan  diameter hampir 1 meter tersebut juga menimpa gedung parkir di sekitar Wisma Kosgoro.

Hayono Isman, Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif Kosgoro dan juga pemilik gedung tertunduk lesu melihat api melalap bagian atas gedung Wisma Kosgoro. Hayono Isman datang ke lokasi kebakaran bersama istri Poppy Puspitasari karena mendapat laporan sekitar pukul 18.47.

Wisma Kosgoro didirikan sekitar tahun 1970 an. Menurut Hayono Isman, Wisma Kosogoro sangat bersejarah karena tanah Wisma Kosgoro adalah pemberiaj dari Presiden Soekarno pada tahun 1964. Hayono Isman kemudian berkerja sama dengan investor asal Inggris untuk mendirikan Wisma Kosgoro. Namun sekarang Wisma Kosgoro sudah 100 persen nasional.

Hayono Isman menduga bahwa penyebab kebarakan di Wisma Kosgoro adalah adanya faktor kelalaian karena membuang puntung rokok secara sembarangan. Hayono Isman menepis adanya dugaan sistem instalasi penanganan kebakaran yang tidak berfungsi.

Kebakaran yang terjadi di Wisma Kosgoro di Jl. MH.Thamrin, Jakarta Pusat yang membakar lantai 16 hingga lantai teratas yaitu lantai 20 akhirnya berhasil dilakukan pemadaman pada sekitar pukul 03.30 WIB dini hari. Proses pemadaman dimulai pukul 18.57. Kasudin Damkar Jakarta Pusat Idris Gaharina membenarkan bahwa api memang berasal dari lantai 16 gedung Wisma kosgoro.Kebakaran Wisma Kosgoro 38 Unit Mobil Pemadam Kebakaran Dikerahkan

Advertisement
Kebakaran Wisma Kosgoro 38 Unit Mobil Pemadam Kebakaran Dikerahkan | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami