Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Kecukupan Nutrisi Paling Tidak Harus Diperhatikan Tiga Bulan Sebelum Masa Kehamilan

Advertisement

Bungkusdah РKecukupan Nutrisi Paling Tidak Harus Diperhatikan Tiga Bulan Sebelum Masa Kehamilan Kecukupan nutrisi pada masa kehamilan harus diperhatikan karena sangat penting bagi ibu hamil dan juga janin yang ada dalam kandungan. Oleh karena itu sebelum anda merencanakan kehamilan hingga masa kehamilan anda harus mencukupi kebutuhan nutrisi untuk anda dan janin. Akan tetapi  tak jarang para wanita di Indonesia baru mengetahui bahwa dirinya telah hamil hingga sampai usia kehamilan sudah menginjak tiga bulan.  Padahal yang terjadi adalah jantung dan otak bayi sudah terbentuk pada saat pembuahan.

Kecukupan-Nutrisi-Paling-Tidak-Harus-Diperhatikan-Tiga-bulan-Sebelum-Masa-Kehamilan

Dr. Prima Progestian.SPoG seorang ahli kandungan dan kebidanan menyatakan bahwa Kecukupan Nutrisi Paling Tidak Harus Diperhatikan Tiga Bulan Sebelum Masa Kehamilan, sehingga ketika hamil pembentukan jantung dan otak bayi kebutuhan nutrisi bisa terpenuhi dengan baik agar bayi bisa tumbuh kembang dengan baik. Pola makan saat merencakan kehamilan maupun dalam masa kehamilan harus mencukupi kebutuhan akan vitamin, mineral, protein, karbohidrat dan juga serat. Serat bisa diperolah dari 5 warna yang berbeda dari buah dan sayuran.Kecukupan serat juga sangat penting karena ibu hamil yang kurang serat akan rentan terhdap sembelit.

Masa kehamilan dibagi memjadi tiga bagian atau tiga trisemester. Pada trisemester pertama atau tiga bulan pertama ini adalah masa pertumbuhan, organ-organ tubuh sudah mulai terbentuk, kaki dan tangan bayi sudah mulai lengkap. Dalam masa ini sudah bisa diketahui tumbuh kembang bayi sempurna atau mengalami gangguan.

Pada masa kehamilan trisemester yang kedua merupakan masa penambahan berat badan bayi. Dan pada masa ini bayi membuthkan asupan tambahan seperti protein, kalsium, asam folat, zat besi dan omega 3 agar pertumbuhan tulang dan otak sempurna.

Masa trisemester ke tiga, masa ini sering disebut dengan masa perkembangan. Masa kehamilan trisemester ke tiga ini merupakan proses penggemukan dan juga penyempurnaan fungsi organ bayi. Proses tumbuh dan kembang bayi adalah dua hal yang berbeda dalam kehamilan. Tumbuh merupakan proses pembentukan dan penambahan sel-sel janin, sedangkan masa perkembangan adalah masa pematangan sel-sel dan juga organ janin.

Untuk memenuhi kecukupan nutrisi pada saat merencanakan kehamilan dan pada masa kehamilan dengan cara menerapkan pola makan sehat dan seimbang. Ibu hamil menambahkan kalori 300 kalori setiap harinya dengan makan lenih banyak dari biasanya. Dan cara paling mudah untuk menambhakan kalori dengan minum 2 gelas susu perhari.

Kecukupan Nutrisi Paling Tidak Harus Diperhatikan Tiga Bulan Sebelum Masa Kehamilan – Dalam masa kehamilan, asupan nutrisi tidak boleh kurang dan juga tidak boleh lebih. Karena kalau berlebihan juga tidak baik. Sebagai contoh kalsium yang harus dipenuhi setiap hari oleh ibu hamil adalah 1.200 mg per hari. Jika kalsium yang dikonsumsi berlebihan maka akan dibuang oleh tubuh dan tidak akan disimpan. Demikian informasi dari bungkusdah seputar kehamilan kali ini, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Advertisement
Kecukupan Nutrisi Paling Tidak Harus Diperhatikan Tiga Bulan Sebelum Masa Kehamilan | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami