Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Kenapa Air Laut Asin – Jawaban Ilmiah

Advertisement

Bungkusdah.com – Kenapa Air Laut Asin. Setelah beberapa waktu yang lalu kita bahas Kenapa Harga Emas Turun, dalam artikel seri tanya kenapa kali ini kita akan membahas sebuah pertanyaan yang sering kali keluar dari anak kecil tapi kita susah untuk menjawabnya, yaitu Kenapa Air Laut Asin?

Baiklah langsung saja kita masuk ke pokok pembahasan. Seperti yang kita ketahui bahwa sungai bermuara ke laut. Dalam prosesnya menuju ke laut, air sungai membawa mineral-mineral termasuk didalamnya adalah garam-garam mineral seperti kalium, kalsium, natrium dan lain-lain. Nah garam inilah yang kemudian mengendap di laut dan kenapa air laut terasa asin.

Proses diatas terjadi selama bertahun-tahun bahkan berabad-abad yang menyebabkan kadar garam di laut tinggi. Ditambah lagi adanya penguapan air laut akibat panas matahari dimana H20 nya saya yang menguap menjadi awan sedangkan garam-garam mineral nya tetap berada di laut. Selain itu proses pembekuan air laut di kutub utara dan kutub selatan juga menambah kadar keasinan air laut. Seperti dapat dijelaskan dalam diagram dibawah hal-hal yang mempengaruhi kadar garam air laut.
kenapa air laut asin

Kadar garam mineral di laut mempengaruhi tingkat keasinan laut tersebut dan tingkat keasinan ini berbeda-beda di tiap bagian di dunia. Semisal laut mati di Israel yang merupakan laut paling asin didunia mempunyai Tingkat kadar garam sekitar 30% dikarenakan teriknya panas matahari sehingga menyebabkan penguapan air laut yang banyak. Dengan kadar garam yang sangat tinggi tersebut maka ketika orang berenang di Laut Mati akan mengapung dengan sendirinya.

Sedangkan rata-rata kadar garam atau disebut juga salinitas di Samudera sekitar 3,5%. Diperkirakan kadar garam laut di Bumi kita ini sekitar 5 x 10 pangkat 16 ton garam. Sangat banyak sekali ya.

Mudah-mudahan penjelasan diatas dapat memberi jawaban dari pertanyaan kenapa air laut asin dan menambah ilmu kita semua untuk senantiasa bersyukur akan kebesaran tuhan.

Advertisement
Kenapa Air Laut Asin – Jawaban Ilmiah | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami