Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Kesehatan Dalam Islam

Advertisement

Kesehatan dalam Islam – Bungkusdah.com- Kesehatan merupakan suatu keadaan yang sangat penting bagi setiap manusia di dunia. Kita semua pasti dan memang sudah seharusnya sangat mendambakan kesehatan, dari semenjak kita dilahirkan sampai lanjut usia nanti, kesehatan selalu dibutuhkan. Dan kita tahu bahwa Islam adalah agama yang menjadi rahmat bagi seluruh alam. Oleh karena itu pencarian mengenai kesehatan dan ilmunya sudah dimulai sejak jaman manusia purba, karena manusia sudah diserang oleh penyakit-penyakit sejak ia dilahirkan. Seperti yang sudah banyak dan sering terlihat dalam perkembangan hidup manusia, kita semua selalu berusaha untuk mencari informasi, pengetahuan, ataupun wawasan untuk dapat selalu berada dalam hidup yang sehat, dan saat kita tertimpa penyakit, tentu saja kita akan berusaha untuk mengobatinya.

Kesehatan-Dalam-Islam

Ilmu kesehatan atau ilmu kedokteran sendiri sudah mulai diraih oleh sarjana-sarjana Islam, seperti salah satu contohnya adalah Ibnu Sina, yang tentu saja ilmu tersebut terus ia kembangkan hingga saat ini. Dalam Islam, terdapat pokok-pokok ilmu kesehatan yang bersumber dari Al-Qur’an dan as-Sunnah, dimana pencegahan penyakit yang ditunjukkan oleh Al-Qur’an terhitung lebih luas, lengkap, dan sempurna, yang meliputi pencegahan penyakit manusia di dunia dan akhirat nanti. Islam sendiri sudah sangat menunjukkan maksud dari arti perkataannya yaitu selamat, yang termasuk ke dalam arti sehat menurut Islam. Baca Juga : Makalah Kesehatan Masyarakat

Dalam Islam, kesehatan yang ingin dicapai bukan hanya kebahagiaan atau kesehatan hidup di dunia saja, tetapi juga di akhirat, seperti yang tertera pada makna Q.S. Al-Baqarah ayat 201, yaitu “Dan diantara mereka ada yang berkata : Wahai Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan (kesehatan) di dunia dan kebaikan di akhirat dan jagalah kami dari (sakitnya) siksa api neraka.” Sehat yang dimaksud dalam Q.S. Al-Baqarah tersebut meliputi empat hal, yaitu:

  • Sehat dalam bidang ilmu, artinya manusia mempunyai ilmu dan terhindar dari kebodohan.
  • Sehat dalam bidang ekonomi, artinya manusia mempunyai ekonomi yang cukup untuk hidup sehingga terhindar dari kemiskinan.
  • Sehat atau bebas dari penyakit-penyakit, baik penyakit jasmaniah maupun rohaniah.
  • Sehat dalam bidang-bidang lainnya seperti mempunyai istri dan anak-anak yang shaleh/shalehah, hubungan dengan relasi yang baik dan lancar, dan lain-lain.

 Sehat dalam Islam juga dapat tercapai apabila memenuhi tiga unsur, yaitu:

  • Kesehatan jasmani, dimana terdapat keseimbangan antara manusia dengan alam.
  • Kesehatan rohani, dimana terdapat keseimbangan dan hubungan yang baik secara spiritual dengan pencipta yang dapat terwujud dari aktivitas manusia dalam memenuhi perintah-perintah sang pencipta.
  • Kesehatan sosial, dimana kesehatan secara psikologis sangat dikaitkan agar terciptanya keharmonisan antara individu baik dengan individu lainnya maupun dengan sistem yang berlaku dalam sebuah tatanan masyarakat. Baca Juga : 7 Persiapan Kesehatan Yang Penting Dilakukan Sebelum Berangkat Haji

 Kesehatan dalam Islam, Bila ketiga unsur tersebut di atas dapat terpenuhi, maka akan tercipta sebuah keadaan baik fisik, mental, maupun spiritual yang produktif dan sempurna untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Untuk dapat menjaga kesehatan hidup di dunia ini maka Islam memerintahkan umatnya untuk menjaga dan memelihara kesehatan diri sebagaimana yang sudah dijelaskan. Apabila hal-hal tersebut dijaga dan dipelihara sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, maka dipercaya bahwa penyakit-penyakit seperti apapun dapat dihindari. Bahkan ada hadist nabi yang menyatakan bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya. Tinggal bagaimana kita menjaga kesehatan kita dengan baik dan menerapkan pola hidup yang sehat. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih telah mengunjungi blog ini, semoga kami bisa menyuguhkan kembali artikel-artikel yang lebih baik lagi.  Kesehatan Dalam Islam

Advertisement
Kesehatan Dalam Islam | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami