Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Kesehatan Gigi Anak

Advertisement

Bungkusdah – Kesehatan Gigi AnakMenjaga kesehatan gigi anak merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa diabaikan begitu saja, walau terlihat wajar jika anak memiliki gigi yang rusak dan tidak teratur. Namun, jika gigi-gigi rusak dan tidak teratur itu dibiarkan hingga anak-anak beranjak dewasa, maka akan berakibat fatal pada kelangsungan pertumbuhan gigi mereka. Entah posisinya yang menjadi berantakan, entah akan timbul lubang-lubang pada gigi, ataupun semacamnya. Maka alangkah baiknya jika kita sudah menjaga kesehatan gigi anak sejak dini agar anak tersebut memiliki masa remaja tanpa harus dibuat malu atau jengkel dengan kesehatan gigi mereka. Namun nyatanya, merawat gigi sejak masih anak-anak itu gampang-gampang susah. Anda sebagai orang tua, harus tahu betul bagaimana cara yang baik dan benar dalam menjaga kesehatan gigi anak. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara untuk menjaga kesehatan gigi anak.

Kesehatan-Gigi-Anak

Jangka umur anak-anak itu bermacam-macam, bisa dari 0-10/11 tahun. Cara merawat giginya pun berbeda, dimulai dari anak berumur 0-3 tahun terdapat beberapa cara yang baik untuk merawatnya. Gigi pertama bayi rata-rata biasanya muncul di bulan ke-5 atau ke-8, dan gigi tersebut akan terus tumbuh hingga mereka berumur 3 tahun dan giginya berjumlah sekitar 20 gigi. Yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi anak dalam jangka umur sekian adalah dengan membersihkan gigi dan gusi anak anda dengan lembut pada pagi dan malam hari, bahkan sebelum gigi pertamanya tumbuh. Kesehatan Gigi Anak

Hal tersebut dilakukan bukan hanya untuk selalu membersihkan sisa makanan dan bakteri, namun juga agar menciptakan kebiasaan menyikat gigi pagi dan malam pada anak anda. Karena jangka umur yang masih rentan, sebaiknya menggunakan handuk basah atau sikat gigi anak yang berbulu sikat lembut saja. Sebaiknya dilakukan terutama menjelang waktu tidur anak. Sebisa mungkin tidak memberi minuman manis atau susu yang mengandung gula pada anak menjelang tidur, karena sisa-sisa gula dan cairan tersebut dapat menyebabkan gigi berlubang. Bakteri akan menggerogoti gigi anak dan berkembang biak lebih banyak, terutama pada gigi yang terendam cairan sepanjang malam. Kurangi pemberian susu botolan kepada anak, terutama di malam hari menjelang tidur.

Berbeda dengan cara menjaga kesehatan gigi anak pada usia 3-6 tahun dimana anak anda seharusnya sudah memiliki 20 gigi susu yang lengkap, anda sebagai orang tua sudah tidak perlu menyikatkan giginya lagi karena sebagian besar anak di umur tersebut sudah dapat menyikat gigi sendiri. Tetapi tentu saja sebaiknya anda tetap mengawasi dan memberitahukan cara menyikat gigi yang benar. Sama seperti anak di bawah umur 3 tahun, menyikat gigi haruslah pada waktu pagi dan malam hari sebelum tidur.

Kesehatan Gigi Anak Menjaga kesehatan gigi sangatlah penting, bukan hanya bagi anak tetapi juga bagi orang dewasa. Tetapi, jika kita tidak menjaga kesehatan gigi sejak dini, maka akan sangat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan gigi di kemudian hari. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita sebagai orang tua untuk selalu mengawasi, menjaga, dan merawat gigi anak agar tetap selalu terjaga kebersihannya dari bakteri yang dapat muncul dari sisa-sisa makanan.

Advertisement
Kesehatan Gigi Anak | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami