Paste your Google Webmaster Tools verification code here

Ketahui Penyebab Asap Keluar Dari Knalpot Mobil

Advertisement

Ketahui Penyebab Asap Keluar Dari Knalpot Mobil – Knalpot mobil  mengeluarkan asap atau yang sering disebut dengan istilah knalpot “ngebul” sering menjadi tanda tanya bagi sang pemilik atau kalau kita mau membeli mobil bekas atau second saat melakukan test drive atau test mesin. Ketika knalpot mengeluarkan asap sering kita langsung memvonis bahwa penyebabnya adalah ring piston sudah aus sehingga oli ikut terbakar sehingga menghasilkan asap yang keluar dari knalpot. Namun jika keluarnya asap pada pagi hari atau pada suhu udara yang dingin atau pada saat kondisi cuaca sedang hujan maka keluarnya asap dari knalpot adalah wajar dan tidak perlu dibawa ke bengkel untuk cek atau perbaikan karena itu normal.

Ketahui Penyebab Asap Keluar Dar Knalpot Mobil

Ketahui Penyebab Asap Keluar Dari Knalpot Mobil

Sebenarnya banyak hal yang menyebabkan knalpot mengeluarkan asap namun secara garis besar asap yang keluar dari knalpot disebabkan oleh oli dan campuran bahan bakar. Warna asap dan tebal tipisnya asap yang keluar memiliki arti yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa mari kita Ketahui  Penyebab Asap Keluar Dari Knalpot Mobil.

1. Suhu Dingin

Asap yang keluar dari knalpot pada waktu pagi hari atau kondisi cuaca dingin ini disebabkan karena suhu yang dingin pada malam hari menyebabkan knalpot juga dingin dan pada saat pagi hari mesin dihidupkan perlahan-lahan knalpot yang tadinya dingin akan menjadi panas.Perubahan suhu dari dingin pelan-pelan menjadi panas inilah yang menyebabkan knalpot mengeluarkan asap yang berwarna abu-abu tipis dan disertai dengan tetesan air yang keluar pada ujung knalpot. Bisa juga saat mobil berhenti dengan mesin menyala namun pada suhu yang dingin biasanya juga akan mengeluarkan asap yang tipis juga. Keluarnya asap pada pagi hari yang disebabkan suhu yang ingin ini tidak ada masalah, mobil masih dalam kondisi yang normal.

Ketahui Penyebab Asap Keluar Dari Knalpot Mobil

Ketahui Penyebab Asap Keluar Dari Knalpot Mobil

2. Pompa Bahan Bakar

Pada mebil mesin bensin Fuel Pump atau pompa bahan bakar yang  sudah mau mati bisa menghasilkan asap dan biasanya asap yang keluar berwarna hitam. Indikasi kerusakan pada Fuel Pump yang sudah mau mati ini adalah tenaga yang menurun drastis sehingga pengendara harus menginjak gas lebih dalam lagi karena pasokan bahan bakar tidak maksima dan pembakaran juga tidak bisa maksimal dan bahan bakar menjadi lebih boros. Proses pembakaran yang tidak maksimal ini mengakibatkan kerak pada ruang pembakaran.

3. Ring Piston dan Sil Klep

Indikasi kerusakan yang terjadi  pada dua komponen ini yaitu ring piston dan sil klep adalah asap yang keluar berwarna putih dan terus keluar. Dan jika kerusakan pada ring piston dan sil klep ini sudah parah biasanya pada knalpot akan basah karena oli. Ini disebabkan karena oli mesin ikut masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar sehingga oli yang terbakar ini akan keluar menjadi asap yang terus keluar pada saat mesin hidup. Tebal tipisnya asap yang terus keluar bisa menjadi tanda atau indikator tingkat kerusakan kedua komponen ini. Jika kerusakan sil klep atau ring piston ini sudah parah maka asap putih yang keluar semakin tebal karena semakin banyak oli yang ikut terbakar. Tenaga juga menurun dan konsumsi bahan bakar menjadi boros dan oli yang ada didalam mesin menjadi berkurang. Segera perbaiki jika kondisi mobil anda sudah mengeluarkan asap putih yang tebal yang keluar secara terus menerus dan knalpot sudah basah karena oli.

Ketahui Penyebab Asap Keluar Dari Knalpot Mobil

Ketahui Penyebab Asap Keluar Dari Knalpot Mobil

4. Komposisi Bahan Bakar dan Udara yang Tidak Tepat

Komposisi yang tepat antara bahan bakar dan udara akan menghasilkan tenaga yang maksimal. Jika komposisi ini tidak tetap juga bisa menyebabkan asap keluar dari knalpot. Pada mobil dengan mesin gasolin biasanya asap yang keluar berwarna hitam dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Sedangkan pada mobil mesin diesel biasanya asap yang keluar berwarna putih.

5. Dinding Silinder Oval

Dinding silinder oval ini di sebabkan oleh gerak piston yang tidak seimbang, sehingga piston memukul-mukul dinding silinder sehingga dinding silinder menjadi oval. Namun kondisi seperti ini jarang terjadi. Seperti pada indikasi kerusakn ring piston dan sil klep, asap berwarna putih akan terus keluar dari knalpot disebabkan karena oli masuk ke ruang bakar melalui dinding silinder yang sudah oval. Tenaga menjadi berkurang dan bahan bakar menjadi lebih boros.

Naaah..itu tadi beberapa  Penyebab Asap Keluar Dari Knalpot Mobil  yang semoga bisa menambah pengetahuan kita dan bisa membantu kita untuk mengetahui kondisi mobil kita dan melakukan perawatan dan perbaikan dengan tepat.

Topik yang dicari:

apa penyebab keluarnya asap abu pada mobil,hardtop keluar asap hitam,keluar asap saat dingin hujan,kenalpot mobil berasap putih waktu hujan,kenalpot mobil keluar asap putih dipagi hari disertai tetesam air,knalpot mobil keluar asap saat cuaca hujan,knalpot mobil ngebul saat mesin dingin,mobil keluar asap saat hujan,tanda mobil bensin knalpot keluar air
Advertisement
Ketahui Penyebab Asap Keluar Dari Knalpot Mobil | Kartika Dwi | 4.5
Close
Perhatian!
1 Like dari anda sangat berharga bagi kami